Saturday , October 24 2020

Inilah 6 Fenomena Alam Unik dan Menakjubkan yang dicatat Sejarah

Alam selalu menyimpan hal yang menarik untuk dibicarakan. Ada banyak fenomena alam yang menakjubkan. Beberapa diantaranya menguntungkan, namun ada pula yang berupa bencana merugikan. Selain itu, tak jarang juga kita menyaksikan fenomena alam yang terbilang aneh, sehingga sulit dijelaskan secara logis. Semua itu terjadi semata-mata sebagai wujud kebesaran Tuhan.

Nah, berikut ini beberapa fenomena alam unik juga menakjubkan yang pernah tercatat dalam sejarah. Dijamin Kamu akan benar-benar terpukau!

 

1. Playa del Amor, Meksiko

Berbeda dari pantai pada umumnya yang memiliki suasana panas dan terik, pantai Playa de Amor justru adem, karena lokasinya yang memang teduh. Tepatnya berada di kepulauan Marieta, Mexico. Yang unik dari pantai ini adalah letaknya yang berada dalam sebuah pulau. Jadi bukan di alam terbuka. Melainkan tersembunyi di bawah permukaan tanah yang menyerupai goa. Masyarakat menyebut pantai ini sebagai “The Hidden Beach”.

Penyebab dari munculnya pantai Playa del Amor belum diketahui pasti. Namun beberapa peneliti mengatakan bahwa pantai itu terbentuk akibat ledakan bom yang terjadi pada tahun 1900’an. Bom tersebut mengenai sebuah pulau sehingga meninggalkan bekas lubang besar di tengahnya. Seiring berjalannya waktu, lubang tersebut terisi oleh air yang bersumber dari samudra disekitarnya. Hingga terbentuklah suatu pantai tersembunyi.

Oiya, untuk mencapai pantai ini Kamu harus melewati terowongan sepanjang 24 meter.Selain bersantai dan menikmati deburan ombak, di pantai ini Kamu juga bisa mencoba berenang loh!

2. Lenticular Clouds, Jepang

Fenomena alam yang gak kalah unik adalah Lenticular Clouds. Yakni suatu peristiwa dimana sebuah awan membentuk lapisan bertingkat-tingkat menyerupai  piring terbang raksasa (UFO). Biasanya fenomena ini kerap terjadi di atas gunung. Pernah ada di puncak gunung Fuji  (jepang), gunung Shasta (California), gunung Ruapehu (New Zealand), gunung Bromo (Indonesia) dan masih banyak lainnya.

Menurut ilmuwan, terbentuknya awan lenticular disebabkan oleh udara lembab yang naik ke atas puncak gunung. Kondisi ini terjadi berkali-kali sehingga pada akhirnya terbentuklah awan berlapis-lapis.

3. The Everlasting Storm, Venezuela

Foto petir yang mengerikan ini bukanlah foto rekayasa dari sebuah film. Melainkan sebuah fenomena alam yang pernah terjadi sungai Catatumbo, kawasan Venezuela. Penyebabnya adalah badai besar yang terjadi bersamaan dengan angin kencang sehingga terciptalah sebuah petir berkekuatan tinggi. Kamu bahkan bisa melihat pola petir yang mengarah langsung dari langit menuju permukaan tanah. Bener-bener seram deh!

Oiya kemunculan petir ini tidak hanya bertahan sedetik atau dua detik. Namun bisa mencapai 10 jam per hari atau sekitar 160 hari dalam setahun. Oleh sebab itu, petir tersebut dikenal sebagai The Everlasting Storm.

4. Waterspouts, Kawasan Eropa

Waterspout merupakan fenomena alam berupa tornado yang terjadi di atas permukaan laut. Peristiwa ini bisa dikatakan unik, namun juga sangat menakutkan. Pasalnya kecepatan tornado waterspouts mencapai sekitar 305 km/jam.  Apabila seseorang atau benda terseret ke dalamnya maka entah apa yang akan terjadi.

Badai ini dianggap berbahaya. Bahkan disebut-sebut sebagai faktor hilangnya pesawat atau kapal yang melewati segitiga bermuda. Menurut catatan sejarah, Waterspouts pernah muncul di kota-kota kawasan Eropa, Antartika, Selandia Baru, serta Indonesia pun juga pernah.

5. Underwater Rivers, Meksiko

Fenomena alam yang satu ini benar-benar akan membuatmu tercengang. Ya, siapa juga yang tidak terkesima dengan adanya sungai di bawah laut? Fenomena alam langka ini terdapat di Cenote Angelita, Meksiko. Masyarakat menyebutnya sebagai Underwater rivers.

Hingga saat ini belum ada ilmuwan yang mampu menjelaskan gamblang penyebab dari fenomena ini. Namun beberapa mengungkapkan bahwa air sungai tersebut adalah aliran hidrogen sulfida yang bercampur dengan air. Entah benar atau tidak. Yang jelas ini merupakan salah satu wujud kebesaran Tuhan. Sebagaimana diungkapkan dalam ayat Al-Quran:

“Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.” (QS Ar Rahman : 19-20)

“Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.” (QS : Al Furqan: 53)

 6. Danau Merah Muda Hillier, Australia

Jika pada umumnya sebuah danau berisi air jernih, tak berwarna atau mungkin agak kebiruan disebabkan terlalu bening. Di Australia justru terdapat danau berwarna pink, loh! Danau ini dikenal sebagai Lake Hillier.

Menurut beberapa penelitian, warna pink itu terbentuk dikarenakan adanya komunitas Alga Dunaliella salina atau bakteri Dechloromonas aromatica di dalam danau. Namun di tahun 2013, seorang ilmuwan justru mengatakan bahwa fenomena tersebut dikarenakan kehadiran mikroba extremophiles.

Pendapat lain juga mengatakan bahwa dulunya di tahun 1900’an, danau Hillier pernah dijadikan tempat penyamakan kulit dengan penggunaan beragam larutan kimia. Sehingga larutan itu mencemari danau dan membentuk warna pink.

So, demikianlah beberapa femonema alam terunik yang pernah terjadi di beberapa negara di dunia. Semoga info ini bisa membuat kita lebih mencintai alam, sebab alam itu indah dan manusia tidak bisa hidup tanpa adanya alam. Setuju?

About Bas