Thursday , October 22 2020

Ini Dia 10 Titik Pijat Akupresur Saat Masuk Angin

Selain dengan minum obat atau ramuan herbal, kita juga bisa menggunakan teknik akupresur untuk redakan gejala masuk angin. Tak hanya bebas efek samping, metode ini juga gratis karena bisa dilakukan sendiri di rumah.

Penasaran dengan titik mana saja yang harus dipijat? Berikut penjabarannya.

1. Drilling Bamboo Point

Lokasi ini terletak di rongga mata, titik di mana alis bertemu dengan batang hidung. Tekan kedua titik (dekat mata kanan dan kiri) sekaligus selama 3-4 menit untuk redakan gejala demam, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Selain itu, memijat titik ini juga mampu meredakan ketegangan mata akibat mata sakit atau lelah.

2. Facial Beauty Point

Untuk gejala hidung tersumbat, tekanan di titik ‘Facial Beauty” merupakan metode paling efektif untuk melegakannya. Titik ini terletak di dasar tulang pipi dan posisinya paralel dengan pupil mata. Menekan titik tersebut dengan kekuatan sedang tak hanya meredakan sakit kepala, tapi juga sensasi pedih di mata dan kesan ‘berat’ pada kelopaknya.

3. Hand Valley Point

Perhatian! Pemijatan titik ini tidak boleh untuk ibu hamil karena stimulasinya mampu memicu kontraksi prematur rahim. Titik yang juga mempunyai istilah ‘Large Intestine 4 Point’ tersebut lokasinya berada di punggung tangan, tepatnya antara ibu jari dan telunjuk.

Salah satu keuntungan memijat rutin titik akupresur ini adalah untuk menguatkan sistem imun. Lebih dari itu, menekan-nekan titik tersebut juga bisa mengeluarkan angin, meredakan sakit kepala, konstipasi, serta gejala flu.

4. Crooked Pond Point

‘Large Intestine 11” merupakan istilah lain dari titik akupresur ‘Crooked Pond’. Tak hanya efektif atasi gejala masuk angin, pijatan di titik ini juga baik untuk gejala flu. Letaknya dekat siku, tepatnya di bagian luar sendi.

Saat kurang enak badan, tekan titik tersebut dengan ibu jari. Ulangi setiap hari agar efeknya maksimal. Karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka memijatnya setiap hari dapat mencegah kamu sakit. Tak hanya itu, gejala demam, konstipasi, serta sakit siku juga menjauh karenanya.

5. Nostril Points

Disebut juga dengan istilah ‘Lower Intestine 20’ atau ‘Welcoming Perfume’, titik yang posisinya tepat di bagian luar lubang hidung ini mampu redakan hidung tersumbat. Memijatnya rutin tak hanya membuka saluran pernafasan dan sinus, melainkan juga memperbaiki kapasitas fungsi paru-paru dan peradangan di area wajah (seperti bengkak atau lumpuh).

6. Bearing Support Point

Lokasi pijatan titik akupresur tak hanya sebatas tangan ataupun wajah, melainkan punggung juga. Titik lain yang juga baik untuk atasi gejala masuk angin dan mendongkrak sistem kekebalan tubuh adalah Bearing Support. Lokasinya tepat di punggung atas, di antara tulang belikat dan tulang punggung. Untuk memijatnya, kamu mungkin perlu bantuan orang lain. Alternatif lain adalah dengan berbaring di atas 2 buah bola tenis yang ditempatkan pada 2 titik tersebut.

7. Elegant Mansion Point

Berkenaan dengan masalah pernafasan, Elegant Mansion Point adalah solusi terbaiknya. Lokasinya di cekungan antara tulang selangka dan dada. Cukup tekan ringan saja bila ingin meredakan batuk, sakit tenggorokan, dan sesak di dada.

8. Third Eye Point

Nah kalau titik yang letaknya di dahi (tepat di antara kedua alis) ini sangat populer dalam ilmu pengobatan akupuntur China. Menekannya dengan kekuatan sedang menggunakan jempol terbukti efektif menurunkan demam, melegakan hidung tersumbat, serta sakit kepala.

9. Gates of Consciousness Point

Memijat titik yang letaknya di belakang kepala, tepatnya dasar tengkorak, mampu mengatasi sakit kepala, arthritis, sakit leher, serta mudah tersinggung.

10. Wind Mansion Point

Nah kalau yang terakhir ini letaknya tepat di tengah-tengah belakang kepala (dasar tengkorak). Manfaat memijat Wind Mansion point adalah mengatasi sakit kepala, mata merah, stres, serta leher kaku.

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *