Thursday , October 29 2020

14 Trik Biar Kuat Pakai High Heels Seharian

Sepatu hak tinggi memang membuat penampilan lebih anggun. Selain tubuh jadi lebih tinggi, kaki pun juga tampak jenjang dan menawan karenanya.

Namun di sisi lain, mengenakan high heels terus-menerus juga bikin kaki capek dan sakit. Lantas bagaimana caranya supaya kamu kuat pakai high heels seharian?! Berikut triknya:

1.Dinginkan sepatu dalam freezer

Simpan high heels dalam freezer selama 30 menit. Setelah itu kenakan dan biarkan bahan sepatunya beradaptasi dengan bentuk kaki (yang suhunya jelas lebih hangat).

Alternatif lain adalah dengan memasukkan kantong plastik berisi air dalam sepatu, lalu masukkan dalam freezer. Air yang nantinya membeku dapat meregangkan sepatu sehingga ukurannya bertambah besar sedikit.

2.Kaos kaki dan air panas

Cara memperbesar high heels sempit lainnya adalah dengan membasahi kaos kaki katun menggunakan air panas. Selanjutnya, kenakan kaos kaki basah tersebut sebelum pakai sepatu. Kenakan beberapa saat sebelum keluar rumah.

3.Tempel isolasi bolak-balik

Tempelkan bagian bawah kaki ke sol sepatu menggunakan isolasi bolak-balik. Trik ini akan menjaga sepatu tetap menempel di kaki, sekaligus mencegah timbulnya luka melepuh dan nyeri pada jari-jari kaki.

4.Pakai insole khusus

Mengenakan insole khusus, entah yang terbuat dari silikon atau kain, juga dapat mencegah kaki bergeser ke bagian depan. Sebaiknya, pilih insole silikon kalau sepatunya model open-toe agar itu tak terlihat dari luar.

5.Oleskan krim pelembab

Mengoleskan krim pelembab sebelum mengenakan high heels juga bisa menyelamatkan kaki dari gesekan, nyeri, hingga luka lepuh, khususnya bila alas kakinya baru dan sempit.

6.Taburkan bedak bayi

Menaburkan bedak bayi di kaki tak hanya mencegah keringat berlebih atau kaki terselip saat pakai sepatu, namun juga meminimalisir gesekan dan kemungkinan cedera.

7.Rekatkan jari-jari kaki

Sebelum memakai sepatu, rekatkan jari ke-3 dan 4 menggunakan selotip guna mengurangi tekanan saraf di antara 2 jari tersebut.

8.Hindari melepaskan high heels

Kebanyakan perempuan berpikir melepaskan sepatu sesekali bisa mengistirahatkan kaki. Itu memang benar, tapi kaki juga jadi gampang bengkak sehingga sewaktu sepatunya dipakai lagi nantinya, kaki malah jadi kesakitan.

9.Pakai sepatunya di rumah (seminggu sekali saja)

Pakailah sepatu hak tinggi di rumah sedikitnya seminggu sekali sebelum mengenakannya ke luar, terutama kalau baru beli atau ukurannya sempit. Dengan begitu, kaki bisa lebih terbiasa dan ukuran sepatunya juga jadi lebih longgar.

10.Aplikasikan deodoran

Sebelum memakai alas kaki berhak tinggi, aplikasikan deodoran ke area kaki, terutama yang rawan terkena gesekan.

11.Tetaplah berjalan

Walau mungkin terasa sakit, cobalah untuk tetap berjalan dari waktu ke waktu. Posisi berdiri diam sambil memakai high heels hanya akan membuatnya semakin sakit. Alternatif lain adalah dengan duduk dan beristirahat sejenak, tapi jangan tanggalkan sepatunya seperti saran no.8 tadi.

12.Rawat kaki

Kalau tumit kasar dan pecah-pecah atau timbul kalus di kaki, maka memakai high heels hanya akan memperburuk keadaan sehingga kaki lebih sakit lagi. Oleh sebab itu, penting sekali bagi kaki untuk dijaga kebersihan maupun kesehatannya.

13.Pilih hak yang tepat

Jika sebelumnya kamu tidak terbiasa mengenakan hak tinggi, hindari membeli stiletto atau high heels yang terlalu tinggi. Sebaliknya, melatih kaki lebih dulu dengan memakai hak yang lebih lebar dan pendek seperti wedges atau platform.

14.Selalu sedia plester

Kita biasanya baru tahu nyaman-tidaknya sepatu hingga itu dikenakan beberapa jam kemudian. Karenanya, selalu sediakan plester atau lainnya sebagai jaga-jaga bila sepatu mulai menyakiti kaki.

So, itu tadi trik biar kuat pakai high heels seharian. Saatnya praktek!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *