Wednesday , October 21 2020

Girls, Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan yang Wajib Kamu Tahu

Minyak zaitun memang telah lama dikenal manfaatnya untuk kecantikan, bahkan sejak zaman Mesir kuno. Minyak zaitun ini kaya akan nutrisi. Di dalamnya terkandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam lemak omega-3, polifenol, kalsium, kalium dan zat besi.

Dengan adanya kandungan vitamin, mineral dan antioksidan tersebut, minyak zaitun sangat efektif untuk merawat kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan, minyak zaitun juga bisa bikin wajah jadi lebih glowing dan kenyal.

Nah, lengkapnya, berikut ini beberapa khasiat dari minyak zaitun untuk kulit dan rambut. Simak yuk!

  1. Minyak Zaitun Untuk Mencerahkan Wajah

Minyak zaitun dikenal dapat membantu mencerahkan kulit. Ini dikarenakan minyak zaitun kaya vitamin A yang bertindak dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Selain itu, adapula kandungan vitamin C yang mencegah pigmentasi, serta vitamin E yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan efek buruk radikal bebas.

Untuk memperoleh khasiat dari minyak zaitun, caranya:

  • Siapkan 1 butir kuning telur dalam sebuah mangkuk
  • Tambahkan 1 sdm minyak zaitun
  • Aduk rata
  • Oleskan pada wajah hingga merata
  • Diamkan hingga mengering
  • Bilas dengan air

Agar hasilnya optimal, lakukan perawatan ini 1-3 kali seminggu.

  1. Minyak Zaitun Untuk Mengatasi Mata Panda

Anda punya masalah mata panda? Sudah pakai banyak krim mata tapi tidak memberikan hasil memuaskan? Coba deh lakukan perawatan dengan minyak zaitun!

Minyak zaitun ini kaya vitamin C, E dan K yang dapat menyamarkan lingkaran hitam serta mengurangi garis-garis halus di sekitar mata. Kamu cukup mengoleskannya pada bagian bawah mata secara perlahan. Ingat ya, jangan ditekan terlalu keras! Kemudian, diamkan semalaman. Keesokan paginya cuci dengan air sampai bersih.

Metode ini memang tak memberikan hasil instan. Namun jika Kamu rutin mengaplikasikannya, perlahan area bawah matamu akan cerah kembali.

  1. Minyak Zaitun Untuk Pembersih Make up

Tahu tidak, minyak zaitun juga efektif digunakan untuk membersihkan sisa-sisa make up pada wajah, loh! Baik itu make-up biasa ataupun waterproof. Dan pemakaian minyak zaitun ini enggak menimbulkan efek samping. Minyak zaitun cocok digunakan untuk segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Untuk cara pakainya, cukup tuang sedikit minyak zaitun pada kasa. Lalu usapkan dengan lembut hingga wajah benar-benar telah bersih dari make-up. Terakhir, gunakan air hangat untuk mengangkat sisa-sisa minyak yang menempel di kulit.

  1. Minyak Zaitun Untuk Lotion Tubuh

Tak hanya merawat kecantikan wajah, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan sebagai lotion tubuh. Adanya kandungan vitamin dan mineral di dalam minyak zaitun dapat membantu mencerahkan sekaligus melembabkan kulit tubuh. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan cukup tinggi. Sehingga Kamu bisa menggunakannya sebagai pelindung tubuh dari paparan sinar matahari.

Untuk cara pemakainnya, tuangkan sedikit minyak zaitun pada telapak tangan. Kemudian, ratakan ke seluruh tubuh, terutama leher, tangan dan kaki. Jika Kamu merasa kurang nyaman dengan pemakaian minyak ini secara langsung, alternatif lain Kamu bisa membeli body lotion yang mengandung ekstrak minyak zaitun.

  1. Minyak zaitun Untuk Melembutkan Rambut

Masalah rambut kering, bercabang dan frizzy, juga bisa diatasi dengan minyak zaitun! Kandungan nutrisi yang cukup tinggi dalam minyak zaitun dapat membantu menjadikan rambut lebih lembut dan halus. Di samping itu, minyak zaitun juga ampuh membasmi ketombe.

Untuk mengatasi rambut kering, Kamu bisa mencoba cara ini:

  • Pertama, campurkan 2 sdm minyak zaitundengan 2 sdm santan kelapa
  • Aduk rata
  • Usapkan pada rambut hingga merata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan sampo hingga bersih

Sedangkan bila hanya ingin membersihkan ketombe, cukup aplikasikan minyak zaitun saja tanpa tambahan apapun.

  1. Minyak Zaitun Untuk Menicure & Pedicure

Ingin punya kuku yang mengkilap dan bersih? Tak perlu repot-repot perawatan menicure dan pedicure di salon! Kamu bisa loh merawat kukumu dengan minyak zaitun. Minyak ini terbukti dapat membantu membersihkan kotoran pada kuku, sekaligus membuatnya lebih mengkilap dan kuat.

Metode pengaplikasiannya:

  • Campurkan 5 sdm minyak zaitun ke dalam baskom yang berisi air
  • Rendam kuku tangan dan kaki selama 20 menit
  • Jika sudah, angkat tanpa perlu dibilas

Metode ini bisa Kamu ulangi 3 kali seminggu untuk menjadikan kukumu tampak lebih indah.

Nah, itulah tadi Girls, beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit dan rambut. Semoga membantu dan bermanfaat ya!

feature image: savoirflair.com

About amania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *