Wednesday , October 28 2020

Jenis Bahan Sepatu yang Paling Sering Digunakan, Yuk Cari Tahu!

Selain desain yang bagus, tentu Anda juga perlu memahami jenis bahan (material) pembuatan sepatu yang digunakan. Dengan begitu, Anda bisa memilih sepatu yang pas sesuai dengan kebutuhan.

Berikut beberapa bahan-bahan sepatu yang wajib Anda ketahui. Simak yuk!

1. Full Grain Leather

bahan sepatu full grain leather
bahan sepatu full grain leather (beaufortleather.com)
Sepatu dari bahan Full Grain Leather .
Sepatu dari bahan Full Grain Leather (lookastic.com)

Full grain leather merupakan salah satu bahan kulit berkualitas yang diproses secara utuh tanpa mengubah karakteristik atau struktur dari permukaannya. Dengan demikian, tekstur dan guratan dari kulitnya masih terlihat cukup jelas.

Tentunya, bahan sepatu ini enggak cuma memiliki nilai estetis, tapi juga cenderung awet, kuat dan tidak mudah mengelupas.

2. Pull Up Leather

Bahan Sepatu Pull Up Leather.
Bahan Sepatu Pull Up Leather (etsy.com)
Sepatu dari bahan Pull Up Leather.
Sepatu dari bahan Pull Up Leather (getoutsideshoes.com)

Sama-sama berbasis kulit, namun bedanya bahan pull up leather diproses lebih rumit dibandingkan full grain leather.

Umumnya, bahan ini dibuat lebih tipis serta dilakukan pewarnaan dari senyawa anilin. Adapun keunggulan dari pull up leather yakni cenderung fleksibel dan warnanya juga awet, bahkan makin lama makin keren loh!

3. Suede

Bahan Sepatu Suede.
Bahan Sepatu Suede (tandyleather.com)

Suede merupakan bahan sepatu kulit yang terbilang populer. Material ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan dimodifikasi dengan berbagai warna, dimana proses pembuatannya melewati tahap penyamakan yang diambil dari bagian dalam kulit hewan.

Yang perlu diperhatikan, bahan suede membutuhkan perawatan khusus agar tak mudah rusak. Kamu bahkan juga membutuhkan romever khusus untuk membersihkan sepatu dari noda.

4. Nubuck Leather

Bahan Sepatu Nubuck Leather.
Bahan Sepatu Nubuck Leather (foglizzo.com)

Hampir sama dengan suede leather, nubuck juga merupakan bahan sepatu yang terbuat dari kulit asli. Perbedaan keduanya terletak pada proses pembuatannya, dimana nubuck dibuat dari bagian luar kulit hewan. Umumnya, material nubuck memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan suede leather. Bahan ini juga kuat, sehingga tidak mudah rusak. Maka itu, jangan heran bila harga dari nubuck lebih mahal dari Suede.

5. Canvas

Sepatu dari Bahan Canvas (Kanvas)
Sepatu dari Bahan Canvas (rosegal.com)

Canvas merupakan bahan sepatu yang sedang ngetrend belakangan ini. Terbuat dari kain berserat  besar dan cenderung ringan.

Keunggulan dari material canvas ini yakni mudah dimodifikasi dengan berbagai teknik, baik itu pewarnaan ataupun dilukis. Maka itu, tak heran jika sepatu canvas memiliki banyak model, dimana umumnya berdesain kasual.

Oiya, sepatu kanvas juga mudah dibersihkan dan tidak mudah bau. Namun ada salah satu kekurangannya, dikarenakan daya serapnya cukup tinggi, bahan ini mudah banget menyerap air.

So, karena itu jika kamu memiliki sepatu canvas baiknya hindarkan dari air, ya!

6. Denim

Sepatu dari Bahan Denim
Sepatu dari Bahan Denim (flipkart.com)

Anda pastinya sudah enggak asing dengan bahan denim, bukan? Yup, material yang berasal dari Eropa ini,  umumnya digunakan dalam pembuatan pakaian. Namun seiring perkembangan zaman, denim juga dimanfaatkan untuk bahan sepatu loh!

Seperti namanya, materialnya berasal dari kain denim yang mirip dengan jeans. Umumnya memiliki warna dasar biru dan bertekstur lembut. Bahan denim sendiri banyak digunakan pada sepatu sport, sneakers, serta sepatu yang bernuansa kasual.

Untuk perawatan sepatu denim juga nggak terlalu sulit. Anda bisa membersihkannya cukup dengan air dan detergen menggunakan sikat berbulu lembut.

7. Kulit Sintesis (Synthetic Leather)

Sepatu dari Kulit Sintetik.
Sepatu dari Bahan Kulit Sintetik (glowroad.com)

Kulit sintesis merupakan kulit imitasi, dalam artian bukan kulit asli yang berasal dari hewan. Material ini dibuat dari bahan dasar kain dengan campuran bahan-bahan kimia, sehingga desainnya juga lebih bervariasi dibandingkan dengan kulit asli.

Ada dua jenis kulit sintesis yang paling sering digunakan sebagai bahan pembuatan sepatu, yakni PVC (polyvinyl chloride) dan PU (polyurethane).

  • Untuk PVC, biasanya dibuat dengan mengkombinasikan dua bahan. Diantaranya kain tekstil (seperti cotton dan canvas) untuk lapisan dasar, sementara lapisan aditifnya terbuat dari plasticizer. Sepatu yang menggunakan material PVC memiliki ciri bertekstur kaku, keras dan cenderung mengkilap.
  • Sedangkan untuk bahan sintesis PU terbilang jauh lebih bagus. Material yang digunakan yakni gabungan dari polyutherane dengan kulit asli namun kualitasnya tak terlalu tinggi. Meski begitu, tekstur dari bahan PU masih terlihat jelas (gak terlalu licin). Permukaannya juga lebih lembut dan gak gampang luntur. Umumnya sepatu berbahan PU lebih mahal dibandingkan PVC.

8. Karet

Sepatu dari bahan karet.
Sepatu dari bahan karet (sportsmansguide.com)

Terakhir, jenis material yang juga cukup sering digunakan pada pembuatan sepatu adalah karet. Meski sering dipandang sebelah mata, nyatanya sepatu karet punya banyak kelebihan loh! Gak cuma nyaman digunakan, tapi juga ringan, lentur dan pastinya tahan air. Sepatu karet sangat cocok untuk digunakan sehari-hari, khususnya untuk acara santai seperti hangouts atau traveling.

Nah, demikianlah beberapa jenis bahan sepatu yang paling sering digunakan dan populer di dunia. Kalau kamu sendiri, bahan sepatu apa nih yang paling menjadi favorit kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *