Thursday , October 22 2020

Cara Menghemat Pulsa Smartphone

Tak terasa, selama beberapa jam kita sudah menghabiskan waktu bermain Smartphone, dan pulsa internet pun tersedot demikian cepat. Padahal, baru beberapa hari mengisi pulsa. Masalah tersebut tidak hanya dialami oleh mereka yang terbiasa mengisi pulsanya dengan jumlah terbatas, sebab banyak juga yang bermodalkan banyak pulsa namun selalu kehabisan sebelum masa aktifnya berakhir.

Adakah cara untuk mengatasi pemborosan tersebut? Pastinya ada, namun wajib diterapkan dengan sebaik-baiknya. Berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya dicoba:

Isi Pulsa Bulanan

Sebagian orang kerap membeli pulsa untuk jangka waktu yang sangat terbatas, misalnya selama sehari atau seminggu. Sekilas, cara tersebut akan menghemat biaya pembelian pulsa. Apa benar demikian? Kalau pada dasarnya memang sangat sering menggunakan layanan jaringan internet, jika diisi pulsa berapapun akan mudah habis. Tak perlu menunggu satu hari. Cukup beberapa jam setelah pulsa diisi, kuotanya akan tersedot dengan cepatnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, lebih baik jika mengisi pulsa dengan paket bulanan. Biasanya, ada beberapa provider yang menyediakan layanan paket untuk tiga bulan atau lebih. Namun lebih disarankan supaya mengisi pulsa secara bulanan. Strategi ini untuk memudahkan kita dalam mengendalikan cara pemakaian, sekaligus menandai masa aktif internet. Dalam kurun waktu sekitar 30 hari, Anda harus menggunakan pulsa sebaik mungkin, bagaimanapun caranya. Jika sebelum satu bulan sudah mau habis, gunakan lebih efektif. Jangan mengisi pulsa sebelum jangka waktu sebulan itu habis. Lama kelamaan, Anda akan terbiasa dengan sendirinya.

Mematikan Update Otomatis

Cara menghindari pemborosan pulsa ialah dengan mematikan update otomatis. Ponsel yang menggunakan sistem operasi Android biasanya membutuhkan sejumlah update untuk aplikasi-aplikasi tertentu. Semakin sering aplikasi tersebut diupdate, maka kuota internet pun akan semakin terpakai. Hindarilah risiko tersebut dengan cara mematikan update otomatis. Jadi, Anda hanya akan memperbarui aplikasi yang memang butuh update karena Anda gunakan sehari-hari.

Terlalu sering update aplikasi di Android juga bisa membuat ponsel Anda bekerja lebih lambat karena kapasitas memori semakin kecil. Jadi, cara ini akan sekaligus mengatasi persoalan kinerja ponsel selain menghemat pemakaian kuota internet.

Gunakan Aplikasi Seperlunya

Selain mematikan update otomatis, Anda juga harus membiasakan diri untuk tidak mengunduh dan menggunakan sejumlah aplikasi yang sebetulnya tidak Anda butuhkan. Yang menarik dari Playstore adalah pilihan aplikasi, mulai dari program hingga game yang setiap harinya tersedia dalam berbagai pilihan. Kalau Anda tidak mampu menahan diri, segala macam aplikasi pasti akan langsung dicoba, dan ketika bosan akan dihapus. Kebiasaan tersebut hanya akan memboroskan pemakaian kuota internet Anda.

Putus Koneksi Jika Tidak Perlu

Jika memang tidak sedang menggunakan koneksi internet di ponsel, lebih baik matikan saja. Cara ini sering tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang karena membiarkan sebuah ponsel pintar hidup begitu saja tanpa ada aktivitas yang terhubung dengan jaringan internet.

Alihkan ke Kegiatan Lain

Ingin lebih hemat lagi? Biasakan untuk tidak tergantung dengan ponsel pintar. Masih banyak kegiatan yang penting dan bisa dilakukan daripada berjam-jam mengoperasikan ponsel Anda. Selain menghemat pulsa, cara ini akan membentuk gaya hidup yang lebih positif.

About Bas