Saturday , October 31 2020

Ini Dia 8 Makanan Penghilang Stres

Para kaum urban di ibukota sudah pasti sangat rentan berhadapan dengan stres. Mulai dari perjalanan menuju kantor yang macet hingga tumpukan deadline di kantor. Untuk menghadapi stres, tentunya Anda memerlukan beberapa makanan yang mampu menghilangkan stres. Berikut adalah 8 makanan penghilang stress yang layak Anda coba.

1. Jus Buah

Buah terkenal akan serat, vitamin dan nutrisi lainnya, bahkan buah juga mampu mengurangi rasa penat, stres, bahkan rasa kesal Anda. Buah juga dikenal memiliki kandungan gula alami yang bisa mengurangi rasa depresi Anda. Maka cobalah mengkonsumsi buah jika Anda merasa depresi dengan pekerjaan di kantor, maka buah akan mampu membuat otak Anda kembali segar dan fresh.

2. Gandum

Gandum juga dapat menstimulasi produksi serotonin yang mampu menghilangkan stres dan membuat otak lebih tenang. Gandum juga dikenal kaya akan vitamin dan gizi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Gandum juga cocok bagi Anda yang sedang melakukan diet dan menurunkan berat badan. Anda pun tidak perlu khawatir menjadi gemuk.

3. Ikan

Ikan dikenal memiliki kandungan omega 3 yang membantu pertumbuhan dan perkembangan otak. Faktanya Omega 3 itu mampu membuat otak Anda menjadi lebih tenang. Oleh sebab itu, beberapa pakar kesehatan menganjurkan untuk sarapan dengan mengkonsumsi ikan agar otak Anda siap menghadapi berbagai macam tekanan.

4. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran hijau dengan kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat tersebut memiliki fungsi untuk menstabilkan suasana hati. Vitamin dan mineral seperti asam folat dan vitamin B dapat membantu menstabilkan suasana hati. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam asparagus mampu membuat serotonin mempengaruhi suasana hati dengan cara positif.

5. Es Krim

Es krim dikenal mampu sebagai stress relieve yang paling manjur. Hal tersebut terbukti jika dinginnya es krim mampu mendingin kepala Anda saat panas yang akibat terlalu banyak pikiran. Para peneliti University of California juga mengamini jika susu dan krim yang terkandung mampu menghasilkan banyak asam amino tryptophan dimana memiliki fungsi untuk menenangkan otak kita. Namun jangan lupa mengabaikan kadar lemak untuk tubuh, untuk hal ini Anda disarankan untuk mengkonsumsi es krim dengan jenis low fat.

6. Kacang Almond

Ahli Gizi Carolyn Chambers Clark dalam Holistic Assertiveness Skill for Nurses menerangkan bahwa almon adalah kacang dengan kandungan yang menyehatkan.Selain memiliki kandungan vitamin B almond juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin E yang mampu melawan stres sekaligus radikal bebas di tubuh Anda.

7. Keju

Keju adalah jenis makanan yang memiliki kandungan protein tinggi dengan sedikit kadar gula. Namun keju mampu membuat Anda kenyang dalam jangka waktu yang lama. Supaya keju berperan maksimal cobalah ditambah dengan konsumsi vitamin C. Hal ini disebabkan Vitamin C mampu melepaskan radikal bebas karena adanya produksi antioksidan.

8. Coklat

Menurut peneliti ACS’ Journal of Proteome Research, mengkonsumsi 1 ons dark chocolate sehari selama 2 minggu dapat meredakan stres Anda. Hal ini karena kandungan polyphenol yang terdapat di dalamnya. Karenanya, jika weekend ini kadar stres Anda meningkat, sepertinya mengonsumsi lelehan dark chocolate dengan buah strawberry bisa jadi solusi.