Pemula Harus Berani Mulai Belajar Investasi

Selain berbisnis, langkah strategis yang banyak dilakukan demi tercapainya kemapanan finansial adalah investasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa dari hari ke hari, investasi kian diminati. Tidak saja bagi mereka yang bermodal besar, namun kelompok kelas menengah, bahkan pelajar dan mahasiswa.

Investasi diyakini sebagai sebuah perencanaan keuangan baru demi masa depan yang lebih sejahtera. Karenanya, untuk memasuki dunia tersebut dibutuhkan pengetahuan yang cukup, serta keberanian untuk menghadapi segala risiko.

Nah, bagi Anda yang berencana memasuki dunia investasi, tidak perlu takut atau khawatir karena ada beberapa portofolio yang cukup aman untuk dicoba, berikut beberapa pilihan terbaik jenis investasi yang cocok bagi pemula di antaranya:

Reksa Dana

Reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang cocok untuk pemula. Tidak harus dengan modal awal yang besar, Anda yang memiliki dana terbatas pun bisa dengan mudah mengikuti investasi ini. Untuk menjadi investor reksa dana, Anda bahkan bisa memulainya dari setoran awal sebesar Rp100.000.

Dalam investasi ini, dana yang terkumpul dari para investor akan akan dikelola oleh seorang Manajer Investasi (MI) yang berpengalaman. MI inilah yang nantinya akan menggerakkan roda investasi dengan menyalurkannya pada beberapa pilihan jenis investasi lain yang lebih besar.

Jadi, Anda hanya cukup membuka rekening investasi reksadana dan tidak perlu repot memikirkan proses berjalannya investasi tersebut. Namun tentunya, Anda tetap bisa memantau perkembangan investasi dengan melihat nilai aktiva bersihnya.

Untuk risiko, jenis investasi ini tergolong lebih aman bagi pemula dibandingkan investasi individu lainnya, seperti saham atau bursa efek. Tak heran, jika reksa dana kian gencar digalakkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai salah satu portofolio yang aman, mudah, dan menguntungkan.

Deposito

Deposito juga menjadi salah satu instrumen investasi sangat bagi pemula, mengingat cara investasinya cukup mudah dan risiko yang dihadapi sangat minim. Investasi ini juga sangat cocok untuk dilakukan oleh anak muda di usia 20-an, untuk dijadikan sebagai tabungan jangka menengah. Atau, Anda yang telah memiliki perencanaan terkait kehidupan ekonomi di masa depan, juga bisa berinvestasi di bidang ini.

deposito sendiri dapat diartikan sebagai investasi dengan cara menyimpan uang di bank, dalam kurun waktu tertentu. Bisa 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan, atau lainnya sesuai dengan kesepakatan. Berbeda dengan tabungan biasa yang bisa diambil sewaktu-waktu, deposito hanya bisa diambil ketika masa perjanjian telah berakhir (jatuh tempo).

Keuntungan dari investasi ini adalah suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Selain itu,,risiko kerugiannya juga lebih rendah dibandingkan dengan jenis investasi lain.

Jika Anda tertarik memilih deposito sebagai investasi awal, Anda bisa membukanya langsung di bank-bank, baik pemerintah atau swasta, serta di koperasi.

Emas

Selain melalui lembaga keuangan, jenis investasi yang cocok untuk pemula adalah investasi emas. Investasi emas ini bisa dalam bentuk perhiasan, emas batangan, atau koin. Tentu, dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Jika Anda memilih investasi emas dalam bentuk perhiasan, barang tersebut bisa Anda gunakan sebagai aksesori untuk mempercantik penampilan, serta bisa dijual sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkan uang. Hanya saja, perhiasan emas tidak memberikan keuntungan yang besar, mengingat adanya biaya penyusutan karena proses pembuatan perhiasan, kerusakan—misal salah satu matanya hilang, atau surat-surat yang hilang.

Sedangkan untuk emas batangan atau koin, nilai dan beratnya memang cenderung stabil sehingga lebih cocok untuk dijadikan sarana investasi.

Properti

Rumah Uang Dollar

Rumah Properti

Jangan takut untuk mulai belajar investasi ke dunia properti walau Anda masih pemula, memang membutuhkan modal yang besar tapi keuntungan yang diperoleh juga akan besar. Harga properti juga terus naik tiap tahun.

Aset fisik lain yang juga potensial untuk dijadikan investasi bagi pemula adalah sektor properti. Anda bisa membeli tanah, rumah, ruko, atau sejenisnya untuk kemudian dimanfaatkan nilai gunanya. Misalnya, ruko untuk membuka usaha atau disewakan, rumah untuk dijadikan rumah sewa atau rumah kos, atau tanah untuk disewakan, dijual, atau ditanami hasil pertanian yang potensial dan bernilai tinggi.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di bidang ini, usahakan pilihlah properti-properti yang letaknya berada di daerah ramai dan strategis. Karena nantinya akan berpengaruh terhadap harga tawar, bahkan harga jual properti itu sendiri. Jenis investasi ini bisa dibilang sangat aman dan potensial untuk mendatangkan keuntungan. Sangat cocok untuk investasi jangka panjang. Namun demikian Anda harus memiliki modal yang cukup besar di awal.

Nah, itulah beberapa pilihan jenis investasi terbaik yang cocok bagi pemula. Aman, mudah, dan menguntungkan. Anda pilih yang mana?