Saturday , October 24 2020

Gizi Ibu Hamil Yang Berguna Bagi Bayi Dalam Kandungan

Bagi wanita yang ingin memiliki anak, maka diperlukan persiapan kehamilan. Bukan baju bayi, bukan pula celana bayi. Melainkan persiapan pemenuhan gizi yang harus selalu diperhatikan ketika berencana hamil. Namun tetap dikontrol ketika sedang dan setelah kehamilan. Perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan semua bergantung pada Anda. Apa yang Anda konsumsi, maka itulah gizi yang akan diberikan oleh bayi. Lalu seperti apa gizi yang harus dipersiapkan oleh si calon ibu sebelum kehamilan agar berguna bagi bayi di dalam kandungan hingga lahir di dunia? Perhatikan persiapan kehamilan berkaitan dengan gizi makanan.

Tingkatkan Asupan Sumber Protein 10-15g/hari

Persiapan kehamilan yang harus calon ibu lakukan adalah dengan mulai meningkatkan asupan sumber protein. Jika selama ini Anda merasa kurang mengkonsumsi gizi protein dalam makanan, maka tingkatkan. Apalagi Anda memang sudah merencanakan kehamilan. Maka benahi terlebih dahulu pola makan Anda. Pastikan sumber protein yang Anda konsumsi mengalami peningkatan sekitar 10 hingga 15 gram per hari dan itu harus selalu dikontrol dengan kisaran yang sama selama hamil. Sumber protein tentu saja berasal dari tahu, tempe, ikan, daging ayam, telur, dan lain-lain. Asupan sumber protein ibu hamil yang cukup berguna bagi pertumbuhan jaringan bayi.

Tingkatkan Asupan Sumber Lemak Tak Jenuh

Persiapan kehamilan yang harus calon ibu lakukan tidak kalah penting adalah mulai meningkatkan asupan sumber lemak tak jenuh. Sama seperti protein, jika Anda selama ini kurang mengkonsumsi gizi asam lemak tak jenuh dalam makanan, maka tingkatkan. Sangat penting persiapan kehamilan dengan mulai meningkatkan asupan gizi satu ini. Pastikan Anda tidak melupakan sumber pangan yang mengandung gizi asam lemak tak jenuh. Sumber asam lemak tak jenuh tentu saja berasal dari daging sapi, margarin, minyak nabati, dan lain-lain. Asupan sumber asam lemak tak jenuh ibu hamil yang cukup berguna bagi pertumbuhan organ otak bayi.

Tingkatkan Asupan Sumber DHA

Persiapan kehamilan yang harus calon ibu lakukan selanjutnya adalah mulai meningkatkan asupan sumber DHA. Sangat sering Anda dengar bahwa ibu hamil itu harus cukup dengan DHA. DHA sangat berguna bagi bayi. DHA sendiri merupakan asam lemak esensial. Sumber DHA tentu saja berasal dari ikan, hasil laut, dan lain-lain. Asupan DHA ibu hamil yang cukup berguna bagi perkembangan kecerdasan otak bayi, merangsang seluruh bagian panca indra bayi, sampai untuk mengontrol pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Tingkatkan Asupan Mineral Fe Dan Ca

Persiapan kehamilan yang harus calon calon ibu lakukan tidak boleh dilupakan adalah mulai meningkatkan asupan sumber mineral. Dua mineral yang paling penting untuk ditingkatkan bagi ibu hamil adalah mineral Fe dan mineral Ca. Sumber Fe tentu saja berasal dari bayam, hati, ikan, jagung, kedelai, dan lain-lain. Sumber Ca tentu saja berasal dari brokoli, susu, dan lain-lain. Asupan sumber Fe ibu hamil yang cukup berguna untuk menambah keberadaan dari jumlah sel eritrosit atau sel darah merah. Asupan sumber Ca ibu hamil yang cukup berguna untuk pertumbuhan dari tulang serta gigi bayi.

Selain protein, asam lemak tak jenuh, DHA, Fe, dan Ca, asupan gizi bagi calon ibu hamil tentu juga diimbangi dengan sumber gizi yang lain. Seperti karbohidrat dan vitamin. Namun utama yang perlu diperhatikan sebagai persiapan kehamilan adalah sumber-sumber gizi yang telah disebutkan di atas. Dengan Anda mampu memenuhi persiapan kehamilan dengan gizi yang baik, maka akan berguna bagi bayi di dalam kandungan dan sampai si bayi lahir ke dunia.

About Bas