Saturday , October 31 2020

Gak Cuma Bikin Mata Panda, 6 Dampak Buruk Begadang Ini Juga Bikin Ngeri

Di zaman sekarang ini, begadang seolah menjadi kebiasaan yang dianggap wajar bagi masyarakat. Tak sedikit para remaja hingga orang dewasa yang memilih menghabiskan waktu malam dengan bekerja atau berselancar di dunia maya di saat jam-jam tidur.

Well, jika Kamu termasuk salah satu orang yang gemar begadang, maka cepat-cepat hentikan kebiasaan itu! Begadang tak hanya menciptakan ‘mata panda’ di wajahmu, tapi secara perlahan juga memicu beragam dampak buruk.

Beberapa bahaya dari begadang seperti dibawah ini!

  1. Kulitmu Jadi Cepat Menua

Malam adalah waktu dimana kulit bergenerasi secara optimal. Sel-sel kulit mati akan tergantikan oleh sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Dan proses ini hanya akan berlangsung sempurna jika Kamu berada dalam kondisi tidur!

Sebaliknya, apabila Kamu terjaga maka proses regenerasi kulit pun akan sangat terganggu. Sehingga akibatnya kulitmu akan tampak kusam, mudah keriput dan munculnya area hitam dibawah mata. Jika Kamu tetap membiasakan begadang, maka efek buruknya Kamu akan berisiko mengalami penuaan kulit dini.

  1. Kamu rentan mengalami stres dan cemas

Kamu tahu nggak, aktivitas begadang berkaitan erat dengan kerja otak. Apabila Kamu memaksa tubuhmu untuk terus terjaga hingga larut malam, maka kinerja otak akan mengalami penurunan.

Secara otomatis, kadar hormon kortisol juga meningkat sehingga mengakibatkan efek kecemasan berlebihan. Kamu akan mudah merasa tersinggung, gelisah hingga despresi. Biasanya gejala ini mulai tampak keesokan hari setelah Kamu tak tidur malam.

  1. Kehilangan Fokus

Dampak buruk selanjutnya yang akan Kamu alami adalah kehilangan fokus. Kondisi ini terjadi jika Kamu tetap terjaga hingga 2 hari. Kerja sel syaraf di otak menjadi semakin menurun, sehingga efeknya lansung mempengaruhi pikiran dan psikis.

Kamu jadi mudah linglung dan sulit untuk berpikir yang berat. Dalam tahap lebih parah, ingatan akan semakin melemah hingga membuatmu gampang lupa.

  1. Sistem Imun Melemah dan Detoksifikasi Tubuh Terganggu

Jika Kamu masih meneruskan kebiasaan begadangmu, dalam artian Kamu tetap beraktivitas di tengah malam selama berhari-hari, maka bukan tak mungkin kekebalan tubuh akan menurun. Kamu akan merasakan kelelahan di sekujur tubuh. Bahkan jadi rentan terinfeksi virus ataupun bakteri sehingga memperbesar risiko sakit.

Selain itu, proses metabolisme juga turut terganggu akibat jam tidur malam yang tak teratur. Perlu Kamu ketahui bahwa pada pukul 22.00 malam hingga 00. 03 pagi, tubuh melakukan proses pembersihan racun (detoksifikasi). Jika Kamu terjaga di saat itu, otomatis detoksifikasinya tidak bisa berlangsung optimal.

  1. Memicu Halusinasi

Ketika tubuhmu berada dalam kondisi terus-menerus terjaga, tanpa tidur malam hingga 3-4 hari, maka lama-kelamaan Kamu berisiko mengalami halusinasi. Produksi hormon dalam tubuh yang tidak seimbang merangsang reaksi kimiawi di otak yang membuatmu seolah-olah melihat sesuatu yang tak ada. Seakan-akan Kamu berada diantara dunia nyata dan mimpi.

Jika Kamu tak segera mengistirahatkan tubuhmu dengan tidur, maka efeknya Kamu akan mengalami kehilangan ingatan jangka pendek.

  1. Meningkatkan Risiko Penyakit Degeneratif

Jangan menganggap penyakit degeratif hanya diderita oleh orang-orang berusia lanjut. Nyatanya, sekarang ini tak sedikit orang muda yang mengidap penyakit degeneratif, seperti diabetes, gangguan jantung, dan hipertensi.

Adapun salah satu pemicunya yakni pola hidup yang tak sehat. Misalnya saja, kebiasaan begadang. Menurut para pakar kesehatan, orang yang terbiasa terjaga semalaman cenderung lebih mudah menderita penyakit degeneratif. Mereka juga rentan terhadap gangguan liver. Efek buruk lainnya, begadang juga kerap menurunkan fungsi organ pengelihatan. Terlebih lagi, jika Kamu terbiasa nonton dengan lampu yang padam, itu sangat tidak baik sebab bisa merusak retina mata.

Nah, kira-kira itulah beberapa dampak buruk dari kebiasaan begadang. Ngeri banget, kan? Maka itu, mulai sekarang segera hentikan kebiasaan begadang! Jika tidak benar-benar urgent, baiknya Kamu tunda aktivitasmu di malam hari. Gunakan waktu malam untuk tidur sehingga kesehatanmu juga lebih terjaga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *