22 Jenis Kaos Kaki Yang Anda Harus Tahu

Jika Anda masih belum tahu jenis jenis kaos kaki, yuk simak apa saja 22 jenis kaos kaki dibawah ini yang Anda harus tahu:

A. 11 jenis Kaos Kaki Berdasarkan Kegunaannya

1. Athletic Socks

kaos kaki untuk atleti pria
kaos kaki atletik pria (motorsportsuperstore.com)

Athletic socks atau kaos kaki khusus untuk olahraga ini memiliki ciri khas pada ketebalan dan desainnya. Desain kaos kaki yang satu ini membuat para pemakainya merasa nyaman meski memiliki segudang aktivitas.

Bahan yang digunakan untuk membuat athletic socks juga memiliki daya serap yang sangat baik. Dengan daya serap yang baik ini, tentu kaki Anda akan terhindar dari luka lecet.

2. Casual Socks

kaos kaki jenis casual
kaos kaki casual (zensah.com)

Kaos kaki jenis casual socks ini sudah sangat sering Anda temui. Jenis ini memang dikhususkan untuk kegiatan sehari-hari. Bahan yang digunakan pun relatif lebih ringan dari kaos kaki lainnya.

Namun karena bahannya yang tipis biasanya kaki Anda yang berkeringat mudah mengalami luka akibat lecet.

3. Battery-Powered Heated Socks

kaos kaki jenis Battery Powered Heated Socks
Battery Powered Heated Socks (aliexpress.com)

Battery-Powered heated socks merupakan jenis kaos kaki yang lebih cocok dikenakan saat cuaca dingin. Bahannya yang tebal dilengkapi dengan baterai dan alat khusus yang bisa menghangatkan kaki Anda.

Tapi, kaos kaki yang tebal ini tidak cocok untuk digunakan di luar karena Battery-Powered heated socks tidak cukup baik dalam menyerap keringat.

Namun jika Anda gunakan Battery-Powered heated socks sambil duduk bersantai dan menonton televisi saat musim dingin tentu membuat Anda nyaman dan enggan beranjak dari kursi.

4. Hiking Socks

kaos kaki jenis Hiking Socks
kaos kaki Hiking Socks (thewirecutter.com)

Jika Anda termasuk orang yang senang berjalan dan mendaki bukit sebaiknya segera miliki jenis kaos kaki yang satu ini. Kaos kaki hiking socks ini memberikan kenyamanan bagi pemakainya.

Berbeda dengan kaus kaki yang lain, hiking socks ini memiliki tambahan padding di tumit, dan di telapak kaki.

5. Mountaineering Socks

Kaos Kaki Jenis Mountaineering Socks
Kaos Kaki Mountaineering Socks (rockrun.com)

Berbeda dengan Battery-Powered heated socks yang hanya nyaman digunakan di indoor. Mountaineering socks justru dikhususkan untuk Anda yang memiliki kegiatan outdoor.

Kaos kaki ini merupakan jenis kaos kaki outdoor yang paling tebal dengan tambahan padding di bagian tumit dan juga telapak kaki.

Anda akan merasa lebih nyaman jika memadukannya dengan sepatu boots khusus untuk mendaki dan melewati medan yang cukup terjal meski dengan cuaca yang ekstrim.

6. Running Socks

Kaos Kaki Jenis Running Socks
Kaos Kaki Running Socks (shape.com)

Running socks atau kaos kaki yang dikhususkan untuk para pelari ini memiliki tinggi sebatas mata kaki. Ketebalannya pun sangat beragam.

Tapi bagi para pelari, biasanya lebih menyukai running socks dengan bahan yang lebih tipis agar lebih pas dan lebih nyaman saat dipadukan dengan sepatu olahraga kesayangan.

7. Ski Socks

Kaos Kaki Jenis Ski Socks
Kaos Kaki Ski Socks (trekwear.co.uk)

Ski socks adalah kaos kaki untuk para pemain ski. Dengan menggunakan kaos kaki jenis ini tulang kering dan telapak kaki Anda akan lebih aman karena di bagian-bagian tertentu ditambahkan bantalan dengan ketebalan yang cukup tinggi.

Namun meski tebal, kaos kaki ini ternyata tidak memberikan rasa hangat pada kaki saat mengenakannya.

8. Slipper Socks

Kaos Kaki Jenis Slipper Socks
Kaos Kaki Slipper Socks (kohls.com)

Slipper socks adalah kaos kaki yang dirancang untuk digunakan seperti layaknya sepasang sandal. Anda yang menggunakan slipper socks ini tidak perlu khawatir akan terpeleset karena di bagian bawah kaos kaki ini sudah dilengkapi dengan karet.

Desainnya juga sangat bervariasi tentunya membuat Anda nyaman dan percaya diri saat mengenakannya.

9. Toe Socks

Kaos Kaki Jenis Toe Socks
Kaos Kaki Toe Socks (indiamart.com)

Jika biasanya kaos kaki dipakai dengan jari-jari menjadi satu tanpa sekat, berbeda dengan kaos kaki jenis toe socks.

Kaos kaki jenis ini membagi setiap jari kaki menjadi satu-satu dan terpisah antara satu dengan yang lain sama  seperti sarung tangan.

Kaus kaki ini sangat sesuai digunakan saat musim dingin dipadukan dengan sandal atau sepatu.

10. Walking Socks

Kaos Kaki jenis Walking Socks
Kaos Kaki Walking Socks (amazon.com)

Walking socks dan running socks memiliki banyak perbedaan. Meski menempuh jarak yang sama, walking socks hanya digunakan untuk Anda yang lebih senang berjalan daripada berlari.

Sama-sama memiliki bantalan yang lebih tebal namun kualitas daya serapnya lebih bagus daripada running socks. Sehingga walking socks akan melindungi kaki Anda dari luka lecet akibat lembab pada sepatu.

11. Kaos Kaki Wudhu

Jenis kaos kaki wudu (wudhu)
Jenis kaos kaki wudu (lazada.co.id)

Kaos kaki wudhu (wudu) di disain untuk Anda yang akan menjalankan ibadah Sholat. Dengan memakai kaos kaki wudhu maka Anda tidak harus melepas kaos kaki namun Anda hanya menarik kaos kaki wudhu tersebut ke atas karena dibagian ujung kaki wudu ada lobangnya, tidak seperti kaus kaki biasa yang di ujung kakinya buntu. Dan jika sudah selesai wudhu, maka anda bisa menurunkan lagi kaos kaki seperti biasa, lebih praktis bukan.

Itulah tadi 11 Jenis Kaos Kaki  Berdasarkan Kegunaannya yang bisa Anda jadikan referensi dalam memadukan kaos kaki dengan kebutuhan.

 

Selain jenis kaos kaki berdasarkan Kegunaannya di bawah ini ada beberapa jenis kaos kaki lainnya:

B. 6 jenis kaos kaki Berdasarkan panjang dan pendek

1. Cover Socks (Kaos Kaki Pelindung)

cover soks jenis kaos kaki
cover soks (global.rakuten.com)

Anda tentu pernah melihat atau bahkan Anda juga pernah menggunakan kaos kaki yang sangat pendek sehingga hanya bisa untuk menutupi sedikit dari bagian kaki Anda.

Kaos kaki jenis cover socks memiliki tinggi hanya sebatas di bawah mata kaki. Sehingga saat Anda menggunakannya, kaus kaki jenis ini hampir tidak bisa terlihat.

Jenis cover sock ini bisa digunakan sebagai pelindung kaki dan juga hiasan dengan memadu padankannya bersama sepatu atau sandal yang Anda kenakan.

2. Sneaker Socks (Kaos Kaki Sneaker)

sneaker socks jenis kaos kaki
sneaker socks (amazon.co.uk)

Mendengar namanya saja Anda pasti sudah tahu jenis kaus kaki yang mini ini umumnya dipadankan dengan sepatu model apa.

Sepatu Sneaker! Betul sekali. Ukurannya yang mini dengan tinggi sebatas mata kaki ini tentu sangat nyaman jika dikenakan saat memakai sepatu Sneaker.

Ini sangat cocok untuk Anda para ladies yang ingin mencoba berpenampilan ala-ala tomboy, bagi Anda para pria yang menggunakan kaos kaki jenis ini tentu akan menambah tingkat kepercayaan diri Anda.

3. Short Socks (Kaos Kaki Pendek)

jenis kaos kaki Short Socks
Short Socks (beterhulp.eu)

Kaos kaki jenis short socks ini tentu berbeda dengan dua kaos kaki sebelumnya, meski masih tergolong pendek tapi kaos kaki jenis ini memiliki tinggi di atas mata kaki.

Short sock merupakan salah satu jenis kaos kaki yang paling sering Anda temui di pasaran. Anda bisa menggunakannya saat ingin bergaya tomboy maupun feminin.

4. Crew Socks (Kaos Kaki Pegawai)

jenis kaos kaki crew socks
crew socks (tractorsupply.com)

Kaos kaki jenis crew socks ini memiliki tinggi sebetis atau lebih pendek. Ukuran kaos kaki jenis ini sangat cocok untuk para pegawai dengan penampilan resmi. Terutama bagi Anda para pegawai yang mengenakan rok saat bekerja.

Selain melindungi kaki Anda, ternyata jenis kaus kaki crew sock ini bisa membuat penampilan Anda semakin keren dan berwibawa.

Anda mungkin masih asing dengan namanya, tapi ternyata jenis kaus kaki yang satu ini sudah sangat banyak di pasaran dan bisa Anda temui di toko-toko yang menyediakan kaos kaki.

5. Hi Socks (Kaos Kaki Tinggi)

jenis kaos kaki hi socks
hi socks (spreepicky.com)

Kaos kaki jenis ini memiliki ukuran yang cukup panjang. Tingginya di atas lutut. Sangat elegant saat dipakai.

Sangat cocok untuk Anda yang sering mengenakan rok mini. Menggunakan kaos kaki jenis ini selain melindungi kaki juga membuat Anda terlihat lebih tinggi seakan memiliki kaki yang jenjang.

6. Knee Hi Socks (Kaos Kaki Setinggi Lutut)

jenis kaos kaki knee high socks
knee high socks (partycity.com)

Kaos kaki jenis Knee Hi Socks ini memiliki tinggi selutut bahkan ada yang di atas lutut. Kaus kaki yang sangat tinggi ini tentu sangat jarang Anda temui di Negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan banyak lagi. Tapi tidak menutup kemungkinan masih ada yang memakainya ya.

Kaos kaki jenis ini cocok digunakan di Negara yang beriklim dingin seperti Eropa. Jika Anda ingin mencobanya, padankan dengan rok mini agar penampilan semakin kece.

 

Sekarang kita akan lanjutkan dengan jenis jenis kaos kaki lainya:

C. 5 Jenis Jenis Kaos Kaki Berdasarkan Ukuran Kaki Umur Pemakainya

1. Kaos Kaki Anak Bayi

Jenis kaos kaki ini untuk anak bayi umur 0 tahun s/d 2 tahun:

  • Anak Bayi Umur 0 s/d 12 Bulan: 8-10 cm (panjang telapak kaki).
  • Anak Bayi Umur 1 s/d 2 tahun: 10-12 cm.

2. Kaos Kaki Anak Balita

Jenis kaos kaki ini untuk anak balita umur 2 tahun s/d 4 tahun:

  • Anak balita umur 2 s/d 3 tahun: 13-14 cm.
  • Anak balita umur 3 s/d 4 tahun: 15-16 cm.

3. Kaos Kaki Anak Kecil

Jenis kaos kaki ini untuk anak kecil umur 5 tahun s/d 10 tahun:

  • Anak kecil umur 5 s/d 6 tahun: 17-18 cm.
  • Anak kecil umur 7 s/d 8 tahun: 19-20 cm.
  • Anak kecil umur 9 s/d 10 tahun: 21-22 cm.

4. Kaos Kaki Anak Remaja

  • Anak Remaja umur 11 s/d 17 tahun: 23-24 cm.

5. Kaos Kaki Orang Dewasa

  • Ukuran Orang Dewasa 17 tahun keatas: 25-28 cm.

 

Sekarang Anda sudah tahu 22 jenis kaos kaki berdasarkan penggunaannya, panjang pendeknya dan ukuran panjang telapak kaki umur pemakainya, jadi Anda enggak bingung lagi kan dan Jangan Salah pilih.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *