Thursday , October 22 2020

5 Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Para Pensiunan

Yang mesti dikhawatirkan pada masa pensiun bukan hanya sekedar mengenai finansial saja, namun juga kegiatan Anda sehari-harinya.

Pada kenyataannya, pensiunan yang tidak memiliki kegiatan akan lebih beresiko mengalami kepikunan dan gangguan kesehatan lebih cepat. Hal ini dikarenakan otak tidak mendapatkan stimulasi berkelanjutan sehingga mengalami penurunan fungsi. Bagi Anda yang masih ingin beraktivitas dan mendapatkan pendapatan ketika sudah pensiun nanti, kenapa tidak mencoba untuk berbisnis?

Berikut 5 Ide Bisnis Yang Cocok di Jalankan Oleh Para Pensiunan :

1. Bisnis Pertanian/Perkebunan/Perikanan

Kebutuhan akan hasil pertanian, perkebunan, maupun perikanan cukup tinggi baik di Indonesia maupun untuk keperluan ekspor. Permintaan yang tinggi ini belum diimbangi dengan produksi yang cukup dan berkualitas untuk memenuhinya. Oleh karena itu bisnis ini bisa menjadi pilihan bagi Anda nanti misalnya membuka peternakan, budidaya berbagai jenis ikan, usaha tanaman hias, dan lain sebagainya. Selain menghasilkan rupiah, jenis bisnis ini juga membuat Anda dekat dengan alam sehingga tubuh akan mendapatkan energi alami.

2. Bisnis Properti

Anda bisa mulai berinvestasi dari sekarang agar nanti bisa menjadi tabungan ketika sudah pensiun. Bisnis properti yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan lahan kosong untuk membangun kos-kosan atau rumah kontrakan. Anda juga bisa membuka tempat penitipan motor jika lahan dekat dengan stasiun, terminal, atau bandara. Bisnis ini tidak akan menyita banyak waktu dan pikiran Anda tapi tetap aka nada cash flow.

3. Bisnis Sesuai Hobi

Bisnis yang berasal dari hobi sendiri adalah bisnis yang paling menyenangkan. Jika di usia produktif Anda tidak memiliki waktu untuk menekuni hobi karena sibuk bekerja, di usia pensiun nanti Anda bisa menyenangkan diri sendiri dengan menyalurkan passion Anda.

Ada banyak usaha yang bisa dirintis mulai dari hobi seperti usaha jual beli burung, usaha menjahit, membuka reparasi barang elektronik, usaha membuat kue kering, atau membuka kursus privat bagi Anda yang memiliki keahlian tertentu. Hobi yang dijadikan bisnis bisa mengurangi stress Anda karena faktor usia.

4. Bisnis Toko

Banyaknya toko waralaba yang ada di pinggir jalan mungkin menjadi pesaing berat untuk menjalankan bisnis ini. Tetapi tergantung dari lokasi Anda, bisnis toko bisa menjadi pilihan yang menarik untuk masa pensiun. Pilihlah lokasi yang banyak dilalui orang namun belum ada toko serupa di sekitar wilayah Anda. Usahakan mematok harga barang lebih murah dibandingkan dengan toko waralaba untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

5. Bisnis Rental

Usaha bisnis rental adalah meminjamkan barang tertentu kepada konsumen dengan tarif dan jangka waktu tertentu. Untuk membuka bisnis rental Anda membutuhkan stok barang yang memadai dan bervariasi supaya konsumen memiliki pilihan yang beragam. Usaha rental yang bisa Anda buka antara lain adalah rental mobil, rental konsul game, atau rental peralatan hajatan seperti tenda, kursi, meja, sound system, dan lain sebagainya.

Seseorang yang sudah pensiun mungkin terlihat bagi orang lain sudah bebas dari tekanan kerja dan bisa menikmati hidup. Padahaln orang pensiun juga bisa menjadi stress karena tidak memiliki rutinitas yang berakibat kebosanan dan pada akhirnya menjadi emosi yang negatif. Maka dari itu carilah kegiatan yang bisa menghabiskan waktu Anda, akan lebih baik lagi jika kegiatan tersebut bisa mendatangkan pendapatan di luar dana tunjangan pensiun.

About Bas