Tuesday , October 20 2020

Gejala dan Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Obat

Masuk angin ini biasanya terjadi ketika adanya perubahan cuaca yang tidak mendukung.

Gejala masuk angin :

  1. Diare.
  2. Pilek.
  3. Demam.
  4. Cegukan.
  5. Mudah lelah.
  6. Perut kembung.
  7. Mual dan muntah.
  8. Sering mengantuk.
  9. Berkeringat dingin.
  10. Nafsu makan berkurang.
  11. Tubuh terasa tidak nyaman (meriang/menggigil).
  12. Sulit untuk mengeluarkan kentut maupun bersendawa.
  13. Selalu merasa kedinginan (terutama di ujung jari kaki dan tangan).

Untuk mengatasi masuk angin yang menyerang Anda, sebaiknya lakukan beberapa cara berikut ini agar tubuh dapat kembali fit. Yuk, simak dulu informasinya berikut ini!

Buatlah Tubuh Menjadi Tetap Hangat

Ketika masuk angin, tubuh pun terasa tidak nyaman. Seluruh tubuh mendadak menggigil kedinginan. Apabila sudah begini, usahakan supaya tubuh berada dalam kondisi yang hangat. Gunakanlah jaket atau baju hangat agar tubuh tetap terjaga. Lalu usahakan pula tubuh berada di dalam kondisi yang baik. Berusahalah berada di dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Apabila Anda tinggal di daerah dingin, usahakan untuk selalu menggunakan selimut ketika tidur agar tetap dalam kondisi nyaman.

Konsumsilah Wedang Jahe Hangat

Wedang jahe memang merupakan salah satu minuman yang sangat nikmat dikonsumsi ketika tubuh dalam kondisi tidak nyaman akibat masuk angin. Wedang jahe yang hangat bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan nyaman. Supaya wedang jahe yang Anda konsumsi memiliki manfaat lebih, usahakan untuk menambahkan sedikit madu di dalam wedang jahe yang hangat. Dalam hal ini, madu bisa membuat kamu menjadi lebih fit dan tubuh pun akan menjadi cepat sembuh. Namun tidak disarankan pada penderita maag atau penderita keluhan lambung karena jahe bisa membuat iritasi lambung jadi tambah parah.

Hindari Gorengan

Memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi memang sangat diperlukan agar tubuh tetap berada dalam kondisi fit, segar dan bugar. Banyaklah mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus. Usahakan untuk menghindari makanan seperti goreng yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Usahakan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan segar dan jus buah yang Anda olah sendiri di rumah agar lebih sehat.

Istirahat Yang Cukup

Ketika Anda masuk angin atau terkena flu, ada baiknya untuk tidur atau beristirahat dengan waktu yang cukup. Tidurlah setidaknya 7 – 8 jam per hari ketika Anda mengalami masuk angin. Ketika tidur, tubuh selalu melakukan regenerasi dan sangat membantu dalam proses penyembuhan. Oleh karena itu, pastikan agar Anda dapat tidur dalam jumlah yang cukup. Usahakan untuk menghindari benda-benda yang bisa membuat Anda terganggu ketika tidur salah satunya adalah mematikan ponsel dan tidurlah ketika kamar dalam kondisi nyaman.

Jangan Mengerok Badan

Kerokan merupakan salah satu cara atau kebiasaan orang Indonesia ketika masuk angin. Sebagian dari mereka yang masuk angin, kerokan adalah obat paling ampuh. Namun, tahukah Anda? Kerokan sebetulnya sangat tidak dianjurkan. Lebih baik baluri tubuh dengan minyak kayu putih yang dapat memberikan rasa hangat di tubuh.

About Bas