Saturday , October 24 2020

Harga Mobil Eropa vs Jepang di Indonesia

Harga mobil Eropa memang lebih mahal dibanding dengan mobil pabrikan Jepang. Namun dibalik harganya yang mahal mobil Eropa sangatlah maju dalam hal teknologi dan mesin.

Salah satu bentuk penemuan teknologi yang paling berpengaruh terhadap umat manusia adalah kendaraan. Dengan kendaraan manusia dapat bepergian jauh tanpa memerlukan banyak tenaga.

Mobil sebagai jenis dari kendaraan saat ini memang telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Indonesia sebagai negara berkembang juga tidak mau ketinggalan untuk menggunakan kendaraan roda empat ini. Beberapa produsen mobil yang ada di Indonesia salah satunya adalah mobil pabrikan Eropa. Dikenal sebagai benua paling maju di dunia, Tidak mengherankan jika harga mobil Eropa dijual cukup mahal di Indonesia karena mutu dan teknologi mesin yang terbarukan.

Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial bagi pertumbuhan industri otomotif terutama mobil. Hampir setiap tahun penjualan mobil selalu diatas angka satu juta unit. Pada 2013 penjualan mobil di Indonesia menembus angka 1.229.902 unit yang menjadi sejarah penjualan tertinggi mobil di tanah air. Menilik fakta diatas tidak mengherankan jika Indonesia menjadi surga bagi para pabrikan asing. Pabrikan mobil Jepang adalah penguasa industri kendaraan baik motor maupun mobil di Indonesia. Jepang menjadi pesaing serius bagi pabrikan motor Eropa. Harga mobil Eropa yang lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil Jepang menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam menjaring konsumen yang ada di Indonesia.

Berbicara mengenai rivalitas dalam dunia bisnis adalah hal yang lumrah terjadi antar perusahaan. Pabrikan Jepang yang lebih dominan dalam menguasai pangsa pasar di Indonesia memang lebih unggul dari segi harga dibandingkan dengan pabrikan dari Eropa. Menyoal harga memang Jepang selangkah lebih maju, harga mobil buatan Jepang memang dikenal murah meriah dikalangan masyarakat Indonesia yang didominasi oleh kelas menengah bawah. Misal untuk jenis mobil yang sama seperti tipe SUV ( Sport Utility Vehicle ) buatan Jepang dan Eropa selisih harganya dapat mencapai ratusan juta rupiah. Harga mobil Eropa memang tidak ramah bagi dompet masyarakat kelas menengah bawah yang ada di Indonesia.

Mobil Eropa sebenarnya secara kualitas, keamanan, dan kenyamanan unggul jauh dibandingkan mobil buatan Jepang. Prinsip mobil Eropa yang mengutamakan safe, comfort, mudahnya perawatan, ramah lingkungan dan yang terakhir baru berbicara pasar dan penjualan. Atas dasar inilah pabrikan Eropa selalu melahirkan mobil dengan kualitas yang tak terelakkan lagi. Mahalnya harga mobil Eropa dipasaran tentu sangat sepadan dengan kualitas dan perfoma yang diberikan. Beralih ke mobil pabrikan Jepang yang secara teknologi dan kualitas belum dapat sejajar dengan mobil Eropa memang menang dari segi harga saja. Kesadaran dan pengetahuan mengenai otomotif juga berpengaruh terhadap pengambilan keputusan apakah memilih mobil buatan Jepang atau Eropa.

Sebuah mobil dapat menunjukkan strata ekonomi dari pemiliknya. Harga mobil Eropa yang mahal dan hanya dimiliki segelintir kalangan tentunya memberikan rasa puas tersendiri. Selain prestise yang didapat dengan memiliki mobil buatan Eropa, kepuasan lain yang didapat adalah kinerja mobil pada saat dikendarai. Mobil Eropa umumnya lebih berat dibandingkan dengan buatan Jepang karena komposisi bahan yang berbeda. Bobot kendaraan mobil Eropa yang tinggi membuat kendaraan akan stabil dan mantap disegala medan. Kapasitas mesin mobil Eropa yang besar juga sangat membantu dalam mengarungi medan yang sulit seperti tanjakan maupun jalan yang berkelok. Kualitas mesin dan teknologi masih membuat mobil Eropa lebih unggul.

About Bas