Thursday , October 22 2020

Ini Lho Barang yang Harus Dibawa Saat Study Tour

Study tour merupakan kegiatan wisata yang diadakan oleh sekolah atau kampus untuk menambah pengetahuan siswa tentang hal-hal di luar kelas. Misalnya saja sejarah, budaya atau lainnya. Dengan begitu siswa nggak cuma dapat teori saja, tapi juga ilmu yang lebih nyata.

Nah, yang perlu diperhatikan saat perjalanan study tour adalah perlengkapan yang hendak dibawa. Usahakan jangan sampai meninggalkan benda-benda penting, sebab waktu kegiatan study tour cukup lama yakni sekitar 1-2 hari. Maka itu, Kamu nggak mungkin berangkat tanpa persiapan.

Berikut ini beberapa rekomendasi barang yang wajib dibawa saat study tour!

1. Uang

Uang adalah benda yang sangat penting untuk dibawa kemanapun Kamu pergi, termasuk study tour. Fungsinya yakni untuk membeli sesuatu. Misalnya beli makan, jajanan atau mungkin membeli souvenir.

Namun demikian, Kamu juga nggak perlu membawa uang berlebihan. Bisa-bisa Kamu jadi boros atau malah memancing tindak kejahatan. Cukup seperlunya aja, gengs.

2. Handphone dan Chargernya

Benda kedua yang harus dibawa saat study tour adalah handphone dan chargernya. Kedua benda ini juga nggak kalah penting dari uang. Sebab tanpa handphone maka Kamu nggak bisa komunikasi. Selain itu, handphone juga bisa Kamu gunain untuk mencari hiburan (misal main game atau sosial media) di saat waktu luang dalam bus. Serta untuk foto-foto juga.

Oiya, bila Kamu punya powerbank, maka tak ada salahnya Kamu membawanya juga. Dengan begitu, Kamu tetap bisa mengisi daya handphone disaat tidak ada sambungan arus listrik.

3. Perlengkapan Alat Tulis

Karena study tour bukan sekedar ajang rekreasi, tapi juga untuk pelajaran. Maka Kamu perlu membawa seperangkat alat tulis. Yakni meliputi buku tulis, pulpen, stipo, dan lainnya. Alat-alat tersebut diperlukan untuk mencatat hal-hal penting yang diberikan selama pembelajaran.

4. Obat-Obatan

Kalau Kamu punya penyakit tertentu maka sudah pasti Kamu harus membawa bekal obat-obatan untuk mengatasi sakitmu tersebut. Namun bila pun tidak, Kamu tetap wajib bawa obat-obatan dan alat P3K untuk berjaga-jaga bila badanmu melemah ketika perjalanan.

5. Pakaian Cadangan

Selanjutnya Kamu juga perlu membawa pakaian cadangan saat study tour. Ini diperlukan bila perjalananmu berlangsung lebih dari 1 hari. Tentunya Kamu butuh mandi agar badan jadi segar kembali, kan? Nah, maka itu jangan lupa membawa pakaian ganti.

6. Peralatan Mandi Secukupnya

Biasanya cewek nggak betah dengan kondisi tubuh gerah dan berkeringat. Maka itu, nggak heran jika cewek suka mandi ketika bepergian. Nah, bila Kamu juga berniat mandi saat study tour maka bawalah perlengkapan mandi seperlunya. Misalnya sabun badan, facial wash, pasta gigi, sikat gigi dan handuk.

7. Perlengkapan Ibadah

Kemanapun Kamu pergi jangan pernah melupakan perlengkapan ibadah, yakni mukena (untuk cewek) dan sarung (untuk cowok). Dengan begitu, nantinya bila Kamu menemukan masjid di tengah perjalanan, Kamu bisa sholat tanpa harus mengantri.

Ingat ya, jangan sholatmu 5 kali sehari meskipun Kamu sedang berpergian. Jika memang sulit untuk sholat tepat waktu (misalnya susah menemukan mushola atau mesjid), Kamu bisa mengqoshornya. Silahkan mempelajarinya dari buku agama.

8. Cemilan

Biar wisata kamu makin menyenangkan dan nggak boring, jangan lupa membawa cemilan di dalam tas. Kamu bisa membeli makanan ringan di minimarket dan jangan lupa minumannya. Dengan begitu Kamu juga nggak akan kelaparan.

Jadi itulah beberapa barang yang harus dibawa saat study tour. Semoga bermanfaat dan membantu, gengs!

About Bas