Wednesday , October 28 2020

Fasilitas Sekolah Di Jepang Itu Seperti Apa?

Bagi Anda yang suka dengan anime, manga, drama Jepang, maka sudah kenal betul dengan seluk-beluk kegiatan maupun suasana sekolah di Jepang. Gambaran yang paling kelihatan ketika membahas fasilitas sekolah Jepang adalah bangunan sekolah yang sudah pasti memiliki halaman sekolah yang sangat luas. Tidak ada sekolah Jepang yang minim halaman sekolah. Untuk lebih jelasnya mengenal fasilitas sekolah di Jepang seperti apa, maka simaklah berikut ini.

1. Bangunan Sekolah Dan Halaman Harus Luas

Sekolah di Jepang memang sekolah yang tidak hanya besar dan tinggi bangunannya. Namun juga harus memiliki halaman sekolah yang luas. Sebab banyak aktivitas siswa Jepang yang akan berlangsung di halaman sekolah. Seperti olahraga dan sebagainya. Ada persyaratan saat membangun bangunan  sekolah di Jepang. Yaitu, lahan yang dimiliki minimal seluas satu hektar. Jangan anggap bahwa hanya bangunan sekolah yang besar. Sebaliknya, halaman sekolah yang mengitari bangunan sekolah di Jepang dapat diaktakan lebih luas dari luas bangunannya yang besar. Cobalah lihat sekolah dalam Detektif Conan atau Doraemon untuk membuktikannya.

2. Lapangan Olahraga

Tidak perlu menyewa lahan sekolah lain untuk melangsungkan pelajaran olahraga. Di Jepang, sekolah-sekolah harus memiliki lapangan untuk pelajaran olahraga. Seperti lapangan sepak bola, lapangan basket, lapangan coli, dan lainnya. Tidak ada sea-menyewa lapangan di sekolah lain. Sebab bangunan dan halaman sekolah yang luas sudah menandakan bahwa sekolah di Jepang pasti memiliki fasilitas lapangan olahraga yang lengkap. Jika ingin sepak bola, maka di lapangan sepak bola. Jika ingin bermain basket, maka di lapangan basket. Semua sudah ada tempatnya sendiri dan siswa Jepang pun akan tahu di mana mereka harus berada.

3. Aula Luas

Selain lapangan olahraga, aula pun juga dimiliki oleh sekolah di Jepang. Fungsi aula sendiri bermacam-macam. Dapat digunakan saat pelajaran olahraga atau acara sekolah tertentu. Jadi, sekolah di Jepang tidak pernah sekalipun mengadakan acara sekolah di luar gedung sekolah. Jika memang itu acara dapat dilangsungkan di sekolah, maka akan berada di area sekolah. Mengingat bangunan dan halaman sekolah di Jepang yang luas, tentu dapat memiliki fungsi yang berguna untuk menunjang acara-acara besar sekolah.

4. Jam Makan Siang Di Dalam Kelas

Siswa di Jepang tidak mengenal jajan di luar sekolah saat jam istirahat tiba. Tidak mengenal apa itu malu untuk membawa bekal sendiri ke sekolah. Malahan Bento adalah bekal khas siswa Jepang yang harus selalu di bawa sekolah dan dimakan saat jam istirahat siang. Siswa Jepang tidak hanya membawa bento saja. Sebab sekolah di Jepang juga menyiapkan menu makanan dan minuman lain yang telah dipersiapkan. Seperti sup, susu kotak, dan lainnya. Dan itu juga dipersiapkan secara mandiri oleh siswa Jepang. Dengan memakai kostum ala chef ketika siswa tersebut memiliki tugas untuk menghidangkan makan siang kepada teman-temannya.

5. Suasana Sekolah di Jepang Terbilang Menyenangkan

Meskipun ada banyak pekerjaan rumah yang diberikan oleh sense, namun tidak memberatkan siswanya. Terlebih, jam belajar di Jepang juga dari pagi hingga siang. Tidak sampai sore ataupun malam. Sehingga para siswa dapat merasa sekolah itu menyenangkan. Dengan mengetahui fasilitas sekolah di Jepang seperti yang dijelaskan di atas, rasanya ingin mencoba bersekolah di Jepang. Namun jika memang tidak memungkinkan untuk merasakan sekolah di Jepang, hanya tinggal gigit jari. Jalan keluarnya adalah wisata ke Jepang dengan melihat kehidupan siswa di Jepang secara lebih dekat.