Wednesday , October 21 2020

Hebatnya 19 Kegunaan Cuka Apel Untuk Rumah Tangga Ini!

Selain bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, cuka apel juga berguna untuk urusan rumah tangga. Yuk kita cari tahu apa saja kegunaan cuka apel bagi rumah tangga itu.

1.Membersihkan kepala shower

Kepala shower yang sering digunakan sebaiknya rutin dibersihkan agar air yang mengalir keluar darinya tetap bersih. Menariknya, cara membersihkannya tidaklah sulit. Kamu cukup isi sekantong plastik dengan cuka apel, lalu bungkuskan itu ke sekitar kepala shower hingga bagian yang kotor terendam. Biarkan selama beberapa jam, dan voila..kotoran akan rontok dengan sendirinya.

2.Menghilangkan bau tak sedap pada pakaian

Walau cuka apel sendiri memiliki aroma kurang sedap, tapi bahan alami ini ternyata efektif hilangkan bau tak sedap pada pakaian lho. Cukup campurkan 1 bagian cuka apel dengan 4 bagian air, lalu tambahkan larutan ini ke dalam mesin cuci sebelum proses pencucian dimulai. Tak hanya menghilangkan bau tak sedap, larutan cuka apel juga bisa meningkatkan efek bersih dari deterjen. Larutan ini bahkan dapat melembutkan pakaian sehingga kamu nggak perlu lagi menggunakan softener tambahan.

3.Membersihkan mesin cuci

Kegunaan cuka apel lainnya yang tak kalah hebat adalah dapat membersihkan bagian dalam mesin cuci. Saat melakukannya pastikan tak ada pakaian kotor di dalam mesin, lalu masukkan secangkir cuka apel dan nyalakan sejenak mesin cucinya.

4.Pembersih serbaguna

Untuk membuat pembersih serbaguna sendiri di rumah, campurkan 1 bagian cuka apel dengan 1 bagian air ke dalam botol semprot. Gunakan produk alami ini untuk membersihkan berbagai jenis noda, entah itu di lantai, meja dapur, perabot dapur, kamar mandi, karpet, peralatan berkebun, pot lama, serta kain.

Namun lakukan tes mini lebih dulu untuk melihat apakah cuka tidak berpotensi merusak bahan yang akan dibersihkan. Kayu merupakan contoh bahan perabot yang tidak boleh terkena cuka apel.

5.Mengembalikan kilau bathtub

Jika penampilan bathtub di rumah mulai kusam, coba bersihkan dengan larutan cuka apel yang dicampur dengan sabun cuci piring.

6.Menangkal jamur

Tak hanya ampuh bikin kinclong, jamur yang melekat pada bathtub juga bisa diusir menggunakan cuka apel. Caranya semprotkan cuka apel ke area berjamur, sikat, lalu biarkan kering.

7.Melancarkan saluran pembuangan tersumbat

Kombinasi cuka apel dan baking soda dapat melancarkan saluran pembuangan (wastafel, tempat cuci piring, atau kamar mandi) yang tersumbat. Trik melakukannya adalah dengan menaburkan ½ cangkir baking soda lebih dulu lalu tambahkan 1-2 cangkir cuka apel. Biarkan efek ‘volkanik’nya bekerja selama beberapa menit, kemudian kucurkan air.

8.Melenyapkan noda kuning pada pakaian

Deodoran yang dipakai seringkali meninggalkan noda kuning yang sulit dihilangkan oleh deterjen. Solusinya, bubuhkan sedikit cuka apel ke noda, lalu cuci pakaian seperti biasa.

9.Membersihkan kulkas

Kini tak sulit bila ingin membersihkan lemari es. Pertama-tama, seka karet pintu kulkas dengan cuka apel agar bakteri dan jamur yang melekat mati. Selanjutnya, baru bersihkan bagian dalam kulkas dengan kombinasi cuka apel dan air. Larutan ini juga efektif singkirkan bau tak sedap dalam lemari es.

10.Bikin perhiasan kinclong lagi

Untuk mengembalikan kilau indah koleksi perhiasan emas kamu, cukup rendam perhiasan dalam cuka apel selama 15 menit.

11.Membersihkan setrika

Untuk membersihkan setrika, isi bagian reservoir-nya dengan cuka, lalu aktifkan steamer-nya selama 10 menit. Setelah cuka dibuang, isi reservoir dengan air, nyalakan steamer-nya lagi selama 10 menit dan posisikan setrika tegak lurus.

12.Melenyapkan jamur di tirai mandi

Tirai mandi (shower curtain) yang ditumbuhi jamur dapat dicuci menggunakan 1 cangkir cuka apel dan baking soda.

13.Alternatif salad dressing

Jika tak ada lemon, minyak zaitun, atau mayonaise di rumah, gunakan saja cuka apel sebagai salad dressing. Lebih dari itu, cuka apel juga dapat menambah rasa pada makanan favorit seperti smoothie pisang-peach contohnya.

14. Memudahkan pengupasan kulit telur

Tambahkan cuka apel ke air rebusan telur supaya nantinya kulitnya lebih mudah dikupas.

15.Mempertahankan kesegaran sayur dan buah

Agar sayuran dan buah bersih dan lebih tahan lama, gunakan resep cuka apel berikut untuk mencucinya:

  • Masukkan 1 sdt cuka apel ke dalam secangkir air.
  • Rendam buah atau sayur di dalamnya selama 5 menit.
  • Bilas dengan air dan keringkan.

Alternatif lain adalah dengan meletakkan buah-sayur dalam saringan lalu menuangkan larutan cuka apel (dan air) ke atasnya.

16.Menyulap susu biasa menjadi homemade buttermilk

Coba masukkan 1 sdt cuka apel ke dalam secangkir susu atau krim, dan voila..muncullah buttermilk buatan sendiri yang menyehatkan.

17.Membasmi rumput liar

Kombinasi cuka apel dan garam Epsom dalam botol semprot efektif mengeringkan rumput liar dalam sehari.

18.Pengganti pupuk

Ajaibnya, cuka apel juga dapat menyuburkan tanaman yang tumbuh subur di tanah asam seperti azalea, gardenia, dan blueberry.

19.Mengusir hama

Hama di sini tak hanya binatang pengerat saja, namun semua hewan yang berpotensi merusak keindahan taman seperti kelinci, rakun, anjing, kucing, hingga tikus. Cara mengusirnya dengan merendam beberapa kain ke dalam cuka apel, lalu letakkan di sepanjang taman.

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *