Saturday , October 31 2020

Ingin Merasa Baikan Dalam 15 Menit?! Yuk Coba 6 Gerakan Yoga Saat Masuk Angin Ini

Yoga memang baik untuk menghilangkan stres, khususnya saat sakit. Walau begitu, tak berarti semua gerakan yoga boleh kamu lakukan ketika masuk angin. Pada kondisi lemah seperti ini, kamu diimbau meninggalkan sejenak beragam pose menantang.

Sebelum mulai, bungkus dahi lebih dulu dengan bandage lebar (kurang lebih 10cm) guna mengurangi tekanan di kepala. Pastikan itu tak terlalu ketat. Bandage inilah yang akan membantu melancarkan jalan pernafasan selama kamu mempraktekkan pose yoga asana yang sudah dimodifikasi (dibuat lebih gampang) berikut.

1. Uttanasana (Standing Forward Bend)

Gerakan yoga ini bisa menyalurkan energi ke kepala dan sistem pernafasan, serta membantu membersihkan sinus. Pertama-tama, berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu sambil menghadap kursi. Sekarang, gunakan dudukan kursi (boleh dialasi selimut) sebagai sanggahan tangan. Tetaplah dalam posisi membungkuk ini selama 2-5 menit saja.

2. Salamba Setu Bandhasana (Supported Bridge Pose)

Nah kalau pose yang satu ini bisa dapat membuka dada dan meningkatkan sirkulasi ke tubuh bagian atas. Sebelum melakukannya, beberkan 2-4 selimut di lantai sehingga panjangnya bisa menyanggah seluruh tubuhmu. Duduklah di tengah-tengahnya kemudian berbaringlah terlentang. Dorong tubuh ke arah kepala hingga posisi bahu agak sedikit menyentuh lantai.

Rentangkan lengan ke samping dengan posisi telapak menghadap ke atas. Regangkan kaki, atau tekuk lutut sehingga telapak menginjak lantai. Rilekskan dalam pose ini sedikitnya 5 menit.

3. Viparita Karani (Legs Up the Wall Pose)

Viparita Karani efektif untuk menyalurkan energi ke selangkangan dan membuka area dada sehingga pernafasan lebih lancar. Sanggah pinggul lebih dulu dengan guling kecil yang posisinya 10-15 cm dari dinding, kemudian angkat kaki sehingga bersandar pada dinding. Rilekskan tulang pantat di celah antara guling dengan dinding, dan bentangkan lengan ke samping. Jika hamstring terasa terlalu tertarik, bawa kaki agak turun, atau pindahkan gulingnya sedikit lebih jauh dari dinding. Tahan posisi selama 5 menit.

4. Salamba Baddha Konasana (Supported Bound Angle Pose)

Pose yoga ini dapat membuka dada, perut, dan selangkangan, serta merilekskan sistem saraf. Mula-mula duduklah di atas lantai/ ranjang, tekuk lutut sehingga posisinya dekat dada. Selanjutnya, pertemukan kedua telapak kaki, sehingga kedua lutut otomatis mengarah ke luar. Topang area paha luar dengan 2 guling (sesuaikan tingginya dengan kenyamananmu). Posisikan lengan di samping tubuh dan lepaskan segala ketegangan. Rileks dalam pose ini sedikitnya 5 menit. Jika posisi duduk terlalu melelahkan, berbaringlah.

5. Modified Jathara Parivartanasana (Reclining Twist)

Tubuh yang kondisinya tegang akibat masuk angin dapat dilepaskan melalui posisi ini. Pertama-tama, berbaringlah terlentang, lalu sambil menghembuskan nafas tekuk kedua lutut dan tarik paha ke arah tubuh. Hembuskan nafas lagi lalu arahkan kedua lutut ke kanan – ke arah lantai (jika itu tak sampai menyentuh lantai, sanggah dengan gulungan handuk kecil). Dalam posisi demikian, arahkan tubuh ke kiri.

Istirahatkan tangan kanan di bagian luar lutut kiri dan rentangkan lengan kiri ke samping sejajar dengan bahu. Pandang ke atas atau tutup mata, rilekslah selama 3 menit. Ulangi untuk sisi satunya.

6. Upavistha Konasana (Widespread Forward Bend)

Gerakan asana ketika masuk angin yang terakhir ini dapat menenangkan organ dalam sekaligus menenangkan pikiran. Duduklah di lantai, di atas selimut, luruskan kaki ke depan tubuh lalu buka selebar mungkin (pastikan kamu tetap merasa nyaman ketika melakukannya). Sekarang istirahatkan tubuh bagian atas di atas bantal atau dudukan kursi kecil yang dilapisi selimut. Kamu boleh memeluk kursi atau bantalnya, tahan posisi selama 3-5 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *