Jaring Kaos Kaki Penangkap Sampah

Kita sedang berbicara tentang Jaring Kaos kaki, bukan Kaos kaki jaring.

Jaring Kaos kaki adalah suatu jaring yang berbentuk mirip kaos kaki yang digunakan untuk menangkap sampah. Alat ini dipasang di saluran air sebelum menuju sungai. Dengan alat yang sederhana dan murah ini maka pencemaran sungai akibat sampah bisa dikurangi.

Jaring kaos kaki tiriskan untuk menangkap sampah sebelum masuk ke sungai dan laut
Jaring kaos kaki tiriskan dari negara tetangga (Australia) untuk menangkap sampah di saluran saluran air (selokan, parit) sebelum masuk ke sungai

Asal Usul

Jaring kaos kaki ramai di bicarakan di media sosial. Pada bulan maret 2018, di kota kecil Kwinana yang berpenduduk 42.000 jiwa dan terletak di selatan Kota Perth Australia. Jaring kaus kaki yang dipasang di saluran air itu akan di ambil oleh tim dan ditiriskan. Setelah itu sampah sampah akan di pilah pilah sesuai dengan jenisnya. Sampah yang terdiri dari sampah organik akan diolah menjadi pupuk kompos. Sedang sampah lain akan dibuang atau diolah sesuai dengan kegunaannya.

Teknologi yang sangat sederhana dan murah ini sangat menarik perhatian dari kota kota di dunia. Banyak sekali pertanyaan yang di ajukan kepada walikota Kwinana (Carol Adams) yang berhubungan dengan Jaring kaos kaki ini.

Dapatkah Jaring Kaos Kaki Ini Diterapkan di Indonesia

Tentu sangat bisa dan akan sangat bermanfaat sekali. Apalagi Indonesia adalah salah satu negara yang sangat kurang dalam hal kebersihan, terutama kebersihan sungai. Banyak sekali sungai sungai di Negara kita yang sangat kotor dan bau dan berwarna hitam akibat dari sampah yang masuk ke sungai.

Dengan memasang jaring kaos kaki ini di setiap saluran saluran air sebelum menuju sungai, maka jumlah sampah yang masuk ke sungai akan berkurang secara signifikan.

Alat yang sederhana dan murah ini tentu juga sangat cocok digunakan di negara berkembang seperti di indonesia dimana masih banyak tenaga kerja non skill yang bisa dipekerjakan. Bisa dibayangkan berapa banyak tenaga kerja yang akan terserap untuk mengelola sampah dengan jaring kaos kaki ini.

Alat ini juga sangat mudah dibuat di dalam negeri sehingga kita tidak perlu mengimpor jaring sampah ini dari luar negeri.

Kita tunggu saja langkah dari pemerintah untuk menanggulangi sampah di negeri ini apakah mungkin akan menerapkan Jaring kaos kaki ini di kemudian hari untuk mengatasi permasalahan lingkungan terutama yang disebabkan oleh masalah sampah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *