Thursday , October 29 2020

Hamparan Terumbu Karang Di Pulau Rumberpon Papua

Kali ini kita akan berkunjung ke Pulau Rumberpon di Kabupaten Teluk Wondama. Pulau yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Manokwari ini menyuguhkan hamparan luas terumbu karang berkelas dunia dan kaya akan beragam biota laut.

Salah satu yang terumbu karang yang populer adalah karang 9 reef yang selalu diminati wisatawan. Para suhu traveler menyebut pulau ini sebagai surga untuk aktivitas laut. Jika penasaran, bisa buktikan sendiri dengan datang langsung.

Papua memang tambang emas wisata laut yang masih murni dan jauh dari keriuhan kota besar. Liburan ke sini bagi mereka yang super sibuk adalah pilihan yang sangat tepat. Pantai yang luas dengan pasir putih, air jernih dan ombak yang tenang. Bisa dijadikan tempat meditasi untuk menyegarkan pikiran, tubuh dan jiwa kita loh.

Hamparan laut putih jernih yang dikelilingi oleh pantai pasir putih sepanjang 6 km ini dinamai Pantai Pasir Panjang. Karena memang pantainya yang luas, panjang dan masih bebas dari bangunan vila seperti pantai-pantai di tempat wisata lain.

Melangkahkan kaki ke pantai ini akan membuat siapapun terkagum-kagum dengan keelokan pantainya yang landai, ombak yang tenang dan dikelilingi oleh alam yang asri. Inilah alasan banyak wisatawan betah berada di Papua dan menjadikan tempat ini sebagai destinasi favorit mereka.

Selain terumbu karang, pulau ini juga dipenuhi oleh hewan langka seperti kuskus, elang laut, penyu, ikan duyung, dan rusa. Tidak sedikit dari mereka yang datang bukan untuk berlibur tapi melakukan penelitian terhadap hewan-hewan langka ini. Mereka melakukan pengamatan pada burung-burung dan penangkaran rusa juga. Hewan-hewan langka ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Pulau ini sering disebut sebagai surganya pada penyelam karena memanjakan pengunjung dengan bermacam aktivitas laut seperti snorkeling, wind surfing, scuba diving, atau memancing. Kita bisa langsung menikmati keindahan dari dekat. Jika beruntung, maka para penyelam akan bisa melihat kerangka pesawat tempur Jepang yang tenggelam saat perang dunia II. Sepertinya ini adalah salah satu pesawat tempur yang ditembak jatuh oleh Jendral MacArthur dulu.

Tidak hanya keindahan laut, daya tarik lain pulau ini adalah adanya alang-alang yang menjadi rumah untuk satwa burung rusa. Alang-alang yang biasanya hanya dapat tumbuh di atas tanah, di sini tumbuh di atas pasir pantai. Inilah yang membuat tempat ini tambah unik dan berbeda. Selain itu, ada habitat mangrove dan padang lamun yang menjadi tempat tinggal bagi para penyu laut dan duyung.

Jika ingin mengunjungi pulau ini, bisa memulai perjalanan dari Manokwari. Dari sini dapat menggunakan transportasi air yaitu speedboat langsung menuju Pulau Rumberpon. Perjalanan ini dapat ditempuh selama 5,5 jam. Bisa juga melalui darat dari Manokwari menuju Ransiki selama 3 jam dan menaiki speedboat ke Pulau Rumberpon dengan jarak tempuh 2 jam. Tapi perjalanan di Papua itu tidak akan membuat bosan karena melihat pemandangan sekeliling selama perjalanan sama dengan wisata itu sendiri.