Tuesday , October 20 2020

Hey Kaum Milenial, Yuk Simak 6 Cara Membuat Harimu Lebih Produktif Berikut Ini

Seperti kata Jay Shetty, waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kita miliki, tetapi dapat kita gunakan. Kita tidak bisa mengontrol waktu, tetapi kita masih dapat menghabiskannya.

Sekalinya waktu tersebut hilang, maka kita tidak bisa mengambilnya kembali. Setiap hari kita diberikan jatah waktu yang sama. Apabila uang dapat disimpan untuk keesokan harinya, lain halnya dengan waktu yang mau tidak mau akan berakhir di akhir hari.

Andaikan bahwa waktu tersebut adalah uang, dimana di awal hari kita diberikan jumlah yang sama dan akan diambil kembali di akhir hari, maka tentu saja kita akan memanfaatkan uang tersebut sebaik-baiknya. Begitu pula yang seharusnya kita lakukan terhadap waktu.

Maka dari itu, akan lebih baik apabila kita bisa menggunakan waktu yang ada se-produktif mungkin. Bagaimana caranya? Nah, di sini halokawan akan membagikan 6 cara untuk membuat harimu lebih produktif. Simak terus, ya.

1. Yuk, Mulai Dengan Bangun Pagi

Cara pertama membuat harimu lebih produktif adalah dengan bangun pagi. Saat bangun pagi, kamu memiliki banyak waktu untuk merencanakan apa yang akan kamu lakukan dalam sehari. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan waktu di pagi hari untuk menyelesaikan pekerjaan rumah atau kewajiban kamu, misalnya saja beribadah, meditasi, membaca buku, membersihkan rumah, dan olahraga.

Nah, akan lebih baik apabila kamu meluangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari. Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa berolahraga dapat menambah energi dan meningkatkan mood-mu. Selain itu, kamu juga lebih terkontrol dan lebih mampu memanajemen waktumu selama beraktifitas seharian.

2. Buat To-Do List Setiap Hari

Membuat jadwal rencana harian sangat berguna sebagai reminder hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan dalam sehari. Sebab, apabila kita tidak menulisnya, terkadang kita lupa mengenai apa yang harus dilakukan dan bersikap seolah-olah memiliki banyak waktu. Akibatnya, kita hanya berakhir dengan menyia-nyiakan waktu tersebut.

Mungkin beberapa dari kalian pernah mencoba membuat to-do list tapi berhenti di tengah jalan karena tidak pernah konsisten dengan jadwal yang sudah direncanakan. Kalau kamu memiliki masalah seperti ini, mungkin kamu perlu cek lagi mengenai jumlah to-do list yang kamu tulis. Jangan karena terlalu exited, kamu jadi merencanakan banyak hal. Cukup rencanakan maksimal lima kegiatan per hari. Sebab apabila terlalu banyak, kamu akan sulit konsentrasi pada suatu pekerjaan karena memikirkan pekerjaan lain yang belum tersentuh.

3. Rencana Alokasi Waktu

Merencanakan kegiatan yang akan dilakukan juga perlu mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Pastikan bahwa waktu yang kamu miliki cukup untuk melakukan semua rencana kegiatan. Sebab, lebih baik sedikit tapi terlaksana daripada banyak tetapi ada yang tidak terlaksana. Saat semua rencana kegiatan berhasil kamu selesaikan, kamu akan merasa puas di akhir hari dan bisa tidur dengan nyenyak.

Berbeda kalau kamu tidak sepenuhnya menyelesaikannya, kamu akan merasa tidak puas dan ragu apakah kamu mampu menyelesaikan to-do list untuk keesokan harinya. Mungkin ini yang membuat beberapa orang berhenti dari kebiasaan menulis rencana kegiatan harian.

4. Alokasikan Waktu untuk Istirahat

Nah, ini masih berhubungan dengan poin nomor tiga. Kamu mungkin belum bisa memastikan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan setiap kegiatan. Maka dari itu, selain memperkirakan waktu yang dibutuhkan, kamu juga perlu memberi kelonggaran untuk setiap kegiatan dengan menambahkan alokasi waktu, mungkin sekitar 15-30 menit.

Dengan waktu yang lebih longgar, kamu akan lebih enjoy dan tidak tergesa-gesa dalam mengerjakan. Kamu juga bisa lebih fokus. Biasanya, orang yang fokus justru dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan efektif. Kalau waktu yang kamu alokasikan masih sisa, kamu dapat gunakan untuk istirahat.

5. Jauhkan Dirimu Dari Gangguan Saat Bekerja

Di jaman sekarang memang banyak sekali hal-hal menarik yang dapat mengganggu kegiatan utamamu, misalnya saja handphone, laptop, game, dan TV. Kalau kamu ingin semua rencana kegiatanmu cepat selesai, maka jauhkan semua gangguan-gangguan tersebut saat bekerja. Sebelum bekerja, pastikan bahwa suasana kondusif, tempat rapi dan nyaman, dan tentunya barang-barang gangguan tersebut berada di tempat lain.

6. Jangan Lupa Beri Dirimu Reward

Cara membuat harimu lebih produktif di list terakhir ini adalah dengan memberikan reward kepada dirimu sendiri, sebab salah satu hal yang membuat kita semangat bekerja adalah adanya reward. Saat semua pekerjaan selesai, kamu berhak mengapresiasi dirimu sendiri.

Kamu dapat meluangkan waktu untuk dirimu sendiri di malam hari, memanjakan dirimu dan melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan, misalnya menonton televisi, menonton youtube, dan mendengarkan musik. Namun, jangan sampai berlebihan. Dengan berlebihan justru akan membuatmu malas dan tidur terlalu larut, yang akibatnya kamu tidak bisa produktif di keesokan harinya.

Berusaha membuat hari menjadi produktif memang sulit pada awalnya, tapi kalau sudah terbiasa, tubuh dan otakmu akan menyesuaikan. Dan semakin lama, kamu akan merasakan manfaat dan peningkatan kualitas dirimu. Mungkin sekian dulu artikel kali ini, semoga harimu menyenangkan!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *