Saturday , October 24 2020

5 Mitos Gunung Paling Angker di Indonesia Menurut Cerita Pendaki

Walaupun mendaki gunung itu melelahkan, namun tak bisa dipungkiri gunung tetap menjadi tempat favorit  bertravelling. Pasalnya, dengan jalan-jalan ke gunung, Kamu enggak hanya bisa menyaksikan panorama nan indah tapi juga memperoleh pengalaman yang mengasyikkan. Misalnya saja perjuangan saat mendaki serta keindahan alam yang terlihat dari atas puncak. Semua itu benar-benar dapat memuaskan jiwa.

Namun demikian, gunung yang tampak begitu megah ternyata juga menyimpan sisi mistis loh. Khususnya gunung-gunung di Indonesia. Ada banyak mitos dan cerita-cerita dari pendaki yang pernah mengungkapkan hal-hal mengerikan tentang gunung.

Nah, tanpa bertele-tele lagi, inilah 5 gunung yang dianggap paling angker di Indonesia.

 

  1. Gunung Lawu

Berlokasi di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, gunung Lawu menjadi salah satu gunung yang sarat akan mitos menyeramkan. Gunung ini dipercaya sebagai pusat kegiatan spiritual di jaman dulu, seperti semedi dan sejenisnya.  Selain itu adanya kawasan makam di sekitar gunung juga menjadi alasan mengapa gunung ini dianggap angker. Sedangkan di bagian puncak Hargo Dalem, tempat itu diyakini sebagai lokasi dimana Prabu Brawijaya, Raja Majapahit meninggal.

Tak cukup sampai disana, jalur pendakian menuju puncak gunung Lawu juga diyakini sebagai jalan perantara ke alam ghaib. Katanya sih, gunung Lawu menjadi kawasan pasar setan. Menurut beberapa kesaksian pendaki, mereka sering mendengar suara-suara gaduh dan kadang ketawanya wanita dari dalam jurang.

Untuk menghindari gangguan-gangguan tersebut, para traveler yang mendaki gunung Lawu disarankan untuk taat aturan. Harus sopan, gak boleh mengucapkan kata-kata jorok, berteriak ataupun buang sampah sembarangan. 

  1. Gunung Ciremai

Gunung yang berlokasi di Jawa Barat ini juga memiliki mitos hantu yang nggak kalah populer. Terdapat beberapa spot di gunung Ciremai yang dianggap angker. Diantaranya yaitu spot tanjakan Bapa Tere. Konon katanya tanjakan tersebut pernah dijadikan tempat pembuangan mayat anak kecil yang dibunuh oleh ayah tirinya. Ada juga spot Kuburan Kuda yang mana disana sering terdengar derap langkah kuda.

Hal lain yang tak kalah mengerikan adalah kesaksian warga setempat yang mengatakan kerap mendengar suara gamelan dari kawasan gunung tersebut. Beberapa orang menjelaskan bahwa dulunya gunung Ciremai dijadikan tempat pembuangan  mayat para tentara Jepang.

Menurut juru kunci disana, ada beberapa aturan yang harus dilakukan pendaki untuk menghindari gangguan dedemit. Pertama disarankan menginjakkan kaki di tanah 3 kali sembari mengucapkan salam. Kemudian setiap sampai di pos pendakian juga harus berucap “Assalamualaikum”. Pendaki tidak boleh mengucapkan hal-hal buruk, tidak boleh kencing dan tidak boleh memegang mulut. 

  1. Gunung Merapi

Siapa sih yang tidak tahu gunung Merapi? Gunung yang berlokasi di kawasan Yogyakarta, Jawa Tengah ini dikenal sebagai gunung berapi paling aktif di Indonesia. Hingga saat ini sudah terjadi 4 kali gempa vulkanik di gunung tersebut. Sisi lain yang menarik dari gunung ini adalah keberadaan mitos yang mengatakan bahwa gunung Merapi sangat angker. Ada banyak spot di gunung Merapi yang dianggap sakral sehingga traveler harus ektra hati-hati jika ingin mendaki disana.

Konon katanya, di gunung ini terdapat kerajaan berusia puluhan tahun yang dihuni oleh makhluk ghaib. Kemudian di kawasan pasar Bubrah biasanya pendaki kerap mendengar suara-suara bising dan lantunan gamelan. pasar Bubrah ini diyakini sebagai pasarnya para hantu.

Spot lain yang tak kalah serem adalah bunker kaliadem. Menurut kisah yang beredar pernah ada penduduk yang meninggal disana karena terkenal lahar panas dari gunung Merapi. Bungker ini begitu gelap dan sunyi. Yang lebih mengerikan katanya sering terdengar tangisan perempuan dari dalam bungker tersebut.

  1. Gunung Semeru

Keindahan panorama gunung Semeru, khususnya di puncak Mahameru dan Ranu Kumbolo memang tak bisa dielakkan. Gunung ini menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan domestik atau pun mancanegara. Bahkan juga pernah dijadikan lokasi syuting film populer berjudul 5 cm.

Namun tahukah Kamu, ternyata gunung Semeru juga menyimpan kisah mengerikan loh! Ada banyak pendaki yang mengaku melihat makhluk ghaib saat mendaki gunung ini, mulai dari sosok perempuan di tengah danau hingga pocong yang berkeliaran di pepohonan. Tak hanya itu saja, katanya kawasan Arcapada juga angker. Orang-orang yang tidak mengikuti aturan bisa saja mengalami linglung dan dibuat tersesat entah kemana.

  1. Gunung Rinjani

Berbicara tentang gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini memiliki pesona kecantikan alam yang dikagumi oleh masyarakat dunia. Namun dibalik keindahannya tersebut, gunung yang berlokasi di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini kental dengan kisah-kisah mistis loh! Menurut mitos yang beredar di masyarakat, di puncak gunung ini terdapat sebuah kerajaan jin dan dipimpin oleh sosok makhluk bernama putri Anjani.

Kemudian spot Danau Segara Anak, tempat ini juga dianggap suci oleh penduduk setempat. Terkadang dijadikan tempat menyelenggarakan ritual dan upacara adat. Di tempat ini pernah ada kejadian seorang pendaki Jepang yang berenang ke dalam danau namun kemudian menghilang begitu saja tak pernah ditemukan.

Yang lebih seram lagi, di gunung Rinjani terdapat kawasan-kawasan terlarang yang tidak boleh dilalui pendaki. Konon katanya kawasan tersebut adalah penghubung ke alam jin. Katanya sih, pernah ada orang yang nekat memasuki kawasan itu. Tapi sayang ia tak pernah muncul kembali.

So, itulah Guys beberapa kisah-kisah mistis di gunung-gunung Indonesia yang dianggap angker oleh para pendaki gunung. Nah, gimana pendapatmu? Kira-kira gunung mana nih yang pernah Kamu jelajahi?

About Bas