Jenis, Bahan Bakar dan Kegunaan Oven

Jenis Jenis Oven

Oven atau alat pemanggang saat ini sudah menjadi satu peralatan yang harus dimiliki dirumah. Sebagian besar ibu rumah tangga tentu ingin berkreasi membuat kue. Apalagi saat ini dengan perkembangan sosial media memudahkan kita menemukan resep kue. Kita dapat membuatnya dirumah selain untuk konsumsi pribadi juga bisa sebagai ide awal memulai usaha.

Jika anda memiliki minat di bidang kuliner. Usaha pembuatan kue bisa menjadi salah satu pilihan. Ada banyak acara yang memang membutuhkan kue, seperti arisan, pernikahan, dan pengajian. Namun sebelum anda menjalankan bisnis tersebut, ada baiknya membaca artikel kami dibawah ini mengenai jenis oven, bahan bakar dan kegunaan macam macam oven:

1. Oven Konvensional

Istilah oven konvensional digunakan untuk jenis yang menyatu dengan set kompor yang memiliki tungku. Harga oven ini memang relative mahal sehingga biasanya ditemui di rumah tangga menengah ke atas. Kelebihan oven jenis ini adalah pintu yang lebih rapat sehingga mampu menahan panas agar tidak keluar. Kapasitas oven ini juga cukup besar sehingga mampu memanggang kue lebih banyak. Hanya terkadang panas yang mengalir tidak rata, jika kita tidak rajin akan ada sebagian kue yang gosong.

2. Oven Konveksi

Oven konveksi memiliki karakteristik seperti oven konvensional. Hanya yang membedakannya adalah memiliki kipas. Fungsi dari kipas tersebut adalah membuat udara panas yang berada dalam oven dapat bergerak disekitar ruangan. Hal ini menyebabkan panas dapat tersebar tidak berpusat di satu titik. Kelebihan ini yang membuat oven jenis ini tidak mengalami hot spot atau panas yang tidak merata.

Saat anda membuat kue dengan oven ini, maka akan menghemat waktu 10-20 % dibandingkan menggunakan oven konvensional. Kue yang dihasilkan akan lebih renyah dan garing. Resiko terjadinya kue gosong juga dapat diminimalisir karena udara panas yang menyebar. Saat ini juga sudah banyak produk oven konvensional yang dilengkapi fitur kipas seperti oven konveksi.

3. Oven Tangkring

Oven tangkring merupakan istilah untuk oven yang terbuat dari besi atau aluminium. Dimana cara penggunaannya adalah dengan diletakkan diatas kompor.

Jenis oven ini memang memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Jika anda ingin memulai usaha kue tidak ada salahnya membeli oven ini. Tidak ada penunjuk panas dalam oven ini. Anda diharuskan sering melihat kue anda saat di panggang. Jika anda mau menambahkan thermometer akan lebih membantu memantau suhu.

Di pasaran terdapat dua jenis oven tangkring yakni yang lurus dibagian atasnya dan memiliki cekungan. Tingkat keberhasilan dalam membuat kue dengan oven ini adalah pada pengaturan api. Usahakan menggunakan api sedang agar tidak mudah gosong.

4. Oven Listrik

oven listrik rumahan
oven listrik rumah (tokopedia.com)

Oven listrik merupakan oven yang menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Ukuran yang biasa digunakan didalam rumah tangga biasanya kurang dari 20 L. Oven listrik dengan kapasitas ini tidaklah membutuhkan tempat yang terlalu besar. Apalagi saat ini kebanyakan rumah baru dibangun dengan luas tanah yang minim. Sehingga diperlukan peralatan dapur yang minimalis agar tidak membutuhkan tempat yang lapang.

Secara penggunaan jenis oven ini juga relatif mudah. Teknologi yang terdapat didalamnya sudah ada tombol pengatur untuk memasaknya. Sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk selalu mengawasi kue yang anda buat. Anda bisa mengerjakan aktivitas lainnya. Oven listrik saat ini juga banyak menggunakan stainless stell sehingga lebih awet.

Saat anda ingin membeli oven listrik maka ada baiknya anda perhatikan dayanya. Sesuaikan dengan kondisi listrik dirumah anda. Jangan sampai ketika sudah dibeli ternyata listrik rumah anda tidak mendukung, menjadikan oven listrik tersebut tidak dapat digunakan. Selain itu perlu diperhatikan pemanasnya, usahakan oven tersebut menggunakan pemanas atas dan bawah.

Di antara jenis oven lainnya memang oven listrik lebih praktis. Untuk anda seorang pemula maka hanya perlu menekan tombol otomatis. Lantas ia akan bekerja sesuai instruksi yang kita berikan. Saat membuat kue dengan api ini kita dapat juga melakukan kegiatan lainnya. Namun harga oven ini memang lebih mahal dibanding oven lainnya. Hanya jika dibandingkan dengan kemudahan penggunaannya tentu sangat sebanding.

Untuk pemula oven ini juga sangat membantu, apalagi untuk ibu-ibu rumah tangga yang masih memiliki anak kecil. Selain itu resiko kue menjadi gosong dapat diminimalisir dengan pengaturan yang baik.

Kelebihan Oven Listrik

  • Tidak Memakan Banyak Tempat

Ukuran yang tidak terlalu besar, menjadikan oven listrik tidak memerlukan tempat yang luas. Untuk industri rumahan tentu sangat pas apalagi jika anda tidak memiliki ruangan yang luas.

  • Relatif Aman Digunakan

Penggunaan bahan bakar listrik menjadikan oven ini lebih aman. Tidak perlu khawatir akan adanya kebocoran gas, resiko kebakaran lebih kecil.

  • Memiliki Fungsi Otomatis

Oven listrik memiliki fitur yang lengkap. Anda dapat mengatur secara otomatis suhu yang diperlukan untuk pembuatan kue atau roti. Fitur ini sangat bermanfaat terutama untuk seorang pemula sehingga anda tidak perlu repot mengajarkan ke karyawan anda.

5. Oven Gas

oven gas
oven gas (harga123.info)

Oven gas merupakan oven yang menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Ukuran oven gas biasanya sedikit lebih besar. Saat ini oven gas juga sudah menggunakan tombol pengaturan, yang berfungsi membantu anda lebih mudah dalam memasak. Oven jenis ini juga memiliki kaki-kaki dari besi dan roda yang memudahkan untuk dipindahkan.

Bahan bakar oven ini mudah ditemukan dan harganya lebih murah dibanding listrik. Terdapat katup khusus untuk oven jenis ini sehingga membuat konsumsi gas lebih hemat. Jika anda ingin membeli oven ini usahakan yang memiliki pemanas atas dan bawah. Fungsinya adalah agar hasil pemanggangan lebih sempurna.

Dengan kapasitas yang lebih besar, oven gas bisa juga digunakan untuk usaha kue atau roti skala rumah tangga. Biaya lebih murah dibanding listrik menjadi penyebabnya. Apalagi walaupun berskala rumah tangga penggunaan oven dalam usaha tentu intensitasnya lebih banyak. Jika tidak dikalkulasi bisa berdampak kerugian pada usaha anda.

Saat ini juga sudah banyak merk yang memproduksi oven gas. Anda tinggal membandingkan spesifikasi dan harga yang sesuai kantong anda. Namun tetap perlu memperhatikan kualitas agar tingkat keawetannya cukup baik. Agar tidak harus mengganti setiap tahun.

Oven gas banyak digunakan oleh pelaku industri kue dan roti. Sistem pemanas pada oven ini dari atas dan bawah, sehingga kue atau roti yang dihasilkan lebih matang sempurna. Saat ini oven gas sudah dilengkapi dengan presisi sehingga sangat cocok dipilih dalam pembuatan kue atau roti. Ada beberapa keunggulan oven gas jika dibandingkan oven lainnya yakni :

  • Lebih awet karena bahan dasarnya dari stainless steel yang anti karat.
  • Dilengkapi dengan kaki-kaki dari besi serta roda dan rem kaki, memudahkan untuk dipindahkan.
  • Memiliki thermometer untuk mengukur suhu didalam oven.
  • Harganya lebih murah dibanding oven lainnya.
  • Memiliki peredam panas.
  • Memiliki valve khusus yang dapat menghemat penggunaan gas.
  • Sudah dilengkapi IC yang bermanfaat untuk mengatur sistem pembakaran dan gas. Api akan mati jika terjadi kebakaran mesin.

Jenis-Jenis Oven Gas

  • Oven Gas Manual

Oven gas ini merupakan jenis pertama yang dibuat oleh pabrik. Pada oven ini semua masih dijalankan dengan manual. Sehingga diperlukan ketelitian dari pekerja untuk memastikan hasil yang baik.

  • Oven Gas Pemantik Api

Oven gas Pemantik Api merupakan oven yang banyak digunakan di masyarakat. Oven ini sudah dilengkapi valve khusus sehingga menghemat pemakaian gas.

  • Oven Semi Otomatis

Seiring perkembangan teknologi, oven gas mulai menggunakan fitur-fitur timer dan alarm. Dalam oven semi otomatis fitur tersebut sudah ada, sehingga memudahkan dalam proses pembuatan kue atau roti.

  • Oven Gas Desk Otomatis

Oven gas desk memiliki fitur-fitur seperti oven semi otomatis. Tambahan yang terdapat didalamnya adalah thermo control dan pengaturan api.

Itulah beberapa jenis, bahan bakar dan kegunaan oven.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *