Tuesday , October 20 2020

Bingung Mau Beli Mobil Apa? Inilah Jenis dan Contoh Mobil Untuk Anda

Jenis-Jenis dan Contoh Mobil

 

Jika Anda sedang mencari-cari informasi mengenai jenis-jenis mobil, maka ada dua kemungkinan penyebabnya. Yang pertama yakni, Anda adalah seorang pemula yang ingin membeli mobil untuk pertama kalinya, atau Anda hanya ingin sekadar mengetahui jenis kendaraan roda empat ini secara umum.

Bagi seorang pemula yang ingin membeli kendaraan untuk pertama kalinya, pengetahuan mengenai jenis-jenis mobil dirasa sangat perlu untuk diketahui. Sebab, dengan mengetahui jenis-jenis mobil yang ada, Anda dapat memutuskan dengan tepat sesuai dengan kebutuhan; untuk mengangkut banyak/sedikit penumpang, melalui berbagai kondisi jalan, maupun hanya untuk style saja.

Setidaknya, terdapat lima jenis dan contoh mobil berdasarkan fungsinya, antara lain: MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle), Sedan, Hatchback dan Sport. Berikut merupakan uraiannya.

 

1. Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle)

MPV yang merupakan kependekan dari Multi Purpose Vehicle, secara bebas dapat diartikan sebagai “kendaraan banyak tujuan” atau “kendaraan serba guna”. Dikatakan seperti itu karena mobil ini dapat memuat banyak penumpang dan juga banyak barang.

Di Indonesia, mobil jenis MPV lebih sering disebut sebagai kendaraan keluarga”. Umumnya, type MPV memiliki 5 unit pintu, dimana 4 unit pintu digunakan sebagai pintu keluar dan masuknya penumpang, kemudian 1 pintu lainnya digunakan sebagai pintu bagasi.

Beralih ke bagian dalam, kendaraan serba guna ini memiliki 3 baris kursi dengan jumlah kursi sebanyak 7 buah. Bagasi mobil biasanya terletak di belakang baris ketiga dan menyatu di dalam kabin. Beberapa mobil tipe MPV membuat kursi pada baris ketiga bisa dilipat ke samping atau ke bawah kursi kedua. Tujuannya agar penumpang dapat menambah luas ruang bagasi.

Beberapa contoh MPV di Indonesia diantaranya: Suzuki Ertiga, Toyota Kijang Innova, Daihatsu Xenia dan Nissan Grand Livina

 

2. Mobil SUV (Sport Utility Vehicle)

Sport Utility Vehicle, merupakan jenis mobil yang dirancang khusus untuk dapat melalui berbagai jenis medan off-road (di luar lintasan) seperti: berbatu, bergelombang, menanjak seperti di perbukitan, maupun on-road (di dalam lintasan). Karena dapat melalui berbagai jenis medan, tidak heran apabila mobil ini memiliki tenaga yang besar.

Mobil dengan tipe SUV memiliki bodi yang terkesan kuat dan gagah dengan desain roda yang lebih tangguh dan jarak antara bagian bawah dengan permukaan tanah (ground clearance) juga didesain lebih tinggi dibandingkan dengan mobil perkotaan.

Jika berbicara mengenai interior antara mobil SUV maupun MPV tidak memiliki perbedaan yang begitu jauh. SUV memiliki 3 baris kursi dengan jumlah kursi 7 buah, dan bagasi yang menyatu dengan bagian kabin. Beberapa contoh mobil SUV yang ada di Indonesia antara lain: Toyota All New Fortuner, Daihatsu Terios, Honda CR-V dan Nissan XTrail.

 

3. Mobil Sedan

Sedan adalah jenis mobil yang dirasa sudah tidak begitu asing, karena kita dapat menemukan bahwa beberapa perusahaan taksi di Indonesia menggunakan jenis mobil ini sebagai angkutannya.

Sedan didesain khusus untuk Anda yang ingin berkendara dengan kesan mewah, elegan dan mengutamakan kenyamanan. Oleh karena itu, mobil tipe ini memiliki bodi yang lebih panjang dan tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan tipe MPV dan SUV.

Tidak seperti MPV dan SUV yang dapat memuat 6 sampai 7 orang penumpang, sedan umumnya hanya dapat memuat penumpang 4-5 orang saja. Selain itu, perbedaan lain adalah bahwa bagasi pada mobil ini berada di luar dan terpisah dari kabin. Beberapa contoh Sedan di Indonesia, yaitu Nissan Teana, Toyota Camry, Suzuki Ciaz dan Honda Civic.

 

4. Mobil Hatchback

Hatchback sebenarnya merupakan kendaraan yang berkonsep seperti Sedan, namun dengan body bagian belakang yang lebih pendek, tidak sepanjang Sedan. Sedangkan untuk bagian bagasi, mobil tipe ini memiliki bagasi yang menyatu dengan bagian kabin.

Ukuran Hatchback yang relatif kecil, membuat mobil ini terlihat lebih ringkas dan tidak membutuhkan banyak tenaga untuk menggerakkan mobil. Selain itu, umumnya tipe ini hanya mampu memuat 5 orang penumpang.

Beberapa jenis dan contoh mobil Hatchback di Indonesia, antara lain Toyota Etios Valco, Suzuki Swift, Nissan March, Daihatsu Sirion dan Honda Jazz.

 

5. Mobil Sport

Bagi penggemar balap mobil seperti Formula 1 (F1), tipe yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Mobil Sport memiliki tenaga yang besar, sehingga dapat berpacu di jalan dengan kecepatan tinggi. Meskipun sepintas terlihat seperti Sedan, mobil Sport mempunyai beberapa perbedaan, yakni jika Sedan mempunyai 5 unit pintu, Sport umumnya hanya mempunyai 2 unit pintu saja, tetapi kadang kala ada yang mempunyai 3 unit pintu, di mana 1 unit pintu digunakan untuk bagasi. Beberapa contoh mobil Sport di Indonesia, yaitu Toyota 86, Nissan GT-R dan Honda CR-Z.

 

Oke pembaca, itulah tadi artikel singkat kami tentang jenis-jenis dan contoh mobil. Semoga artikel ini dapat memperkaya wawasan Anda, dan bisa membuat Anda lebih terbantu dalam mengidentifikasi jenis-jenis mobil. Terimakasih sudah menyimak, sampai jumpa di artikel kami yang selanjutnya!

About Bas