Bulan suci Ramadhan memang selalu identik dengan kurma. Tak jarang banyak sekali para penjual kurma yang bermunculan ketika menjelang bulan ramadhan, tak hanya buahnya saja, namun juga berbagai macam olahan buah kurma bermunculan.

Buah asal timur tengah satu ini memang selalu menjadi andalan ketika berbuka. Karena buah kurma ini ternyata memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk mencegah kanker lambung, Tentu hal ini sangat mengagumkan sekali untuk umat islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Nah, Apakah kamu hobi makan kurma? Cobalah 5 olahan kurma legit ini.

1. Es cream kurma

Siapa sih yang tidak suka es cream? Olahan makanan beku yang terbuat dari susu atau sejenisnya yang digabung dengan perisa makanan yang menyegarkan satu ini memang tak ada tanding. Tapi bagaimana bila dengan es cream kurma? Buah kurma selain enak untuk disantap langsung, namun juga bisa menjadi sebuah kreasi hidangan yang nikmat. Misalnya saja es cream kurma. Jika di daerah kamu tak ada yang menjualnya kamu bisa membuatnya sendiri dirumah loh!

Caranya sangat mudah, kamu cukup menyiapkan bahan-bahannya seperti krim kental dingin, susu kental manis dan yang pasti kurma nya. Kemudian tinggal kocok krim kental-nya dengan menggunakan mixer sampai kaku, lalu masukan susu kental manis dan aduk hingga merata, jangan lupa juga untuk masukan kurma nya yang sudah di blender halus. Kemudian adonan sudah siap untuk dimasukkan ke dalam wadah dan letakkan di dalam lemari es kurang lebih 6 jam. Cukup mudah bukan?

2. Studel kurma

Kalau makanan yang satu ini biasanya ada hanya pada saat bulan Ramadhan saja. Kamu bisa merasakan nikmatnya olahan kurma yang dibalut dengan pastry tipis. Studel adalah kue berlapis buah buahan yang telah populer di jaman Hasburg empire di Australia. Dan kini makanan yang satu ini telah populer juga di Indonesia.

Selain rasanya yang enak, rupanya buah kurma juga memiliki banyak manfaat. Selain berguna untuk penambah energi ketika berpuasa, buah kurma juga bisa menyehatkan tulang dan kaya akan serat. Jadi buah kurma ini tentu sangat aman sekali untuk dikonsumsi. Biasanya studel kurma ini banyak ditemukan di kota Malang. Namun jika kamu berada jauh di kota malang sudah banyak kok penjual studel kurma yang berada di kotamu. Kamu hanya perlu cukup pintar untuk mencarinya.

3. Cake kurma

Bila kamu bosan dengan makanan kurma yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba olahan yang tak biasa dari buah yang satu ini. Misalnya saja cake kurma. Biasanya cake yang biasanya terbuat dari olahan tepung terigu, gula, telur, susu, dan pengembang makanan. Namun ada yang berbeda di dalam cake yang satu ini. Ya, tentu saja buah kurma.

Cake yang satu ini tentu berbeda dengan cake pada umumnya. Karena komposisi dari salah satu bahannya adalah buah kurma. Biasanya cake ini terbuat dari buah kurma segar yang legit dipadukan dengan madu yang tak lupa juga tambahan jahe serta nanas plus dengan kacang-kacangan yang menjadikan cake ini tampak lebih nikmat dan berbeda dengan cake pada umumnya. Cake kurma sangat cocok sekali sebagai suguhan ketika hari raya tiba atau bingkisan untuk keluarga.

4. Proll kurma

Proll kurma adalah makanan kurma yang berbentuk olahan tape yang sangat legit dan nikmat. Makanan yang satu ini cocok sekali dijadikan makanan penutup maupun sebagai camilan. Jika kamu penasaran atau sulit untuk mendapatkan makanan yang satu ini, kamu bisa mencoba membuat sendiri  dirumah, Karena biasanya prol kurma ini hanya ada ketika waktu-waktu tertentu saja yaitu ketika bulan suci Ramadhan.

Nah, cara membuatnya kamu cukup menyiapkan singkong yang sudah diremas-remas sebagai olahan dasar untuk tapenya kemudian tambahkan gula pasir, tepung terigu, telur ayam, garam serta tidak lupa santan kelapa. Aduk higga merata kemudian Masukan buah kurma segar yang sudah diambil bijinya dan di potong dadu, Lalu aduk hingga merata.

Setelah merata, tinggal tuang ke Loyang yang sudah di olesi margarine, alasi dengan kertas roti dan beri taburan keju serta potongan kurma di atasnya kemudian panggang hingga hingga matang. Bagaimana, Tertarik untuk mencoba?

5. Pancake Kurma

Pancake adalah kue dadar yang biasanya terbuat dari tepung terigu, susu, telur, dan gula. Yang kemudian dicampur dengan menggunakan air untuk membentuk adonan yang kental yang kemudian di panggang di atas wajan atau pan yang terlebih dahulu diolesi mentega atau minyak. Namun, bagaimana jika Pancake berisi kurma? Sudah pernah mencobanya?

Saat ini sudah banyak olahan makanan kurma yang bervariasi, salah satunya adalah pancake kurma ini. Selain memiliki rasa yang khas dengan kelegitannya, tidak salah jika kurma juga dijadikan sebagai makanan pembuka ketika berbuka puasa karena kurma mengandung lemak, protein, mineral serta vitamin. Kamu yang seharian puasa dan menahan lapar bisa langsung bersemangat lagi ketika makan olahan kurma yang satu ini.

Nah itulah 5 olahan kurma legit yang bisa kamu coba. Bila kamu hobi makan kurma, olahan di atas sangat cocok untuk kamu jadikan pilihan. Selain itu kurma juga bisa loh untuk menambah rejekimu, Olah saja kurma menjadi sebuah makanan yang sedang kekinian seperti yang telah disebutkan di atas. Kemudian kamu bisa menjualnya, Bagaimana kamu tertarik?  Puasa lancar, rejekipun akan lancer.