Wednesday , October 21 2020

Informasi Tempat Wisata Menarik Di Jakarta

Bagi Anda yang baru ke Jakarta dan butuh hiburan, Berikut informasi beberapa tempat wisata menarik di Jakarta yan dapat Anda nikmati :

TMII atau Taman Mini Indonesia Indah

Taman mini Indonesia Indah (TMII) merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga Anda, terutama anak-anak. Hal tersebut karena objek wisata yang dibangun pada masa Orde Baru ini menawarkan wisata budaya dan pengenalan wilayah Nusantara atau bisa disebut juga sebagai miniatur Indonesia dari sabang sampai merauke. Dari mulai budaya, pakaian tradisional, miniatur rumah-rumah tradisional Indonesia dan berbagai fitur lengkap lainnya membuat tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat wisata budaya dan pendidikan.

Tidak hanya itu saja, TMII juga merupakan tempat wisata terkenal di Jakarta yang memiliki wilayah yang paling luas dan lengkap. Bahkan Anda tidak akan mampu untuk menjelajahi seluruh tempat di TMII ini dalam 1 hari. Hal tersebut karena didalamnya terdapat banyak sekali museum seni dan budaya, misalnya saja museum kerajinan, museum rekayasa, museum burung, museum reptil, dan yang paling terkenal adalah teater keong mas.

Taman Impian Jaya Ancol

Sesuai dengan namanya, taman impian jaya Ancol merupakan tempat wisata impian keluarga Indonesia. Ancol juga merupakan tempat wisata terkenal di Jakarta utara yang di dirikan pada tahun 1966 silam. Didalamnya terdapat ancol bay city atau yang lebih dikenal dengan nama taman impian jaya ancol. Wilayah wisata ancol sendiri terdiri dari padang golf yang terhampar hijau, taman hiburan, klub malam, hotel dan fasilitas lainnya yang akan membuat keluarga Anda serasa berada di taman impian.

Monas

Siapa yang belum kenal Monas ? Kalau tempat kedua wisata diatas merupakan tempat wisata yang memang kerap digunakan sebagai sarana hiburan masyarakat menengah keatas, maka untuk masyarakat menengah kebawah, Anda masih bisa menikmati wisata Jakarta yang sangat indah dengan mengunjungi Monas. Monas atau Monumen nasional ini merupakan ikon kota Jakarta, dimana puncak monas tersebut dilapisi emas dan akan bercahaya terang ketika malam hari.

Tempat wisata ini sendiri kerap dijadikan sebagai ajang kumpul berbagai macam komunitas yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya serta kerap dijadikan pusat kegiatan seni dan budaya serta acara-acara festival yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Yang paling penting dari Monas ini adalah, Anda bisa berlibur bersama keluarga Anda dengan gratis (tidak ada tiket masuk).

Kebun Binatang Ragunan

Lokasi wisata yang satu ini memang dikenal sebagai lokasi wisata pilihan keluarga terbaik, baik dari segi hiburannya, segi biaya yang dikeluarkan dan segi pendidikan yang bisa anak-anak dapatkan. Kebun binatang ragunan merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Jakarta berupa kebun binatang. Istimewanya, kebun binatang ragunan ini merupakan kebun binatang pertama yang ada di indonesia.

Didirikan pada tahun 1864 dengan nama planten en dierentuin, atau dalam bahasa Indonesia berarti tanaman serta kebun binatang. Kebun binatang yang sekarang ini memiliki luas wilayah 140 hektar ini dihuni dengan berbagai macam koleksi satwa yang terdiri dari 295 spesies serta 4040 spesimen. Maka untuk Anda yang ingin mengenalkan anak-anak Anda kepada alam dan berbagai jenis binatang, kebun binatang ragunan merupakan tempat yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Kota Tua

Anda tidak akan bisa menikmati bagaimana keindahan Jakarta tempo dulu kalau saja objek wisata kota tua ini tidak ada. Kota tua yang juga dikenal dengan nama old batavia atau old town merupakan tempat kecil yang berada di Jakarta dengan luas wilayah 1,3km Persegi, tempat unik dan artistik ini melintasi sebagian wilayah Jakarta utara dan Jakarta Barat, yang meliputi tempat pinangsia, roa malaka serta taman sari.

Wilayah kota tua menawarkan Anda wisata sejarah dan budaya yang didalamnya menggambarkan bagaimana histori dan budaya dari belanda serta cina membaur menjadi satu di Kota Tua ini. Dengan menghidangkan nuansa yang sangat antik khas dengan bangunan-bangunan serta museum bersejarah, wisata bahari, wisata histori serta budaya, wisata belanja dan sejumlah tempat unik lainnya menyebabkan tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang ingin menikmati suasana Jakarta tempoe doeloe.

Kepulauan Seribu

Pulau seribu atau kepulauan seribu merupakan tempat wisata yang terletak di Jakarta utara yang merupakan sebuah kawasan kepulauan yang digunakan untuk pelestarian alam bahari. Di pulau seribu ini terdapat 110 pulau dengan 68 buah pulau kecil berpasir putih dengan keindahan karang gosong dengan berbagai jenis karangnya. Selain itu, di Taman Nasional Kepulauan Seribu ini Anda akan bisa menikmati banyak sekali panorama alam yang sangat indah, dari mulai pantai yang sangat eksotis dan indah, karang, berbagai macam tumbuhan, hewan dan berbagai jenis keindahan alam lainnya.

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah merupakan sebuah museum yang dikenal dengan nama Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia. Gedung museum ini dulunya merupakan bangunan Balai Kota Stadhuis yang dibangun pada tahun 1707 sampai tahun 1710.

Salah satu keunikan dari museum ini adalah, bangunannya yang sangat mirip dengan Istana Dam yang berada di Amsterdam Belanda. Sejak tanggal 30 Maret 1974 silam, gedung bersejarah ini kemudian diresmikan oleh pemerintah Indonesia sebagai Museum Fatahillah, dimana tempat wisata pendidikan ini menawarkan berbagai fitur wisata yang sangat menarik, seperti perjalanan sejarah Jakarta, beberapa hasil penggalian arkeologi yang dilakukan di Jakarta, replika peninggalan kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran serta fitur sejarah lainnya yang akan membuat wawasan Anda tentang sejarah dan budaya Indonesia, khususnya tentang Jakarta akan bertambah.

Museum Wayang

Museum Wayang merupakan salah satu tempat wisata budaya yang sangat layak untuk dijadikan tempat wisata keluarga Anda. Museum wayang ini terletak di Jakarta Barat. Salah satu yang ditawarkan dari museum ini salah satunya adalah sejarah dari gedung ini sendiri yang pada awalnya bernama De Oude Hollandsche Kerk atau dalam bahasa Indonesia berarti Gereja Lama Belanda yang pertama kali dibangun pada tahun 1640 silam.

Selain itu, Museum Wayang juga menawarkan pengetahuan kepada Anda seputar perkembangan sejarah wayang, dimana didalamnya terdapat bermacam-macam jenis dan bentuk wayang yang berasal dari seluruh Indonesia, dari mulai wayang yang terbuat dari kayu, kulit maupun wayang yang terbuat dari bahan-bahan lainnya. Selain itu, di sini juga Anda bisa melihat beberapa jenis wayang yang berasal dari luar Indonesia, misalnya saja seperti wayang yang berasal dari Republik Rakyat Cina (RRC), wayang Kamboja dan beberapa wayang dari negara lainnya.

Museum Bahari

Museum Bahari sendiri seperti namanya yang unik, menyimpan koleksi hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan kebaharian Indonesia. Bangunan tua ini mulai dibangun pada tahun 1652 dan baru benar-benar rampung pada tahun 1759. Bangunan yang sekarang digunakan untuk memamerkan sebagian besar koleksi museum , dulunya merupakan gudang rempah-rempah VOC yang dikumpulkan dari seluruh Nusantara  sebelum diangkut ke berbagai belahan dunia untuk di ekspor.

Walaupun bangunan ini telah mengalami beberapa kali pemugaran, bentuk asli bangunan ini tetap dipertahankan. Salah satu yang menjadi cirri khas bangunan ini adalah banyaknya jendela yang menghiasi di setiap ruangan. Mungkin maksud arsiteknya untuk melancarkan sirkulasi udara agar rempah-rempah tidak mudah rusak. Cermati posisi jendela-jendela yang nyaris sejajar dengan lantai! Kondisi tanah yang turun hingga mencapai 1,5 m membuat bangunan ini beberapa kali mengalami penimbunan.

Museum ini terdiri dari tiga bangunan memanjang dua lantai (lantai tiga tidak lagi digunakan) dengan koleksi-koleksi yang terbagi dalam beberapa bagian seperti perahu dan kapal. Maket-maket pelabuhan di Indonesia, teknologi pembuatan perahu, biota laut, matra angkatan laut, ruang navigasi, perjalanan kapal uap pertama ke atavia, hingga ruangan yang menmpilkan perahu-perahu asli.

Salah satu replika yang ditampilkan di bagian perahu dan kapal adalah Phinisi Nusantara. Walaupun akhirnya kapal itu bernasib tragis, yaitu karam di Kawasan Kepulauan Seribu pada tahun 2002, kapal buatan pengrajin Bugis di Sulawesi Selatan ini sempat membawa harum nama Indonesia dalam tingkat kebaharian tingkat internasional. Pada tahun 1986 Phinisi Nusantara, yang diogawangi pelaut-pelaut Bugis, Jawa, Sunda, Padang, dan Timor ini, berhasil menempuh jarak 11.000 mil menuju Vancouver Kanada, untuk ambil bagian dalam Vancouver Expo.

Di bagian paling belakang, di mana perahu-perahu asli diletakkan, Anda akan terpesona dengan Perahu  Cadik Karere. Perahu kayu dengan motif biota laut, burung camar, anjing dan kodok sepanjang 15 m ini berasal dari Jayapura, Irian Jaya. Perahu ini langsung didatangkan dari sana dalam rangka Arung Samudra 1995. Awak kapalnya terdiri dari 10 orang, mereka melakukan pelayaran dengan menggunakan dayung, layar dan mesin tempel. Sayangnya gelombang besar menghadang di laut Tegal, sehingga akhirnya perjalanan perahu ini ke Jakarta terpaks dilnjutkan dengan menggunakan trailer.

Selain gedung ini, Gedung Bahari juga masih menyisakan menara pandang yang menghadap ke Sunda Kelapa di area terpisah yang tak jauh dari bangunan inti. Di sekitar menara pandang ini, dulunya merupakan kompleks VOC. Sunda Kelapa sebagai salah satu bandar besar di Indonesia pun memiliki keasyikan tersendiri untuk ditelusuri. Sewalah sebuah sampan yang banyak tertambat di pinggir pelabuhan untuk melihat lebih dekat kesibukan bongkar muat dari phinisi-phinis besar yang parkir di sana.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Jakarta yang bisa Anda Kunjungi.

About Bas