Ini Dia 5 Manfaat Stocking Untuk Kesehatan Anda

Dahulu penggunaan stocking berfungsi sebagai pelindung kaki dari hawa dingin. Tetapi semakin berkembangnya zaman fungsi stoking semakin berkembang pula. Saat ini fungsi stocking selain menambah kepercayaan diri juga mempercantik tampilan anda.

Namun, tahukah anda selain menambah menarik untuk tampilan ternyata ada manfaat lainnya? Iya, penggunaan stocking ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bentuk stocking yang ketat ternyata dapat menekan area kaki dan memperlancar aliran darah. Lalu, pengaruh positif apa saja yang dirasakan tubuh ketika mengenakan stocking? Berikut 5 manfaat stoking untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

1. Stocking Bisa Mencegah Dan Mengobati Varises

Buat Anda yang masih muda mungkin belum menunjukkan gejala penyakit yang satu ini. Varises adalah pembengkakan pembuluh darah vena yang disebabkan oleh tekanan adanya penumpukan darah. Varises memang biasanya terjadi pada seseorang yang lanjut usia tetapi lebih baik mencegah dari pada mengobati, bukan.

Berdasarkan penelitian, stocking ternyata bisa mengurangi dampak varises secara signifikan. penggunaannya pun di sarankan teratur. Hal ini terjadi karena stocking yang menekan bagian kaki akan mengecilkan pembuluh darah.

Tujuan stocking menekan pembuluh darah adalah supaya mengurangi resiko terkena varises maupun mengobati varises. Tentu tingkat penyembuhan penderita varises akan berbeda. Tergantung tingkat keparahan penderita.

Jadi jika Anda menderita varises tidak ada salahnya mencoba terapi menggunakan stocking. Dari pada mengkonsumsi obat dengan bahan dasar kimia lebih baik terapi dengan stoking. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga lebih murah dan anda juga bisa sekaligus tampil bergaya. Bagaimana, sangat menarik, bukan? Ibarat pepatah sambil menyelam sembari minum pula.

2. Stocking Bisa Menyembuhkan Kaki Bengkak

Kaki bengkak disebabkan oleh banyak faktor. Kaki bengkak biasanya terjadi karena ada yang salah pada urat, otot, ataupun aliran darah pada kaki. Yang lebih parah, kaki yang bengkak bisa menjadi indikator penyakit tertentu, misalnya saja diabetes.

Selain mencegah dan mengobati varises stocking juga dipercaya ampuh menyembuhkan kaki yang bengkak. Tetapi, alangkah baiknya Anda konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Sehingga akan terasa tepat memilih terapi stocking jika sudah mengetahui penyebab bengkak pada kaki.

Sebenarnya, saat ini stocking untuk kesehatan di desain sendiri untuk keperluan pengobatan. Akan tetapi jika Anda belum mempunyai stocking khusus Anda bisa menggunakan stocking yang biasanya. Fungsi keduanya tidak jauh berbeda karena sama-sama memberikan efek balutan yang kencang sehingga baik untuk melancarkan peredaran darah.

3. Stocking Bisa Mengatasi Gangguan Tidur

Seseorang yang menderita insomnia dipastikan akan sangat terganggu pada aktivitas pagi harinya. Apalagi penderita OSA (obstructive sleep apnoea) dimana gejala yang dirasa adalah sering terbangun pada malam hari dan susah tidur kembali. Tentu hal ini sangat merepotkan dan harus segera diatasi.

Jika Anda menderita gangguan tidur sebaiknya cobalah terapi stocking. Caranya mudah Anda tinggal mengenakan stocking ketika tidur selama satu pekan lamanya. Menurut penelitian cara ini sangat ampuh membuat tidur anda nyenyak. Hal ini karena stocking mencegah trombosis vena sehingga aliran darah kembali lancer dan kualitas istirahat akan membaik.

4. Stocking Bisa Mengatasi Spider Veins

Hampir sama dengan varises, spider veins menunjukkan gejala guratan merah dan biru yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Tetapi spider veins tidak separah varises bisa diobati menggunakan terapi. Banyak terapi yang bisa dilakukan jika anda mengalami spider veins.

Beberapa terapi ketika rasa sakit menyerang adalah sandarkan kaki ke dinding dan jangan silangkan kaki. Selain itu anda juga bisa menggunakan terapi stocking yang terbukti aman dan ampuh. Seperti halnya untuk varises, stocking juga mampu menyembuhkan spider veins pada kaki Anda.

5. Sindrom Kelas Ekonomi

Sindrom ini terjadi akibat terbatasnya ruang gerak kaki saat melakukan perjalanan jauh. Misalnya ketika di pesawat, kereta api, atau bus. Nah, untuk mengatasi hal itu anda bisa mengenakan stocking agar dapat menekan bagian kaki sehingga peredaran darah di kaki lancar. Dengan kondisi yang prima, tentu anda lebih bisa menikmati perjalanan, bukan?

Itulah 5 manfaat stocking untuk kesehatan yang bisa anda rasakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu jika anda mengalami beberapa kondisi di atas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *