Mengelola taman bacaan masyarakat (TBM) memang tidaklah mudah. Tapi bukan berarti sulit dilakukan bahkan banyak pula masyarakat yang meninggalkannya. Di samping harus mampu memotivasi semangat membacanya anak-anak di sebuah lingkungan, Taman bacaan juga membutuhkan ketersediaan buku yang memadai.

Bahkan yang tidak kalah penting, taman bacaan masyarakat pun juga harus dikelola oleh orang-orang yang mempunyai komitmen penuh dan tetap istiqomah untuk menghidupkan tradisi membaca dan budaya literasi di kalangan anak-anak usia sekolah, yang selama ini tidak memiliki akses bacaan bahkan berpotensi terancam putus sekolah akibat himpitan ekonomi.

Maka wajar saja jika Taman Bacaan Masyarakat kian terkikis jika TBM dikelola tanpa kreativitas dan tanpa inovasi. Nah dari sini dapat diketahui bahwa Anda  dapat melakukan beberapa cara untuk mengelola taman bacaan masyarakat (TBM) menurut tren masa kini.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengelola TBM bertumpu pada cara yang beda dalam mengelola taman bacaan. Dalam artian TBM bukan hanya menjadi tempat membaca anak-anak atau masyarakat. Tapi taman bacaan harus bisa menjadi penggerak dari aktivitas sosial dan kemasyarakatan di mana taman bacaan itu beroperasi.

Berikut ini tips untuk mengelola Taman Baca Masyarakat yang tren saat ini agar taman baca ini tidak ditinggalkan oleh masyarakat.

1. Berilah Penghargaan Atau Anugerah Sebagai Pembaca Paling Rajin Setiap Bulannya

Setiap bulan, Anda dapat mengadakan penganugerahan atau penghargaan bagi masyarakat yang selalu rajin datang pada bulan itu. Hal ini dilakukan agar masyarakat berlomba-lomba dalam membaca dan datang pada Taman Baca Masyarakat ini, juga sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang telah meluangkan waktunya dalam membaca.

2. Adakan Acara Senam Bersama Setiap Hari Minggu

Tren hidup sehat telah menjadi kebiasaan yang baik bagi masyarakat jaman sekarang. Bagi sebagian masyarakat gaya hidup sehat memang sudah ditinggalkan, namun beberapa dari kalangan muda juga banyak yang mendambakan tubuh indah yang didapatkan dengan gaya hidup yang sehat.

Salah satunya dengan berolahraga, nah ini dia salah satu tren masa kini untuk menarik perhatian para milenial untuk membaca setelah berolahraga  seraya memulihkan tenaga selepas berolahraga.

3. Mencantumkan Mutu Atau Slogan

Taman baca masyarakat harus dilengkapi dengan moto atau slogan yang mendukung masyarakat yang membaca itu merasa nyaman dan tertarik untuk kembali berkunjung dan membaca di kemudian hari. Seperti moto  #BacaBukanMaen, yang berarti  perlunya kesimbangan antara perilaku membaca dan bermain.

Bahkan saat membaca juga dapat menjadi alternatif dalam bermain melalui buku-buku yang ada di TBM. Hal ini dilakukan sebagai bagian untuk membentuk budaya cinta buku cinta bacaan kepada anak-anak yang selama ini jauh dari akses buku.

4. Selalu Ada Event Bulanan

TBM Lentera Pustaka selalu mengadakan event bulanan dengan menghadirkan tamu dari luar untuk berinteraksi dan memotivasi anak-anak agar rajin membaca. Pengisi acara event bulanan ini bisa pemain band, guru pramuka, pesulap, pendongeng, motivator, dai cilik, pelukis, dan sebagainya.

Jika dirasa tiada dana untuk mengadakan event bulanan, buat saja proposal atau penggalangan dana  sosial atau juga bisa datangi sejenis ukm dan organisasi untuk mengisi acara yang hendak diadakan. Dijamin ini akan menarik perhatian masyarakat yang datang pada event itu sekaligus akan datang dan membaca buku pada Taman Baca Masyarakat ini.

5. Mengadakan Laboratorium Membaca Setiap Hari Minggu

Pada tips tentang sebelum-sebelumnya membahas juga untuk melakukan acara olahraga bersama, namun tak hanya olahraga Anda juga dapat menerapkan Laboratorium Baca yang dilaksanakan setiap hari Minggu. Hal ini berupa sebuah aktivitas membaca di alam yang berupa sungai, kebun, jalan, dan lainnya. Disana juga dapat sambil diajarkan cara memahami isi bacaan maupun teknik metaforma yang langsung diajarkan dan dipraktikkan.

6. Festival Jajajan Kampung Gratis

Sebagai apresiasi terhadap anak-anak yang rajin membaca, Anda dapat menggelar semacam festival jajanan yang diadakan setiap bulan menggelar pesta jajanan kampung gratis. Semua anak yang membaca bisa menikmati jajanan kampung dari pedagang keliling yang lewat seperti cilok, bakso, cakwe dan jajanan lainnya untuk memotivasi agar anak-anak untuk rajin membaca.

7. Tersedia Wifi Gratis

Ini dia salah satu tren yang paling banyak dicari oleh kebanyakan orang terutama oleh kalangan muda. Setiap hari Sabtu dan Minggu, Anda dapat menyediakan WiFi gratis pada Taman Baca Masyarakat bagi anak-anak yang rajin membaca agar lebih rajin lagi.

Di samping memberikan akses internet atau WiFi gratis ini disiapkan sebagai bagian dari program untuk memberikan pengajaran internet sehat, di samping sebagai media belajar berbasis internet seperti nonton youtube, googling konten, dan kisah motivasi anak-anak.

8. Zona Baca Hijau Asri

Untuk menciptakan tempat membaca yang luas, nyaman, sejuk Taman Baca pun juga melakukan perubahan lingkungan yakni dengan melakukan inisiasi zona baca hijau yang diletakkan di sepanjang jalan menuju TBM dengan tanaman tomat, strawberry dan tanaman lain untuk menciptakan zona baca hijau, titik baca yang hijau. Buatlah sebanyak mungkin tanaman agar hasilnya sejuk dan asrinya memuaskan.

9. Lengkapi Taman Baca Masyarakat Dengan Kuis Dan Games Seru Untuk Anak-Anak

Kodrat anak-anak memanglah bermain, mereka masih dalam fase pengenalan hal-hal yang baru. Sebagai fasilitator buku bacaan, anak akan mengenal berbagai bentuk, jenis, warna dan apapun itu. Hanya dengan membaca dengan gambar kadang kala tidak membuat sang anak menjadi paham mengenai benda itu sendiri. Nah trennya kini Anda perlu menyiapkan media yang berbentuk serupa dengan yang ada di jalan .

Nah itulah ke-9 tips yang dapat Anda terapkan pada Taman Baca Masyarakat atau melalui beberapa tips diatas semoga mendapatkan keberhasilan meraih pencapaian yang luar biasa atas pembaca di TBM. Terciptanya tradisi baca dan budaya literasi di kalangan anak-anak usia sekolah sebagai antisipasi agar tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah.