Thursday , October 22 2020

Flu Baiknya Konsumsi Vitamin C atau D

Musim penghujan adalah musim yang sering mendatangkan banyak penyakit. Mulai dari diare, demam, hingga influenza. Namun terkadang mayoritas terkena influenza atau yang lebih dikenal dengan flu. Uniknya mitos yang berkembang di masyarakat adalah dengan memperbanyak konsumsi vitamin C atau D. Memang kedua vitamin ini selalu dikaitkan mampu memperkuat kekebalan tubuh.

Namun faktanya Dr. Manny Alvares editor kesehatan Fox News menegaskan bahwa tidak ada vitamin yang mampu mencegah virus.

“Saya jelaskan tidak ada vitamin yang mampu mencegah virus. Vitamin C dan D dianggap sebagai vitamin yang esensial karena dapat memperlambat perkembangan infeksi virus,” Jelas Alvarez, seperti dikutip dalam Fox news, Sabtu (14/2/2015).

Berdasarkan Dr. Linus Pauling dimana dosis tinggi vitamin C dapat mengurangi frekuensi dan durasi flu biasa tapi sangat sedikit bukti kemanjurannya. Bila ditelaah lebih lanjut, vitamin c memiliki antioksidan penting untuk membantu mempertahankan otot, tulang, dan pembuluh darah. Dalam dosis tinggi, vitamin ini dapat mengurangi kemampuan virus untuk berkembang biak secara efektif di dalam sel. Vitamin C mampu ditemukan alami terutama pada jeruk.

Menurut Alvarez, dosis harian vitamin C yang dianjurkan untuk pria adalah 90 mg dan porsi konsumsi untuk wanita adalah 75 mg. Perlu ditekankan bahwa mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan atau lebih dari 2000 mg sehari dapat menyebabkan batu ginjal, mual atau diare.

Uniknya disisi lain, peneliti menemukan dampak kekurangan vitamin D dapat menimbulkan dampak yang negatif terhadap kesehatan Anda termasuk penyakit jantung, depresi, rakitis, gangguan kognitif bahkan bahaya kanker. Melalui uji klinis, vitamin D hampir tidak berdaya dalam memerangi flu pada orang dewasa. Untuk menemukan vitamin D dapat ditemukan alami dalam beberapa makanan seperti ikan, telur, dan produk susu. Tetapi vitamin D juga dapat ditemukan dalam bentuk suplemen.

Lalu cara apa yang efektif untuk memerangi virus influenza? Alvarez mengungkapkan cara terbaik untuk mencegah flu adalah melakukan vaksinasi.

About Bas