Saturday , October 31 2020

Inilah Alasan Mengapa 10 Gejala ‘Sepele’ Berikut Tak Boleh Diabaikan

Tubuh memunyai caranya sendiri untuk ‘berbicara’, jadi selalu dengarkan baik-baik apa yang dikatakannya. Seperti 10 gejala berikut misalnya, walau tampak sepele dan biasa saja, namun sebenarnya ini merupakan pertanda bahwa kamu sedang sakit.

1.Kaki pink

Coba sekarang juga amati apa warna telapak kakimu. Bila itu sangat pink dan kulit juga tampak tipis serta berkerut, maka segera lakukan tes darah guna mencari tahu kadar gula darah. Gejala ini umumnya mengindikasikan gangguan metabolisme, termasuk diabetes salah satunya. Dokter yang harus ditemui dalam hal ini adalah pakar endokrinologi.

2.Merasa dipeluk erat

Senang rasanya ketika dipeluk oleh orang terkasih. Tapi jika di sekitarmu tidak ada orang, dan kamu merasa dipeluk erat atau diikat di sekitar pinggang, tubuh, atau kaki, maka itu merupakan gejala Multiple Sclerosis.

Ciri-ciri lainnya adalah sensasi kurang nyaman hingga sakit pada lengan dan kaki, dimana kamu merasa seperti sedang memakai sarung tangan atau sepatu berat. Jika ini yang terjadi, carilah neurolog.

3.Alis menipis

Jangan anggap remeh alis rontok sebab itu berarti tiroidmu sedang terganggu atau mengalami hipotiroidisme. Dalam hal ini, pakar endokrinologi dapat membantu.

4.Jari kaki bengkak

Bahkan bila kulit bersih, tidak iritasi, bebas gatal, namun bila jari kaki bengkak seperti sosis, maka segera temui dokter kulit atau pakar rematik. Kondisi jari kaki bengkak semacam ini biasanya merupakan pertanda psoriasis arthritis.

5.Hilang nafsu makan

Menurunnya nafsu makan bukanlah sebuah anugerah yang patut disyukuri. Mengalaminya tiba-tiba (disertai dengan turunnya berat badan) merupakan gejala gangguan metabolisme. Bila kondisi ini dibarengi dengan naiknya asam lambung, maka mungkin penyakit asam lambung (GERD) yang kamu derita. Ayo segera periksakan diri ke pakar gastroenterologi.

6.Kulit gatal

Kulit gatal ternyata bisa menandakan diabetes. Namun sebelum periksa, amati dulu area yang gatal-gatal. Jangan-jangan itu disebabkan serangga atau reaksi alergi produk baru/ bahan tertentu saja. Namun bila bukan itu penyebabnya, maka buat janji segera dengan pakar endokrinologi.

7.Sesak ketika berada di dalam ruangan

Pertanyaan pertama: apakah kamu suka membuka jendela di rumah, kendaraan, atau kantor? Jika ya, lanjut ke pertanyaan berikutnya” apakah lebih mudah bagimu untuk bernafas di luar ruangan ketimbang di dalam?

Jika jawabannya juga ya, maka segera tes jantung karena ini mungkin pertanda gagal jantung. Selain itu, tiroid juga harus diperiksakan sebab kondisi tadi pun merupakan ciri-ciri hipotiroidisme. So buruan temui kardiolog atau pakar endokrinologi.

8.Tidak nyaman di luar ruangan

Sebaliknya justru bila kamu merasa kedinginan bahkan ketika musim kemarau sekalipun, maka tiroid juga perlu diperiksa. Tubuh mungkin kurang yodium dan kekurangan ini dapat memicu hipotiroidisme.

9.Mendadak jadi kleptomania

Mendadak mengabaikan hukum dan berharap dapat mencuri barang murah yang sebenarnya mampu kamu beli, kondisi ini ternyata merupakan gejala awal demensia. Sayangnya, hanya sedikit orang yang berani mengakui kalau mereka sebenarnya bermasalah. Oleh karenanya, perhatikan benar-benar keluarga atau teman di sekitarmu, khususnya yang sudah lanjut usia. Bila mereka menunjukkan gelagat tadi, segera bawa ke terapis, pakar saraf, atau psikiater.

10.Perubahan pada kuku

Yang terakhir, jangan anggap lucu jika kuku mendadak berubah bentuk, jadi lebih tebal atau lebar karena ini mengindikasikan gangguan jantung. Selain terapis, ada baiknya kamu juga menemui kardiolog ketika periksa.

So, itu tadi kawan, beberapa gejala sepele yang jangan sekali-kali diabaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *