Thursday , October 29 2020

Jalan Jalan Di Pantai Waiwo Raja Ampat

Kali ini kita akan dibawa ke pantai yang nggak kalah indah dengan pantai lain yaitu pantai Waiwo di Pulau Waigeo, Kabupaten Raja Ampat. Pantai yang bisa membuat pengunjung langsung jatuh cinta dengan hamparan pasir dan air laut yang jernih.

Pantai Waiwo terletak di salah satu pulau besar Raja Ampat. Raja Ampat memang merupakan kumpulan dari 1.500 pulau-pulau kecil dengan empat pulau utama yaitu Pulau Misool, Salawati, Bantana dan Waigeo. Jadi, jika tidak sempat untuk pulau Wayag, pergi ke pulau Waigeo juga sama saja indahnya kok.

Rute

Pantai Waiwo termasuk salah satu pantai primadona di Raja Ampat. Jika ingin menuju ke sini, kita harus menuju kota Sorong yang merupakan pintu gerbang menuju Kabupaten Raja Ampat. Dari pelabuhan di Sorong, kita naik kapal cepat menuju Pulau Waigeo. Jika menggunakan kapal cepat maka dikenakan biaya hingga 3 juta untuk 10-15 orang.  Memang lebih enak jika berwisata dengan kelompok sehingga bisa menyewa kapal cepat dan puas berkeliling di Raja Ampat.

Bisa juga dengan menggunakan kapal rakyat, biayanya tentu lebih murah ketimbang menyewa kapal cepat. Jika naik kapal rakyat maka harus memperhatikan jadwal keberangkatan. Soalnya kapal ini hanya berangkat setiap jam 2 siang dan pelayaran hanya satu sekali dalam sehari menuju Pulau Waisai. Untuk naik kapal ini dikenakan biaya Rp. 120.000/orang. Dari Waisai bisa dengan jalur laut atau bisa juga lewat jalur darat dengan ojek atau taksi.

Waktu ditempuh selama dua jam dan hanya 15 menit dari Pulau Waisai. Jadi bisa saja mampir dulu ke Pantai Waisai sebelum ke pantai Waiwo. Kedua pantai ini memiliki keindahan yang sama baik indah pantainya dan keindahan dalam lautnya.

Memberi Makan Ikan

Di Pantai Waiwo ada dua buah dermaga panjang menjorok ke tengah laut. Biasanya dermaga ini digunakan untuk memancing ikan oleh warga setempat. Dermaga jarang sepi karena anak-anak setempat menjadikan dermana sebagai arena main mereka. Dermaga berbentuk kayu ini juga menjadi salah satu tempat favorit wisatawan. Dari sini wisatawan dapat memberi makan ikan-ikan kecil yang terlihat jelas dari permukaan laut karena air yang sangat jernih.

Uniknya, wisatawan dapat memberi makan ikan dengan cara membiarkan ikan makan langsung dari tangan mereka. Anak-anak menyukai hal ini dan banyak wisatawan yang betah berada di Pantai Waiwo.

Dermaga apung memang sengaja dibuat oleh pengelola pantai sebagai salah satu obyek wisata. Jika ingin lebih menikmati lagi, bisa juga snorkeling atau diving. Tidak hanya ikan yang cantik tapi juga terumbu karang yang luar biasa indah. Dijamin deh kita jadi malas pulang dan bermalam di pantai ini.

Penginapan

Tersedia banyak penginapan dengan harga terjangkau dari mulai Rp. 500.000. Pemandangan pantai saat malam hari akan lebih indah lagi. Selain melepas lelah setelah berkeliling, pulai Waigeo bisa jadi pilihan untuk beristirahat dan santai. Jika ingin snorkeling maka ada tempat penyewaan alatnya antara Rp. 50.000- Rp.500.000 atau bisa juga jika kita membawa sendiri. Pokoknya Dijamin tidak akan menyesal menghabiskan uang di sini karena sebanding dengan keindahannya yang seperti surga dunia itu.

Di Pantai Waiwo juga terdapat sumber mata air tawar yang mengalir bercampur dengan air laut. Biasanya sumber mata air ini digunakan wisatawan untuk membersihkan diri setelah berenang di laut. Pantai dan laut yang indah dan menikmati matahari tenggelam dan menjelang malam terlihat bintang-bintang di langit dengan jelas.

Siapa yang tidak akan jatuh cinta di tempat seindah dan se-sempurna seperti Pantai Waiwo?