Memilih sepatu untuk anak tentunya berbeda dengan membeli sepatu orang dewasa. Terlebih jika anak Anda baru bisa berjalan, pastinya ia butuh alas kaki yang enggak sekedar lucu atau menarik. Tapi yang paling utama adalah kenyamanan, sehingga nantinya si anak bisa leluasa beraktivitas serta bisa meminimalisir terjadinya cedera.

Nah, buat Anda para ibu-ibu yang memiliki anak kecil, berikut tips-tips untuk memilih sepatu anak secara tepat. Yuk, kita simak bersama!

1. Pastikan ukurannya sesuai dengan kaki si kecil

Berbeda dengan orang dewasa yang mungkin tak terlalu berisiko bila belanja sepatu secara online. Tapi untuk anak-anak, lebih baik langsung membelinya di toko sebab ditakutkan ukurannya tidak pas.

Perlu Anda catat bahwa ukuran menjadi hal terpenting yang perlu diperhatikan saat membeli sepatu anak. Jangan terlalu sempit karena bisa mengakibatkan cedera dan jangan pula terlalu besar sebab dapat membuat anak terjatuh. Agar ukurannya bisa tepat, pastikan Anda meminta si kecil untuk mencobanya. Caranya:

  • Pertama, minta anak mencoba sepatu dengan memakai kaus kaki , tujuannya agar nantinya tidak kesempitan.
  • Kemudian, untuk mengecek kenyamanannya, coba Anda suruh si kecil untuk berjalan
  • Tekan bagian depan sepatu untuk mengecek apakah ukurannya sesuai. Jangan sampai ada jempol kaki anak tertekuk atau mungkin ada ruang kosong berlebihan. Pastikan sepatu tersebut tidak kebesaran dan tidak kesempitan

2. Perhatikan bahan sepatu

Selain ukuran, memilih sepatu anak juga harus mempertimbangkan material atau bahan dari sepatu tersebut. Pastikan Anda membeli sepatu yang berbahan halus dan tidak terlalu berat. Anda bisa memilih sepatu kulit atau kanvas yang memang cenderung aman untuk dipakai anak yang sudah bisa berjalan.

Sementara untuk sepatu plastik, biasanya kurang dianjurkan karena permukaannya cenderung licin. Yang mana bisa menimbulkan risiko si kecil terpeleset dan jatuh.

3. Pilih Sepatu Bertumit Datar

Sepatu bagi anak bukan sekedar untuk fashion semata. Terutama jika anak baru bisa berjalan, tentunya ia memerlukan sepatu yang nyaman sebab ia belum bisa menjaga keseimbangan secara sempurna.

Nah, pilihan sepatu yang paling aman untuk anak-anak adalah sepatu bermodel flat alias bertumit datar. Jangan nekad membelikan anak sepatu bertumit tinggi ya, karena efeknya bisa mengganggu pertumbuhan si kecil. Di samping itu, sepatu yang tinggi juga membuat anak jadi kurang nyaman berjalan, bahkan tak menutup kemungkinan memicu anak terjatuh.

4. Pilih Sepatu yang fleksibel, tidak terlalu berat

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah bobot dan kelenturan dari sepatunya. Pastikan Anda tidak memilih sepatu yang terlalu berat,sebab bisa membebani tubuh si kecil. Di samping itu, usahakan juga memilih sepatu berbahan fleksibel. Tidak perlu terlalu lentur, tapi akan lebih baik jika sepatunya bisa ditekuk. Dengan begitu, bisa lebih nyaman dikenakan dan memudahkan si kecil untuk melangkah secara leluasa.

5. Jika anak masih kecil, pilih sepatu yang tidak bertali

Sebenarnya tak masalah jika Anda memilih sepatu bertali untuk si kecil. Namun jika buah hati Anda masih terlalu kecil, baiknya sih pilih sepatu yang lebih praktis sehingga mudah untuk dikenakan. Sepatu bertali hanya akan mempersulit anak Anda.

Belum lagi jika talinya mudah terbuka, maka bisa berisiko diinjak dan mengakibatkan anak Anda terjatuh. Khususnya bagi anak yang baru bisa berjalan, sepatu bertali terbilang cukup berbahaya.

6. Usahakan memilih sol bertekstur

Selain melihat bahan sepatunya, jangan lupa untuk memperhatikan material sol sepatu. Khusus untuk anak-anak, akan lebih aman jika Anda membelikan sepatu dari sol karet atau bahan lain yang bertekstur. Tujuannya agar pijakan si kecil jadi lebih kuat dan tidak gampang tergelincir.

Jadi itulah sedikit tips membeli sepatu anak yang perlu mommy sekalian perhatikan. Semoga bermanfaat dan membantu, moms!