Tuesday , October 27 2020

Ingin Desain Rumah Bergaya Industrial? Ini Caranya

Belakangan ini, rumah bergaya industrial yang seringkali diaplikasikan pada gerai kopi, dan hotel sedang populer. Seperti namanya, gaya industrial ini sebenarnya mengubah sebuah ruangan menjadi seperti pabrik. Di cafe-cafe yang sering kamu kunjungi misalnya, dimana di atapnya terdapat pipa-pipa yang diekspos. Begitu juga dengan material-material yang sengaja ditonjolkan. Ruangan pun akan terkesan tegas dan maskulin. Kabar baiknya, gaya ini juga bisa diaplikasikan untuk rumahmu. Nah, jika kamu menginginkan desain rumah unik seperti ini, simak paparan berikut ini!

1. Biarkan dindingmu terkesan unfinished

Jika ingin bergaya industrial, kamu tak perlu mengecat dinding rumahmu. Ini akan memberikan kesan unfinished yang erat kaitannya dengan gaya industrial. Biarkan raw material dari dindingmu itu terekspos. Misalnya saja membiarkan batu-bata merah itu terlihat, dinding yang disemen tanpa dicat, atau menggunakan dinding beton ekspos.

Kamu juga bisa mengombinasikannya. jika kamu ingin beberapa bagian dindingmu itu berwarna. Lalu menyisakan satu atau beberapa sisi dinding dibiarkan unfinished. Agar dinding seperti ini tidak berjamur, jangan lupa untuk menambah coating.

2. Begitu juga lantai, biarkan ia tak berkeramik atau berparket

Selain tidak bercat, sebagai penunjang, lantai juga dibiarkan tanpa keramik atau parket. Gunakanlah acian semen ekspos untuk menampakkan kesan unfinished. Namun jangan lupa untuk melapisinya dengan agar tak lembap dan berjamur.

3. Pilihlah furniture yang merupakan kombinasi metal dengan kayu

Pemilihan furniture tentunya mempengaruhi gaya industrial. Untuk itu, gunakanlah furniture yang merupakan kombinasi metal dengan kayu. Terutama kayu yang dibiarkan terlihat serat-serat kayunya. Jadi hanya dipelitur tanpa dicat. Kombinasi ini bisa diaplikasikan untuk jenis furniture apapun dan telah dijual bebas di pasaran. Seperti rak buku, lemari, kursi tamu, kursi dapur, frame bed bahkan meja. Tak semua harus berbahan kayu dan metal, padu padan sofa dengan meja tak menghilangkan kesan industri.

4. Menggunakan warna gelap

Gunakanlah warna-warna gelap untuk furniture tersebut, seperti abu-abu, coklat tua atau hitam. Misalnya saja sofa berwarna abu-abu dengan meja kayu di ruang tamu. Sedangkan kamar dengan menggunakan frame bed dari kayu dikombinasi dengan kasur dan bantal berwarna terang untuk menyeimbangkannya.

5. Biarkan atap ruanganmu terekspos

Jika biasanya segala yang ada di atap dibiarkan tertutup seperti keberadaan kabel, gaya industrial kental dengan atap ruangan terekspos. Lampu-lampu gantung dengan kabel yang dibiarkan terburai di atasnya sesuai untuk gaya ini. Begitu juga pipa-pipa metal sebagai dekorasi di atap. Kamu bisa gunakan pipa galvanis yang cukup kuat untuk menggantungkan lampu. Pipa galvanis ini tak hanya untuk di atap, kamu bisa melekatkannya ke dinding dan menggantungkan apapun, mulai pajangan, hingga baju-bajumu.

6. Gunakan lampu track

Lampu track ini seperti yang ada di gedung teater atau venue syuting. Dilansir dari arsitag.com, ini merupakan metode pencahayaan di mana fixture lampu terpasang pada perangkat track (jalur) kontinu yang berisi konduktor listrik. Track ini dipasang memanjang secara horizontal di atap ruangan atau digantung di plafon yang sangat tinggi. Seperti di panggung teater, lampu ini bisa diubah arahnya sesuai yang diinginkan.

7. Tambahkan tanaman sebagai dekorasi

Kesan rustic menunjang gaya industrial. Selain dari furniture kayu, kamu bisa menambahkan tanaman sebagai dekorasi. Letakkan tanaman hijau dalam pot itu di atas rak atau menggantungkannya. Dengan warna ruangan yang gelap, hijau dedaunan dapat mencerahkan ruangan. Pajangan-pajangan lainnya yang bisa kamu tambahkan seperti poster-poster vintage, atau tulisan-tulisan di atas kayu yang tampak tua.

Itulah tujuh tips rumah gaya industrialis. Intinya perlihatkan kesan unfinished dalam berbagai elemen di rumahmu. Bagaimana? Apakah tertarik mencoba?

About aarosyidah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *