Wednesday , October 21 2020

Jalan Jalan Ke Pulau Wayag Raja Ampat

Salah satu aktifitas yang paling menyenangkan jika Anda datang ke Raja Ampat adalah menyelam di Pulau Wayag. Anda pasti akan merasa dimanjakan dengan pemandangan alam bawah laut yang sangat indah. Semua pemandangan bawah laut terlihat seperti lukisan dan itu nyata.

Perjalanan Penuh Perjuangan Menuju Pulau Wayang

Pulau Wayag memang sangat terkenal di kalangan wisatawan asing dan lokal. Namun untuk datang ke surge bawah laut ini memang tidak mudah. Hampir semua orang yang pernah datang ke tempat ini membutuhkan perjalanan panjang dan waktu yang sangat lama. Pulau ini terletak di sebelah barat Kepulauan Raja Ampat. Letak pulau ini termasuk dalam Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat. Wilayah yang tergabung dengan Papua Barat ini termasuk sebagai salah satu tempat tujuan wajib bila Anda datang ke Raja Ampat. Pulau ini memang terletak paling jauh dibandingkan pulau lain yang biasanya menjadi kunjungan wisatawan.

Perjalanan untuk mencapai Pulau Wayag memang tidak mudah. Anda memerlukan waktu dan tenaga yang harus dipersiapkan dari awal. Jika Anda sudah sampai Sorong maka Anda bisa menyewa kapal yang akan mengantarkan penumpang ke Pulau Wayag. Perjalanan ini membutuhkan waktu paling lama sekitar 5 jam. Tapi jika Anda datang dari luar wilayah Papua maka Anda harus menempuh perjalanan dari daerah asal ke Bandara Domine Eduard Osok. Setelah itu Anda bisa menyewa kendaraan untuk sampai di Sorong. Salah satu persiapan lain yang harus dilakukan adalah biaya. Biaya transportasi untuk menuju tempat ini memang sangat mahal.

Kegiatan Wisatawan di Pulau Wayag

Jika Anda sudah sampai di Pulau Wayag maka kegiatan wajib yang harus dilakukan adalah menyelam. Pulau ini memberikan pemandangan bawah laut yang sangat menarik. Bahkan wilayah bawah laut Pulau Wayag menjadi salah satu kawasan paling indah untuk menyelam. Air di kawasan ini sangat bersih dan Anda bisa melihat jernihnya air sampai warna biru yang indah. Jika Anda memiliki hobi fotografi maka jangan lewatkan untuk mengambil foto pemandangan alam. Beberapa ekosistem yang masih terlihat sangat alami dan dirawat dengan baik. Hampir semua penyelam ingin melestarikan alam sehingga mereka disarankan untuk menyelam dengan baik dan tidak menimbulkan kerusakan. Hal yang paling dilarang jika Anda menyelam adalah merusak terumbu karang dan semua hewan bawah laut.

Panorama di Pulau Wayag

Jika Anda masih bertanya bagaimana tentang pesona yang dimiliki oleh Pulau Wayag, maka Anda memang harus membuktikannya sendiri. Pulau ini memiliki pemandangan laut dengan warna biru yang sangat indah. Tidak hanya itu saja sebab pulau-pulau kapur banyak ditemukan di sekitarnya. Tumbuhan lebat dan hijau membuat alam semakin indah. Anda juga bisa mendaki pulau Karang untuk melihat pemandangan alam di kawasan Pulau Wayag secara menyeluruh. Tapi jika Anda memang ingin mendaki sampai puncak pulau, maka lebih baik Anda berolahraga sebelum datang ke tempat ini. Anda juga harus menempuh perjalanan berat untuk mencapai puncak. Bagi beberapa wisatawan mereka membutuhkan setengah jam untuk sampai puncak. Namun kepuasan akan segera terbayar setelah Anda sampai di puncak dan melihat semua bagian Raja Ampat.

Jika ingin kepuasan maksimal saat menikmati keindahan pulau ini maka mendakilah ke puncak karang. Dari puncak bukit ini, kita bisa melihat seluruh pemandangan Raja Ampat.Hanya 30 menit tapi usaha itu akan sangat sebanding jika kita sudah tiba di puncaknya. Dari atas akan terlihat tebaran pulau-pulau kecil di atas lautan biru yang sangat jernih.

Suasana yang tenang, sepi dan damai seperti sebuah pijatan relaksasi pada sekujur tubuh setelah kepenatan hari-hari sebelumnya. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan ini dengan kamera. Tidak perlu kamera profesional, kamera ponsel pun dapat merekam keindahan pulau ini. Semua indah dilihat dari manapun.

About Bas