Saturday , October 24 2020

Waspada! 6 Keluhan ini Merupakan Gejala Kadar Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia) merupakan kondisi dimana kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal. Kolesterol ini adalah senyawa lemak yang  dihasilkan oleh hati dan juga diperoleh dari sumber makanan. Menurut ilmu sains, kolesterol dalam tubuh dibedakan menjadi 2 macam, yakni kolesterol HDL dan LDL.

Kolesterol Baik

Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) dikenal sebagai kolesterol baik. Kolesterol ini diangkut dari seluruh jaringan menuju ke hati untuk dihancurkan, kemudian dikeluarkan dari tubuh lewat proses metabolisme.

Kolesterol Jahat

Sementara kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dikenal sebagai kolesterol jahat. Kolesterol ini tersebar ke seluruh jaringan tubuh. Apabila kadarnya berlebihan maka bisa memicu beragam penyakit membahayakan.

Kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh pola hidup yang buruk. Hal ini tentu harus diperhatikan. Sebab jika kadar kolesterol LDL mencapai diatas 200 mg/dL maka pembuluh arteri bisa tersumbat dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, yakni jantung dan pembuluh darah.

Nah, jika Anda sering mengeluh sakit pada tubuh berikut, mungkin itu merupakan gejala / ciri-ciri kolesterol tinggi dalam darah:

 

1. Sering Sakit Kepala

Gejala kolesterol yang paling sering dialami penderitanya adalah sakit kepala. Biasanya rasa sakit terletak di bagian belakang kepala. Ini bisa dikarenakan efek tekanan darah yang tinggi sebab pembuluh arteri tersumbat oleh plak yang menumpuk berlebihan.

Plak yang menumpuk juga menyebabkan sirkulasi darah ke otak terhambat. Sehingga penderitanya jadi gampang merasakan pusing. Jika mengalami gejala ini, Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter untuk tes kadar kolesterol dan tekanan darah. Tidak setiap penderita kolesterol mengidap hipertensi.

 

2. Mudah Kesemutan

Gejala kedua adalah kesemutan. Biasanya kesemutan muncul di kaki saat seseorang duduk terlalu lama. Namun pada penderita kolesterol tinggi, ia gampang kesemutan walau hanya duduk sebentar. Kesemutan bisa terasa di tangan ataupun telapak kaki.

 

3. Nyeri Dada

Apakah Anda sering mengalami nyeri dada? Jika iya, maka Anda harus berhati-hati. Terutama bila gejala tersebut berkepanjangan. Sebab penderita kolesterol tinggi juga rentan mengalami nyeri dada.

Kondisi ini dikarenakan terganggunya sirkulasi darah akibat penumpukan plak dalam arteri. Yang kemudian menyebabkan organ jantung kekurangan suplai darah sehingga fungsi kerjanya menurun.

Selain itu, nyeri dada bisa pula dikarenakan efek hipertensi. Sementara hipertensi dan kolesterol tinggi juga berkaitan. Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter saat mengalami nyeri dada berkepanjangan.

 

4. Sembelit

Peningkatan kadar kolesterol dalam darah tidak hanya mempengaruhi organ kardiovaskuler. Tapi juga mengganggu sistem pencernaan. Salah satu dampaknya yakni si penderita jadi sulit BAB atau mengalami sembelit.

Kondisi ini bisa terjadi dalam kurun waktu lama. Untuk mengatasinya Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan berserat dan cek kadar kolesterol di rumah sakit.

 

5. Mudah Merasa Mual

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, dikarenakan sistem pencernaan terganggu maka si penderita juga akan merasakan gejala mual. Nafsu makannya pun menurun dan penderita juga akan sering muntah-muntah. Gejala ini biasanya muncul saat kadar kolesterol sudah sangat tinggi. Segera periksakan diri ke dokter bila Anda mengalaminya.

 

6. Mudah Lelah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada penumpukan kolesterol di pembuluh arteri bisa menghambat sirkulasi darah.

Kondisi ini menyebabkan organ dan jaringan kekurangan suplai darah sehingga efeknya sistem kerjanya juga berantakan. Inilah yang kemudian membuat tubuh jadi mudah lelah seolah-olah telah melakukan pekerjaan berat.

Selain itu otot-otot tubuh juga terasa lemah. Ini membuat penderitanya jadi sulit berjalan. Dan akan menghabiskan banyak waktu untuk beristirahat.

Sebenarnya masih banyak gejala dari kolesterol tinggi. Namun tanda-tanda diatas sudah cukup menjadi alasan untuk Anda memeriksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

About Bas