Wednesday , October 28 2020

Inspirasi Model Baju Batik Pramugari Cantik

Pramugari yang melayani penumpang selalu terlihat sangat rapi dan cantik dengan model busana seragam batik yang trendy. Desain seragam yang digunakan pun terlihat mencerminkan nilai kebudayaan Indonesia melalui corak batik yang artistik. Tak jarang profesi Pramugari selalu dianggap sebagai profesi paling fashionable dan menarik dari segi penampilannya. Meskipun model baju batik pramugari banyak digunakan di beberapa maskapai penerbangan nasional, beberapa maskapai penerbangan negara lain juga bangga menggunakan baju batik khas negara masing-masing sebagai seragam para pramugari, lho.

1. Seragam Batik Pramugari Garuda Indonesia Airlines

Pada tahun 2010, maskapai penerbangan ini menggunakan jasa desainer ternama, Josephine Werratie Komara (Obin), untuk mendesain seragam batik Pramugari yang sesuai dan digunakan hingga saat ini. Model atasan kebaya Kartini polos dan bawahan batik lereng akhirnya menjadi pilihan untuk dijadikan model baju batik Pramugari Garuda Indonesia Airlines (GIA). Menurut Obin, motif lereng akan membuat pemakainya terlihat lebih anggun dan langsing.

Pilihan warnanya pun jatuh pada tiga pilihan yaitu oranye, tosca, dan biru. Alasan dibalik pemilihan ketiga warna itu adalah karena warna-warna tersebut memiliki makna yang mencerminkan GIA. Misalnya pada warna oranye yang memiliki warna terang dapat diartikan sebagai kehangatan, warna biru sebagai warna yang langgeng dan mantap. Sedangkan warna tosca adalah warna pertama yang identik dengan warna GIA. Selain itu, ada pula motif garuda pada kain batiknya yang melambangkan logo maskapai itu sendiri.

2. Seragam Batik Pramugari Lion Air

Baju batik Pramugari dari maskapai penerbangan Lion Air memiliki warna merah anggur dengan model terusan Cheongsam khas Cina. Pada bagian bawah terdapat belahan yang cukup tinggi sehingga memperlihatkan bagian paha. Konon desain seragam batik Pramugari Lion Air ini dirancang sendiri oleh sang pendiri Lion Air.

3. Seragam Batik Pramugari Batik Air

Maskapai penerbangan yang merupakan anak perusahaan dari Lion Air ini juga memiliki seragam batik yang tak kalah menarik dengan perusahaan induknya. Memiliki model kebaya sebagai atasan berwarna putih dengan berbagai model kerah dan batik khas Manado berwarna ungu tua di bagian bawahnya, namun belahan roknya dihiasi dengan model lipit dan tidak memperlihatkan bagian paha.

Kemudian pada bulan Oktober 2013, Batik Air memperbarui seragamnya dengan mengubah kain batik dari Manado menjadi kain khas Papua yang berwarna merah terang. Belahan rok yang cukup tinggi dan lebar menyerupai maskapai induknya juga digunakan di model baju batik ini. Hanya saja, tidak lagi menggunakan model lipit sebelumnya yang lebih sopan.

4. Seragam Batik Pramugari Sriwijaya Air

Sebelumnya, model seragam Pramugari Maskapai Sriwijaya Air dianggap sebagai salah satu baju pramugari yang paling banyak disukai. Kini, warna merah baju seragam Pramugari Sriwijaya Air sudah tak lagi digunakan. Sekarang para Pramugari Sriwijaya Air telah berganti seragam menggunakan batik motif kotak-kotak berwarna biru sebagai atasan. Sedangkan bawahannya menggunakan celana panjang yang terlihat lebih fleksibel untuk bergerak di dalam pesawat.

Meskipun merupakan maskapai penerbangan asing, Singapore Airlines telah menggunakan seragam batik sejak perusahaan penerbangannya berdiri pada tahun 1972. Hingga saat ini, Manager Singapore Airlines masih bangga, lho, mempertahankan seragam batiknya sebagai seragam Pramugarinya yang berpangkalan di Singapura. Bagi maskapai ini, model baju batik Pramugari yang mereka kenakan dianggap menggambarkan kebudayaan Asia dan mereka terlihat cantik ketika mengenakannya.

5. Seragam Batik Malaysia Airlines

Satu lagi maskapai penerbangan dari negeri tetangga yang juga memakai seragam batik untuk para Pramugarinya, Malaysia Airlines. Model baju batik Pramugari Malaysia Airlines ini tampak menyerupai seragam batik dari Singapore Airlines. Namun bagian kerah yang menurun dan model kebaya khas Melayu menjadi nilai kebudayaan yang tersendiri dari baju batik ini. Perpaduan warna tosca, pink, hijau dan ungu membuat suasana seragam batik Pramugari MAS terlihat lebih sejuk dipandang.