Sunday , October 25 2020

Jangan Lupa Bawa 9 Benda ini Jika Kamu Akan Berkemah

Berkemah atau camping merupakan aktivitas yang menyenangkan. Terlebih lagi jika dilakukan bareng teman-teman di hari libur. Sambil menyalakan api unggun, bermain musik dan melihat pemandangan bintang-bintang. Wow, pastinya indah, bukan?

Nah, apabila Kamu hendak merencanakan kegiatan berkemah, tentunya Kamu harus memperhatikan barang-barang yang hendak dipacking. Sebab kemah ini umumnya dilakukan di kawasan pegunungan. Jadi perlengkapan yang dibutuhkan juga gak sedikit.

Berikut beberapa benda yang wajib dibawa saat berkemah. Simak yuk!

1. Tenda

Benda yang paling penting untuk dibawa saat berkemah tentunya adalah tenda. Sebab kegiatan kemah adalah kegiatan outdoor. Jadi Kamu butuh tenda sebagai tempat berteduh.

Apabila Kamu enggak mempunyai tenda, Kamu bisa membeli atau menyewa di tempat khusus penyedia alat perlengkapan camping. Pastikan juga Kamu telah mempelajari tata cara memasang dan membongkar tenda. Dengan begitu nantinya Kamu enggak kebingungan.

2. Matras

Benda kedua yang nggak boleh dilupakan adalah matras. Benda ini berguna sebagai alas untuk tidur. Atau juga bisa digunakan sebagai alas duduk saat di luar tenda. Kamu bisa mendapatkan matras ini dengan membeli atau jika ingin hemat lebih baik menyewa saja.

3. Sleeping Bag

Selain matras, Kamu juga perlu membawa sleeping bag. Sebab terkadang matras terlalu tipis untuk dijadikan alas tidur. Jadi Kamu harus melapisi atasnya dengan sleeping bag agar nggak kedinginan saat tidur.

4. Headlamp dan Senter

Benda yang harus dibawa saat berkemah selanjutnya adalah headlamp dan senter. Kedua benda ini sangat penting, gengs. Sebab aktivitas hiking serta kemah yang dilakuin secara outdoor, ketika malam hari tentunya gelap ya. Jadi Kamu butuh bantuan pencahayaan untuk menyinari lingkungan sekitarmu.

5. Jas Hujan (Rain Coat)

Benda berikutnya yang sebaiknya dibawa saat berkemah adalah jas hujan atau raincoat. Benda ini terbilang cukup penting, terutama bila Kamu bepergian ketika musim hujan.

Kamu harus ingat bahwa kemah adalah aktivitas di luar ruangan, yang mana nggak ada tempat berlindung bila terjadi hujan. Maka itu, nggak ada salahnya menyediakan jas hujan di dalam tas untuk berjaga-jaga.

6. Alat Masak (Cooking Set)

Kamu pasti nggak pengen kan, berkemah sambil menahan rasa lapar? Nah, demi menjamin kelangsungan hidup kamu saat di gunung, Kamu wajib membawa seperangkat alat masak. Carilah alat masak di toko yang dikhususkan untuk kegiatan camping.

Salah satu contohnya yakni cooking set Trangia. Alat ini sangat praktis. Dalam satu set terdiri dari panci, teflon, teko dan kompor kecil. Kamu tinggal membeli tabung gas Tragia yang dijual terpisah dan jangan lupa bahan bakarnya berupa spiritus.

7. Pakaian

Sangat tidak mungkin bila Kamu harus memakai baju yang sama selama berhari-hari saat berkemah. Tentunya Kamu butuh baju cadangan, kan? Nah, maka itu jangan lupa membawa beberapa pakaian di dalam tas. Dengan begitu, bila bajumu basah atau kotor, Kamu bisa ganti dengan baju baru. Oiya, pakaian ini juga meliputi kaos kaki, topi, sarung tangan, pakaian dalam, dan sebagainya.

8. Obat-Obatan

Obat-obatan merupakan benda yang sangat penting untuk dibawa saat camping. Bagaimanapun juga Kamu nggak bisa menjamin badanmu bakal sehat terus selama perjalanan. Terlebih lagi di lingkungan yang sangat dingin.

So, dari itu bawalah jenis obat-obatan yang penting. Misalnya Kamu punya penyakit tertentu maka sediakan obatnya di tasmu. Kemudian jangan lupa, obat demam, diare, masuk angin, obat untuk mabuk kendaraan, obat luka (betadine), kasa pembalut, dan sebagainya.

9. Perlengkapan Mandi

Benda terakhir yang harus dibawa saat berkemah adalah perlengkapan mandi. Mulai dari sabun cair, facial wash, sikat dan pasta gigi, serta lainnya. Dengan begitu, apabila Kamu menemukan kamar mandi umum maka Kamu bisa mandi atau sekedar membasuh badan agar bersih kembali.

Jadi demikianlah beberapa benda yang harus dibawa saat berkemah. Semoga bermanfaat dan membatu, gengs!

About Bas