Thursday , October 29 2020

Inilah 5 Terapi Kesehatan Aneh dan Menjijikan di Dunia

Halokawan,

Pastinya setiap orang berharap sehat di sepanjang hidupnya. Namun sayangnya, terkadang penyakit datang tanpa disangka-sangka. Sehingga mau tidak mau, kita pun juga harus berobat untuk menyembuhkannya.

Jika pada umumnya pengobatan dilakukan lewat pengonsumsian pil ataupun metode operasi, ternyata di beberapa negara ada perawatan medis yang terbilang cukup aneh. Bahkan bisa dikatakan menjijikan. Kamu mau tau apa aja? Berikut ulasannya!

 

1. Terapi Belatung

Belatung adalah larva lalat yang menjijikkan. Biasanya belatung berkembang dalam makanan busuk, tempat-tempat kotor, serta mayat manusia. Tentunya dengan melihatnya saja udah bikin geli, ya? Tapi siapa sangka, ternyata belatung juga bisa menyembuhkan penyakit loh!

Di tahun 2004, FDA (Food and Drug Administration) Amerika menyetujui penggunaan belatung sebagai perawatan luka. Terapi ini dikenal sebagai Maggot Debridement Therapy (MDT) atau terapi larva. Menurut penelitian medis, belatung memiliki kemampuan menelan sel kulit mati dan bakteri. Sehingga efektif menyembuhkan luka yang sulit sembuh, seperti borok. Belatung dianggap sebagai desinfektan. Namun begitu, terapi ini tidak cocok digunakan pada luka kering.

2. Terapi Tinja

Mendengar namanya saja, pasti udah bikin mual kan? Faktanya seorang peneliti dari Montefiore Medical Center, New York bernama Dr. Lawrence Brandt mengatakan bahwa terapi tinja ampuh menyembuhkan gangguan pencernaan. Khususnya yang disebabkan oleh infeksi bakteri clostridium difficile.

Untuk prakteknya, pasien tidak perlu menelan tinja tersebut. Melainkan dengan diinfeksikan lewat hidung atau anus. Jenis tinja yang digunakan juga nggak boleh sembarangan. Tetapi mengambil dari bank donor tinja di Australia, dimana tinja-tinja disana sudah melewati uji laboratorium.

Walaupun diklaim sangat efektif dan minim efek samping, nyatanya metode ini banyak ditolak oleh para dokter mengingat tinja adalah sesuatu yang kotor dan bisa saja memicu risiko lainnya.

3. Terapi Premarin (Urine Kuda Hamil)

Premarin adalah obat berbentuk krim yang dimanfaatkan sebagai pengganti hormon estrogen dalam tubuh. Obat ini sering digunakan oleh wanita yang memasuki masa menopause. Menurut penelitian, premarin dapat membantu mencegah vagina kering, osteoporosis dan juga kanker prostat.

Penggunaan premarin di masyarakat masih penuh kontroversial. Pasalnya premarin ini diekstrak dari air kencing (urine) kuda yang sedang hamil. Walaupun FDA Amerika sudah memberikan izin pemasaran, tapi tetap saja beberapa ilmuwan mengatakan pemakaian premarin dapat memicu efek samping seperti pembekuan darah, serangan jantung, kanker payudara hingga stroke. Selain itu, dalam sudut pandang agama, premarin ini juga tergolong haram karena berasal dari barang najis.

4. Terapi Smoothie Katak

Katak termasuk binatang yang menjijikkan. Biasanya hidup di got dan tempat-tempat kotor lainnya. Tapi siapa sangka, ternyata masyarakat Peru justru memanfaatkan katak sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit bisul dan infertilitas (kemandulan).

Untuk cara penyajiannya, pertama mereka menyiapkan satu ekor katak. Kemudian katak tersebut dibikin mati, dipotong-potong, lalu dihaluskan dan dicampur buah-buahan sehingga menjadi hidangan smoothie. Hingga saat ini tidak ada pernyataan ilmiah yang mendukung eksperimen ‘aneh’ smoothie katak ini.

5. Terapi Gigitan Ikan Garra Rufa

Terapi gigitan ikan ini terbilang sudah cukup populer. Pada awalnya bermula dari kawasan Asia dan Turki. Kemudian menyebar hingga ke seluruh negara, termasuk Indonesia.

Terapi ini dipercaya dapat mengobati beragam penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. Untuk metode prakteknya yakni dengan memasukkan kulit yang bermasalah ke dalam kolam yang berisi ikan Garra Rufa. Nantinya ikan-ikan tersebut akan memakan sel-sel kulit mati dengan cara menghisapnya. Namun lagi-lagi, belum ada penelitian ilmiah yang memastikan pengobatan tersebut 100% aman.

So itulah beberapa perawatan medis paling  menjijikkan yang pernah ada. Hmm, gimana menurutmu, Guys? Cukup aneh? Oiya, sebaiknya jangan ditiru Guys. Sebab terapi-terapi diatas tidak jelas keamanannya dan lebih tinggi risikonya. So, carilah perawatan medis yang umum aja ya.