Thursday , October 22 2020

Jangan Panik Bertemu Orang Baru Saat Solo Traveling, Ini 9 Tips Untukmu

Bersosialisasi di lingkungan baru apalagi di negara orang, memang tidak mudah. Tak hanya masalah bahasa, apa yang harus diperbincangkan pun kadang membingungkan karena takut itu sensitif bagi lawan bicaramu. Sehingga kamu memilih untuk menyendiri saja. Apalagi dengan adanya ponsel pintar yang memudahkanmu dalam mencari apa yang kamu butuhkan di tempat tujuan. Kamu pun tak perlu bersosialisasi, bertanya pada penduduk lokal. Padahal, sosialisasi ini penting, lho. Bukan hanya informasi yang bisa kamu peroleh, pelajaran hidup pun juga. Mau tahu bagaimana caranya berkenalan dengan orang baru saat solo traveling? Simak tips-tips berikut ini!

1. Pelajari dulu bahasa lokal yang penting

Bahasa penting sekali untuk memudahkan kamu berkomunikasi dengan masyarakat lokal di daerah atau negara tujuanmu. Pelajarilah bahasa lokal yang penting dan akan berguna selama perjalananmu di sana. Bahasa-bahasa yang penting kamu tanyakan itu misalnya tentang arah, dan jual beli.

2. Awali dengan senyuman

Dengan kamu tersenyum, orang-orang akan mudah mengajakmu berbicara. Senyum memperlihatkan bahwa kamu welcome dengan mereka. Seperti sebuah sinyal bahwa kamu siap bila diajak berbicara. Kalau orang-orang jarang berbicara terlebih dahulu padamu, bisa jadi karena kamu kurang tersenyum. Mulailah biasakan tersenyum ketika seperti misal saat keluar hotel dan dibukakan pintu oleh petugas, senyum bisa menunjukkan tanda terimakasihmu. Tapi jangan lakukan ini di Rusia ya, karena disini senyum tanda kamu tertarik pada seseorang.

3. Beranikan diri untuk memulai pembicaraan

Daripada kesepian dan tak ada teman bicara, mending ajak ngobrol saja orang yang ada di sekitarmu. Bisa teman satu penginapan atau saat kamu berada di tempat wisata. Jangan takut, mereka welcome kok kalau sedang tidak sibuk.

4. Antusias mendengarkan lawan bicara

Beri kesempatan kenalanmu itu untuk berbicara, jangan hanya kamu terus yang ngomong. Dan saat dia sedang ngomong, perlihatkan kalau kamu antusias. Itu berarti kamu benar-benar mendengarkan dan tertarik dengan apa yang dibicarakan. Ketika kamu antusias, dia akan senang berkenalan denganmu dan menjadi terbuka.

5. Jangan singgung usia dan agama

Kalau di Indonesia bertanya agama memang hal biasa. Namun jangan pernah tanyakan ini pada orang luar terutama Amerika. Agama bagi mereka adalah privasi dan kamu tak berhak bertanya seperti itu. Selain itu juga jangan sesekali tanyakan usia dan status pernikahan kecuali mereka sendiri yang mengatakannya. Ini juga privasi dan kamu akan dianggap kepo banget kalau menanyakan ini.

6. Berpikiran terbuka

Budayamu tentu berbeda dengan budaya daerah atau negara yang kamu kunjungi. Perbedaan ini terkadang akan menimbulkan konflik kalau kamu tak berpikiran terbuka. Misalkan saja dalam perbincangan kamu mendengarkan ada yang sesungguhnya tak kamu setujui dari cerita atau sikapnya, dengarkan saja dulu.

7. Jangan bilang kalau kamu seorang diri

Nah, ini penting kalau kamu berinteraksi dengan orang lokal. Takutnya kalau kamu bilang sendirian aja di tempat itu, hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Pikiran jahat orang kan tidak bisa dibaca. Bisa saja ia berniat mencopet, menculik atau bahkan memerkosa.

8. Tanyalah seputar wisata

Jika kamu berkenalan dengan wisatawan lainnya, cara paling mudah untuk membuka obrolan dengan menanyakan seputar asal dan kegiatannya berwisata. Tempat-tempat apa saja yang telah ia kunjungi, sudah berapa lama di sini dan rencananya akan kemana lagi. Kamu bisa memulai dengan obrolan ringan semacam itu.

9. Jangan takut salah ngomong

Salah ngomong memang tak bisa dihindarkan. Apalagi ketika bertemu orang baru. Kamu tak perlu menjadikan takut ngomong ini sebagai alasan tidak berbicara dengan orang baru. Kalau pun kamu salah, cukup ucapkan maaf. Mereka pasti mengerti karena kalian juga belum saling kenal jadi wajar saja.

Itulah 9 tips bertemu orang baru saat solo traveling. Nah, jangan lupa mencoba ya!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *