Insomnia? Ini 7 Cara Mengatasi Susah Tidur Paling Efektif

Nggak bisa dipungkiri, saat ini insomnia atau gangguan susah tidur menjadi masalah yang sering dialami oleh masyarakat modern. Khususnya para remaja dan orang dewasa, tak sedikit yang menderita insomnia sehingga membuat mereka harus menelan pil penenang hanya agar bisa tidur nyenyak.

Tentunya mengkonsumsi obat-obatan tersebut tidak direkomendasikan untuk dilakukan secara terus-menerus, sebab bisa memicu efek samping bagi kesehatan. Nah, alternatif yang lebih aman, Kamu bisa mencoba mengatasi gangguan insomnia dengan cara-cara alami. Kira-kira apa aja?

Berikut cara mengatasi susah tidur atau insomnia yang paling efektif!

1. Mandi Air Hangat

m.dailyhunt.in

Mandi di malam hari memang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Namun jika Kamu mengalami kesulitan tidur, Kamu bisa mencoba mandi dengan air hangat.

Air hangat dapat membantu menyengarkan tubuh, merileksasi pikiran serta meregangkan otot-otot yang kaku. Dengan begitu, Kamu pun akan merasa lebih santai dan otomatis rasa kantuk bisa cepat datang.

2. Matikan Lampu

Tips kedua untuk membantu tidurmu agar lebih nyenyak adalah dengan mematikan lampu kamar. Perlu Kamu ketahui bahwa cahaya lampu yang terang dapat menghambat produksi hormon melatonin yang berperan dalam merangsang rasa kantuk. Sehingga akibatnya, Kamu pun jadi sulit terpejam.

Untuk mengatasinya, tentunya dengan memadamkan lampu. Pastikan tirai jendela juga tertutup. Bila Kamu takut kegelapan, maka cukup gunakan lampu tidur yang cahayanya remang-remang.

3. Kurangi Konsumsi Kopi

Salah satu kebiasaan yang mungkin jadi penyebab Kamu susah tidur yakni mengkonsumsi kopi berlebihan. Terutama di waktu malam, hal itu jelas akan membuatmu terjaga lebih lama. Sebab kopi mengandung senyawa kafein dalam kadar cukup tinggi.

Kafein ini bekerja dalam menstimulasi sistem syaraf pusat sekaligus meningkatkan produksi hormon dopamin yang berpengaruh terhadap peningkatan konsentrasi dan stamina. Itulah mengapa, mengkonsumsi kafein bisa menekan rasa kantuk.

4. Coba Konsumsi Labu

steamykitchen.com

Cara lain untuk mengatasi masalah insomnia, Kamu bisa mencoba mengkonsumi buah labu. Buah berwarna orange ini mengandung berbagai kandungan mineral seperti kromium, magneisum dan kalsium yang dapat membantu menormalkan siklus tidur.

5. Konsumsi Buah Pisang

Kalau Kamu kesulitan mendapatkan buah labu, Kamu bisa mengkonsumsi pisang sebagai gantinya. Tentunya pisang mudah ditemukan dimana saja, baik di pasar, warung hingga supermarket. Dan pisang ini merupakan buah yang ampuh mengatasi insomnia.

Hal tersebut dikarenakan dalam pisang terdapat kandungan senyawa triptofan yang dapat meningkatkan produksi hormon melatonin dan serotonin. Kedua hormon tersebut bekerja dalam merileksasi otot-otot serta merangsang rasa kantuk.Dengan begitu, Kamu akan merasa lebih nyaman dan bisa tidur dengan nyenyak.

6. Jangan Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang memang bisa membantu mengistirahatkan otak dan tubuh agar tidak terlalu lelah. Namun usahakan agar tidur siangmu tidak terlalu lama. Cukup 1 jam saja.

Waktu tidur siang yang terlalu lama malah membuat Kamu jadi bersemangat berlebihan, bahkan terjaga hingga larut malam. Sehingga akibatnya Kamu pun berisiko mengalami insomnia.

7. Minum Susu Hangat

ingridperri.com

Tahu enggak, minum segelas susu hangat sebelum tidur juga bisa membantu mencegah insomnia loh! Susu tak hanya memberikan gizi pada tubuhmu, tapi juga merangsang produksi hormon melatonin yang bekerja dalam memicu rasa kantuk. Dengan begitu, Kamu akan lebih mudah untuk tidur malam.

Cara lain, Kamu bisa mencoba mencampur susu dengan bubuk coklat. Perlu Kamu tahu bahwa minuman rasa coklat yang berasal dari kakao dapat membantu menenangkan syaraf.

Nah, jadi itulah beberapa cara mengatasi susah tidur atau insomnia secara alami tanpa obat-obatan. Moga bermanfaat dan selamat mencoba!

feature image: dailysabah.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *