Thursday , October 22 2020

15 Trik Komputer Buat Kamu Yang Pengen Hemat Kuota

“Lagi asyik ngetik, eh tiba-tiba komputernya mati. Duh, mana belum disimpan tadi. Jadi terpaksa ngetik ulang deh”. Kamu yang pernah menghadapi sikon seperti ini pasti tahu gimana campur-aduknya perasaan – ya jengkel, ya nyesel, tapi tetap nggak bisa ngapa-ngapain, kecuali terpaksa mengetik ulang.

Itu dulu. Nanti setelah tahu 15 trik komputer yang kami bagikan, kawan semua tak perlu lagi takut kehilangan data penting. Kamu juga bisa lebih hemat kuota serta waktu lho. Jadi ayo baca lalu terapkan beberapa trik laptop berikut:

1.Membuka tab yang baru saja ditutup

Untuk membuka tab yang baru saja tertutup, kamu mungkin menggunakan cara klasik seperti menekan Ctrl H, lalu mulai mencari di deretan History. Ah, kelamaan! Mending coba formula berikut:

  • Ctrl + Shift + T untuk Windows
  • Cmd + Shift + T untuk macOS

2.Menyimpan webpage sebagai PDF

Tak perlu aplikasi atau ekstension khusus untuk melakukannya.

  • Windows – Ctrl + P, lalu pilih “Save as PDF” (jika nggak muncul option ini setelah klik kanan, tekan “print” dulu baru simpan file dalam bentuk PDF)
  • macOS – Cmd + P, lalu pilih “Save as PDF” di menu drop-down

3.Mencari e-book di Google

Caranya cukup mudah, yakni dengan membuka advanced search lalu pilih format file yang diinginkan apakah PDF, DOC, RTF, atau DjVu.

4.Mengetahui waktu di kota manapun

Tinggal ketik “time+nama kotanya” di mesin pencarian, contoh: time+jakarta.

5.Mengetahui kurs mata uang terkini

Contoh pengetikan di kolom pencarian: 900 dollar ke rupiah.

6.Menggunakan Google sebagai kalkulator

Ketikkan angkanya, lalu tanda kabataku (kali bagi tambah kurang), angka berikutnya, baru tekan “Enter”.

7.Memulihkan alamat situs yang sedang dibuka

Kamu mungkin pernah melakukan ini: bukannya membuka tab baru ketika hendak searching sesuatu, kamu malah mengetiknya di atas alamat situs yang sedang terbuka. Tenang, coba tekan “Esc” aja agar alamat situsnya kembali seperti semula.

8.Space Twitter masih kurang panjang

Dulunya Twitter hanya menyediakan 144 karakter, namun sekarang sudah ditambah menjadi 280 karakter. Namun bila inipun masih dirasa kurang, kamu bisa menggunakan Twishort, TwitLonger, atau Tall Tweets.

9.Menyimpan halaman FB agar bisa dilihat lagi nanti

Pilih “Save Link” di bagian atas halaman, lalu untuk kembali ke artikel tersebut, klik “Saved” pada kolom menu.

10.Ingin tahu email seseorang dari FB

Kamu mungkin tertarik pada seseorang di FB, tapi tidak punya contact person-nya. Tenang, kirim email saja ke username@facebook.com misal tono@facebook.com. Nanti jaringan akan menyampaikan pesanmu itu ke email yang dia pakai saat registrasi.

11.Menemukan dokumen/ file hilang atau launching program

  • Windows – Win+R, masukkan request-nya
  • macOS – Cmd + Space (Spotlight), masukkan request

12.Google Docs vs Word

Kebanyakan kita mungkin mengandalkan Word untuk mengetik dokumen berbentuk teks. Padahal itu bisa hilang jika lupa tekan Ctrl + S (simpan).

Buat yang sering mengalaminya, lebih baik gunakan Google Docs saja karena teksnya tersimpan otomatis setiap detik. Lagipula, kamu juga bisa mengedit itu dengan mudah via smartphone atau gadget lain.

13.Manfaatkan Punto Switcher

Punto Switcher merupakan program yang mengubah satu bahasa ke bahasa lainnya. Program ini membuat proses penulisan dan editing lebih mudah dan cepat.

14.Menghapus akun FB

Beberapa orang ingin akun FB-nya terhapus begitu mereka tiada. Cara untuk ini adalah dengan mengklik “Setting” – “General” – “Manage Account” – “Your Legacy Contact” – nama teman/ saudara – lalu pilih “Request account deletion”.

15.Fungsi strip menonjol di tombol F dan J

Terakhir nih, jika kamu perhatikan maka ada tonjolan strip kecil di tombol F dan J pada keyboard komputer atau laptop. Dua strip menonjol ini ternyata berfungsi memposisikan jari telunjuk saat blind typing.

So, itulah tadi 15 trik komputer yang bisa langsung dipraktekkan. Selamat mencoba!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *