Fungsi Economizer pada Boiler

ECONOMIZER BOILER

Fungsi Economizer pada Boiler adalah untuk memanaskan air pengisi Boiler dengan memanfaatkan panas dari gas sisa pembakaran di dalam Boiler. Dengan meningkatnya temperatur air pengisi Boiler maka Efisiensi Boiler juga akan meningkat.

Gas sisa pembakaran bahan bakar di dalam Boiler masih mempunyai temperatur yang cukup tinggi. Dengan melewatkan gas sisa pembakaran melalui pipa-pipa Economizer maka akan terjadi transfer panas yang akan diserap oleh pipa-pipa Economizer dan panas tersebut diteruskan kedalam air pengisi Boiler yang terdapat di dalam pipa-pipa Economizer.

Fungsi Economizer pada Efisiensi Boiler

Dengan meningkatnya temperatur keluar dari Economizer maka temperatur air pada Boiler drum juga akan tinggi. Jika air dalam Boiler drum sudah tinggi maka akan diperlukan kalor yang lebih sedikit untuk merubah air menjadi uap seusuai dengan jumlah yang telah direncanakan. Kebutuhan kalori yang lebih sedikit tentu akan berdampak dengan berkurangnya penggunaan bahan bakar. Dengan Meningkatnya Efisiensi pada suatu Boiler, maka akan membuat biaya pengeluaran perusahaan juga akan menjadi lebih ekonomis dalam hal mengurangi pembelian bahan bakar Boiler.

Lokasi Peralatan Economizer

Letak peralatan economizer
Letak Economizer Setelah Superheater pada aliran gas buang Boiler.

Economizer adalah salah satu komponem penting Boiler yang terletak di bagian dalam Boiler, tepatnya diantara Superheater dan Air Heater. Biasanya Economizer pada Boiler terdiri dari beberapa tingkat, dan antara Economiser tingkat satu dengan lainya di pisahkan oleh ruangan yang berisi Soot Blower untuk membersihkan pipa-pipa Economizer dari kotoran atau debu-debu yang menempel pada pipa-pipa Econpmizer bagian luar.

Untuk menghubungkan Economiser tingkat satu dengan tingkat lainya, Economiser biasanya dihubungkan oleh sebuah Header yang berfungsi sebagai pengumpul air dan juga untuk memudahkan pemeliharaan Economiser oleh pihak maintenance apabila terjadi kerusakan pada pipa-pipa Ekonomizer. Beberapa Manhole juga terdapat di dinding Boiler diantara lapisan Economizer satu dan Lainnya yang berfungsi sebagai lubang masuk manusia untuk mengecek keadaan pipa-pipa Economizer pada saat Shutdown Boiler.

Aliran Air Pada Economizer

Aliran air pengisi Boiler berasal dari BFP ( Boiler Feed Pump ) dan melewati Economizer sebelum menuju Boiler Drum / Boiler Steam Drum. Di Economizer temperatur air pengisi Boiler pada sisi keluar / outlet Economizer akan lebih tinggi dari pada temperatur air masuk pada sisi masuk / inlet Economiser. Hal ini terjadi karena temperatur antara air pengisi Boiler yang terdapat dalam pipa-pipa Ekonomiser lebih rendah dari temperature gas buang Boiler yang berada di bagian luar pipa-pipa Economizer, sehingga akan terjadi perpindahan panas dari gas buag pembakaran ke air pengisi Boiler. Temperatur gas buang Boiler akan turun setelah melewati Economizer dan sebaliknya Temperatur air pengisi Boiler Drum akan meningkat setelah melewati Economizer.

Temperatur air yang masuk ke Economizer bergantung dari temperatur air dari Deaerator Tank dan HPH ( High Pressure Heater ). Jika Temperatur air pengisi Boiler dari Deaerator tinggi dan HPH juga dioperasikan maka temperatur air masuk ke Economizer juga akan tinggi. Biasanya pada saat beban Turbin Generator Tinggi dan Uap Extraction Turbin melimpah maka temperatur Deaerator dan Outlet HPH juga akan tinggi dan tentu saja temperatur air pengisi Boiler yang akan memasuki Economiser juga akan tinggi.

Alian Gas Buang pada Economizer

Gas buang pembakaran Boiler akan melewati Economizer bada bagian luar pipa Economizer. Pembakaran di dalam Boiler disamping menghasilkan Panas juga akan menghasilkan gas buang yang akan di buang ke Atmosfir. Aliran gas buang pembakaran di ruang bakar akan melewati Komponen Boiler seperti Superheater, Economizer, Air Heater, ESP, FGD, Cerobong baru ke Atmosfir.

Gas sisa pembakaran Boiler akan melewati superhaeater dan diteruskan ke bagian outlet Economizer baru menuju ke bagian Inlet Economizer sebelum menuju ke Air Heater.

Penutup

Economizer sebagai salah satu komponen Boiler memiliki peran atau fungsi yang cukup penting dalam meningkatkan Efisiensi Boiler. Semakin bagus kondisi penyerapan panas oleh Economizer maka semakin meningkat pula Efisiensi pada Boiler.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *