Gambaran Umum Kabupaten Kepulauan Yapen Papua Yang Mempesona

Sebelumnya, tahukah Anda dimana letak Kabupaten Kepulauan Yapen ini? Jika belum, maka mulai sekarang Anda harus tahu bahwa kabupaten yang satu ini adalah salah satu kabupaten di Papua. Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa gambaran umum Kabupaten Kepulauan Yapen.

Mengapa fakta-fakta ini menarik untuk diulas? Tentu agar Anda lebih kenal dengan daerah ini dan mungkin saja akan menjadikan kabupaten ini untuk destinasi wisata liburan besok.

1. Nama Awal Kabupaten Kepulauan Yapen

Kabupaten Kepulauan Yapen tak datang dengan nama yang sama dengan nama sekarang ini. Tadinya, kabupaten ini disebut sebagai Kabupaten Yapen Waropen. Daerah ini resmi menjadi kabupaten atas peraturan perundangan Undang Undang Nomor 12 Tahun 1969 yang mengatur tentang Otonom Provinsi Irian Barat.

Alasan utama dari perubahan nama kabupaten ini adalah munculnya Kabupaten Otonom Waropen yang dari kabupaten yang sama. Sehingga supaya tidak terjadi duplikasi nama, dirubahlah nama Kabupaten Yapen Waropen menjadi Kabupaten Kepulauan Yapen.

pemandangan alam kabupaten kepulauan yapen
pemandangan alam kabupaten kepulauan yapen (asset.kompas.com)

2. Jumlah Bupati

Sejak berdirinya kabupaten ini, ada lima pasangan bupati dan wakil bupati berbeda yang menjabat selama enam periode. Diawali oleh Daud Soleman Betawi dan wakilnya Decky Nenepat yang dimulai tahun 2005 dan 2006. Untuk sekarang ini Kabupaten Kepulauan Yapen dipimpin oleh Tonny Tesar sebagai bupati dan Frans Sanadi sebagai wakil bupati. Pasangan bupati dan wakil bupati ini menjabat hingga Oktober 2022.

3. Dibagi Menjadi Empat Belas Distrik

Mirip dengan kecamatan, hanya saja berdasarkan sumber yang valid pembagian wilayah di kabupaten ini diberi nama ‘distrik’. Adapun empat belas distrik yang berada di dalam Kabupaten Kepulauan Yapen ini antara lain distrik Angkaisera, Poom, Yapen Barat, dan Yapen Selatan, dan lainnya.

4. Warga dan Agama yang Diyakini

Mayoritas penduduk Kabupaten Kepulauan Yapen menganut agama Kristen Protestan, yaitu sebanyak 86,03%. Sisanya adalah umat Islam sebanyak 11,19%, 2,57% Katolik, 0,11% Hindu, dan 0,10% Budha.

5. Letak Geografis Kabupaten Kepulauan Yapen

Telah dibahas di atas bahwa Kabupaten Kepulauan Yapen merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua. Kabupaten ini memiliki letak geografis di bagian utara Papua serta memiliki luas sebesar 18.746 kilometer persegi.

Tercatat sebanyak 96 ribuan jiwa yang menempati Kabupaten Kepulauan Yapen saat ini dengan kepadatan sebesar 5,13 jiwa per kilometer persegi. Terdengar tidak padat bukan? Mungkin jika Anda ingin pindah ke daerah yang tidak terlalu padat dan tenteram bisa memilih Kabupaten Kepulauan Yapen ini di Papua.

6. Hari Jadi dan Dasar Hukum

Termasuk masih baru sebagai kabupaten, Kabupaten Kepulauan Yapen baru resmi menjadi sebuah kabupaten pada tanggal 19 Mei 2008. Hukum yang menyatakan adanya kabupaten ini adalah Peraturan Pemerintah Nomor 40 tahun 2008. Sedangkan ibukota dari kabupaten ini adalah kota Serui.

7. Memiliki Banyak Wisata Pantai

Fakta kali ini harus Anda ingat baik-baik saat disana nanti. Kabupaten Kepulauan Yapen memiliki banyak sekali wisata pantai. Semuanya memiliki ciri yang sama, yaitu berupa pasir putih dan pemandangannya sangat indah. Ada pantai yang tekstur pasirnya putih halus, ada juga yang pasir pantainya bertekstur kasar namun berwarna putih.

Karena semua pantai di Kabupaten Kepulauan Yapen sangatlah indah, Anda tak perlu bingung harus menuju kemana dulu saat disana. Adapun beberapa pantai yang populer di kabupaten ini antara lain Pantai Inggrisau, Pantai Mioka, Pantai Miosindi, Pantai Mariadei, dan Pantai Sarawandori.

8. Pulau Ambai

Bicara soal wisata, ada satu pulau di Kabupaten Kepulauan Yapen yang jangan sampai terlewat. Jadikan Pulau Ambai sebagai salah satu destinasi wisata Anda saat di kabupaten ini nanti. Apa alasannya?  Pulau Ambai dikenal sebagai pulaunya mereka yang ingin menikmati wisata bahari.

pulau ambai yapen papua
pulau ambai yapen papua (yapenserui.files.wordpress.com)

Pasir putih pantainya yang lembut menghiasi warna biru bening dari pantainya. Disana Anda bisa lakukan apa saja dengan santai, entah itu sekedar berjalan-jalan, duduk santai, atau menikmati petualangan hutan di pantai ini. Ya, Pulau Amba memiliki hutan yang cukup aman untuk pengunjung dan bisa dijadikan untuk liburan berpetualang.

9. Kampung yang Terapung

Kabupaten Kepulauan Yapen memiliki perkampungan yang mengapung. Kampung ini adalah Kampung Papuma. Kampung Papuma merupakan kampung yang mengapung di atas air di pinggir pantai. Disana Anda bisa membeli oleh-oleh, terlebih buah matoa yang khas.

Berada di atas air, rumah-rumah di Kampung Papuma ini berupa rumah panggung yang pastinya kokoh. Akan sangat memanjakan mata apabila Anda datang ke perkampungan ini di sore hari, pemandangan senja yang membaur dengan pantai yang di atasnya ada rumah-rumah pasti jarang akan Anda temukan nantinya.

Itulah Gambaran Umum tentang Kabupaten Kepulauan Yapen Papua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *