Tuesday , October 27 2020

Herannya, Apa Kata Pakar Soal Penampilanmu Mungkin Bertolak-Belakang Dengan Pendapatmu

Kesan pertama yang ditangkap seseorang tentang kita, atau sebaliknya, kita mengenai orang itu, umumnya sulit diubah (padahal itu belum tentu benar).

Faktanya, otak hanya perlu 0,1 detik saja untuk mengkalkulasi apakah seseorang layak dipercaya atau tidak.

Berikut adalah apa kata pakar soal beberapa penampilan yang perlu kamu tahu jika ingin memberi kesan positif di awal pertemuan.

1. Tato: mahal atau murahan?

Lisa Oakes, psikolog lulusan Universitas Texas menyimpulkan perempuan bertato dianggap lebih mudah didekati dan cenderung suka gonta-ganti pasangan atau melakukan seks bebas. Namun anehnya, anggapan ini tidak berlaku bagi pria bertato.

2. Kepala botak: kemampuan dalam memimpin

Para ahli dari Universitas Pennsylvania menemukan bahwa pria botak tak hanya berkemauan kuat, namun juga memiliki kemampuan memimpin yang baik.

Sayangnya di sisi lain, kepala botak juga membuat pria tampak lebih tua dibanding usia sebenarnya.

3.Baju setelan: seberapa sukses dirimu

Menurut para ilmuwan dari Great Britain and Turkey, jika ingin memberi kesan pria sukses, kenakan setelan yang ukurannya benar-benar pas di badan. Jika perlu, pesan setelan khusus di tukang jahit.

Yang mengejutkan adalah, perempuan dengan rok pendek dan blus potongan dada rendah dianggap sebagai karyawan rendahan, bila dibanding wanita yang penampilannya lebih konservatif.

4.Sepatu: banyak hal

Kondisi sepatu memunyai dampak pada kehidupan pribadi dan karir. Pimpinan Sydney’s Raw Fashion Agency, Faith Agugu, mengatakan: ’jika saya bertemu seseorang dan sepatunya kotor atau tak terawat, maka pria itu tak mungkin dapat menjaga saya. Bayangkan saja, sepatunya saja tidak ia rawat dengan baik, apalagi saya.” Hal serupa berlaku juga untuk urusan bisnis.

Tak dapat dipungkiri kalau sepatu bicara banyak soal usia, status sosial, besarnya penghasilan, dan bahkan stabilitas emosional. Fakta ini ditemukan oleh ahli dari Universitas Kanvas. Hasilnya:

  • Sepatu klasik yang bersih (walau tidak baru) menunjukkan bahwa pemiliknya teliti dan bertanggung jawab.
  • Alas kaki mahal dan stylish menyuarakan status dan kestabilan ekonomi seseorang.
  • Sepatu menyolok dan unik pasti dikenakan para ekstrovert.
  • Alas kaki baru dan trendy menunjukkan pemiliknya mungkin mudah gelisah dan sangat ingin memberi kesan baik pada orang lain. Kalau tidak demikian, berarti ia terobsesi dengan penampilannya.

5.Cara jalan: berkemauan keras atau mudah menyerah?

Para ahli dari Universitas Durham menyimpulkan cara jalan yang:

  • Energik dan mantap menunjukkan kesan ekstrovert, suka tantangan, dan tahu apa yang dimau atau dituju. Pemakainya biasanya selalu berhasil mencapai sasaran, walau kadang tampak dingin dan tak mudah didekati.
  • Lebih pelan dan agak loyo/ membungkuk menandakan kepribadian penyendiri, pendiam, pasif, dan pemalu.
  • Menyentak-nyentak artinya seseorang sedang gugup.

Intinya, bila ingin membuat orang lain terkesan, jalanlah dalam posisi tubuh tetap tegak.

6.Jabat tangan: tingkat percaya diri

Cara kamu berjabat tangan juga memberikan kesan kuat seperti apa dirimu yang sebenarnya.

Menurut para psikolog, jabat tangan yang cukup kuat, tak terlalu cepat atau lama, dan dilakukan sambil menatap mata lawan bicara, menandakan pribadi yang agresif, dominan, serta kompetitif.

Lain halnya dengan jabat tangan yang loyo/ longgar, ini menandakan kamu tidak tertarik untuk berkomunikasi dan lemah dalam kemauan.

Jabat tangan yang terlalu cepat mengindikasikan gugup dan tingkat percaya diri rendah.

Fakta terakhir, jika ingin meraih kepercayaan orang lain, jabat tangan orang di hadapanmu dengan kedua tangan. Dijamin, mereka akan mengingatmu sebagai sosok yang menyenangkan dan jujur.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *