Jenis-Jenis Oven untuk Rumah Tangga

Jenis-Jenis Oven untuk Rumah Tangga

Saat ini oven sudah menjadi pelengkap kebutuhan peralatan dapur di rumah. Mulai dari rumah tangga kelas menengah hingga kelas atas sudah mulai menggunakan oven. Fungsi oven yang bisa untuk menghangatkan makanan menjadi nilai lebih.  Dahulu para ibu rumah tangga hanya menggunakan oven untuk memasak kue kering, namun saat ini penggunaannya semakin bertambah.

Untuk penggunaan rumah tangga biasanya kriteria yang diharapkan para ibu adalah yang tidak terlalu mahal. Namun secara kualitas cukup baik untuk digunakan dirumah. Jika dahulu banyak rumah tangga masih menggunakan oven dengan  bahan bakar kayu bakar. Namun saat ini sudah jarang digunakan, kebanyakan saat ini menggunakan gas dan listrik.

Kedua bahan bakar tersebut lebih mudah didapatkan dan harganya juga tidak terlalu mahal. Biasanya oven digunakan di rumah untuk mencoba resep kue baru. Bisa juga digunakan untuk membuat roti atau pizza bagi keluarga tercinta. Lantas oven apa sajakah yang biasanya digunakan di rumah tangga:

1. Oven Listrik

oven listrik
oven listrik (lazada.com)

Oven listrik merupakan oven yang menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Ukuran yang biasa digunakan didalam rumah tangga biasanya kurang dari 20 L. Oven listrik dengan kapasitas ini tidaklah membutuhkan tempat yang terlalu besar. Apalagi saat ini kebanyakan rumah baru dibangun dengan luas tanah yang minim. Sehingga diperlukan peralatan dapur yang minimalis agar tidak membutuhkan tempat yang lapang.

Secara penggunaan jenis oven ini juga relatif mudah. Teknologi yang terdapat didalamnya sudah ada tombol pengatur untuk memasaknya. Sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk selalu mengawasi kue yang anda buat. Anda bisa mengerjakan aktivitas lainnya. Oven listrik saat ini juga banyak menggunakan stainless stell sehingga lebih awet.

Saat anda ingin membeli oven listrik maka ada baiknya anda perhatikan dayanya. Sesuaikan dengan kondisi listrik dirumah anda. Jangan sampai ketika sudah dibeli ternyata listrik rumah anda tidak mendukung, menjadikan oven listrik tersebut tidak dapat digunakan. Selain itu perlu diperhatikan pemanasnya, usahakan oven tersebut menggunakan pemanas atas dan bawah.

2. Oven Gas

Oven Gas
Oven Gas (tokopedia.com

Oven gas merupakan oven yang menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Ukuran oven gas biasanya sedikit lebih besar. Saat ini oven gas juga sudah menggunakan tombol pengaturan, yang berfungsi membantu anda lebih mudah dalam memasak. Oven jenis ini juga memiliki kaki-kaki dari besi dan roda yang memudahkan untuk dipindahkan.

Bahan bakar oven ini mudah ditemukan dan harganya lebih murah dibanding listrik. Terdapat katup khusus untuk oven jenis ini sehingga membuat konsumsi gas lebih hemat. Jika anda ingin membeli oven ini usahakan yang memiliki pemanas atas dan bawah. Fungsinya adalah agar hasil pemanggangan lebih sempurna.

Dengan kapasitas yang lebih besar, oven gas bisa juga digunakan untuk usaha kue atau roti skala rumah tangga. Biaya lebih murah dibanding listrik menjadi penyebabnya. Apalagi walaupun berskala rumah tangga penggunaan oven dalam usaha tentu intensitasnya lebih banyak. Jika tidak dikalkulasi bisa berdampak kerugian pada usaha anda.

Saat ini juga sudah banyak merk yang memproduksi oven gas. Anda tinggal membandingkan spesifikasi dan harga yang sesuai kantong anda. Namun tetap perlu memperhatikan kualitas agar tingkat keawetannya cukup baik. Agar tidak harus mengganti setiap tahun.

Pemilihan jenis oven yang anda beli tentu bergantung pada kebutuhan. Oven listrik maupun oven gas memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda bisa mempelajari terlebih dahulu sebelum membelinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *