Wednesday , October 21 2020

7 Faktor Penyebab Bisnis Selalu Gagal

Menjalankan sebuah bisnis tidak selalu mulus, ada kalanya berhasil, ada kalanya gagal, penyebab bisnis menemui kegagalan sebenarnya ada banyak. Kegagalan sebuah bisnis ada yang berawal dari diri sendiri ada yang berasal dari luar. Nanun kegagalan dalam sebuah bisnis bukan hanya sebuah kegagalan, melainkan sebuah pelajaran. Hal seperti ini yang jarang orang mengerti. Ada sebuah pepatah yang berkata “kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”.

Dalam bisnis kalimat atau perkataan itu mengandung makna yang sangat dalam. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui penyebab bisnis menemui kegagalan.

1. Ketidakjelasan Bisnis

Banyak orang merintis usaha warung, namun tidak jelas apa isi warung terebut, dan apa yang mereka jual! Jika hanya sekedar berjualan memang mudah, tetapi mengelolanya itu yang sulit.\r\nDalam berbisnis kita perlu fokus pada apa yang akan kita tawarkan, dan segmen pasar yang seperti apa yang menjadi tujuan kita.

2. Tidak Paham Tentang Bisnis yang Dijalankan

Saat ini banyak orang yang demam batu ali, hampir semua orang berjualan batu ali. Mereka berbondong-bondong mencari batu dan menjualnya. Namun mereka tidak paham dengan apa yang mereka lakukan. Mereka hanya tertarik dengan apa yang sedang tred saat ini. Usaha yang seperti ini yang pastinya akan jatuh bangun, karena tidak fokus.

Ketika kita menjalankan sebuah bisnis, kenali bisnis yang akan kita jalankan tersebut dengan baik. Pelajari dengan baik, seluk beluk bisnis yang akan kita jalankan. Tidak ada salahnya jika kita bertanya pada seseorang yang memang ahli dalam bisnis yang akan kita jalankan tersebut.

3. Tidak Dapat Mengelola Modal Dengan Baik

Ini juga yang sering menjadi masalah pada banyak pebisnis. Mereka sering mengeluh bahwa modal yang mereka miliki kecil. Padahal bukan modal yang salah, melainkan diri kita yang tidak dapat mengelola modal yang ada. Kita tidak dapat mengelola apa yang kita butuhkan, dan mana yang sebaiknya ditunda.

Sebagai seorang pebisnis maka modal sebesar apapun harus kita terima dengan baik, dan kelola dengan baik. Setiap bisnis yang besar, tentu berawal dari bisnis yang kecil. Setiap bisnis yang besar, maka orang tersebut pandai dalam mengelola modal usaha.

4. Kurang Matangnya Perencanaan Awal

Salah satu yang sering membuat sebuah usaha gagal adalah kurang matangnya perencanaan awal. Ketika kita sedang berbinis, biasanya kita langsung meminjam atau menyediakan modal tertentu, namun tidak pernah merencanakannya dengan matang, ketika bisnis sedang turun, tentunya kita akan merasa kacau, dan tidak dapat berpikir dengan baik.

Sebelum kita menjalankan bisnis tertentu pelajari bisnis tersebut dengan baik, bagaimana mengatasi setiap permasalahan yang ada. Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dan bagaimana menghadapi kerugian. Jika semua hal tersebut telah kita persiapkan, maka kita tidak akan merasa gagal dalam berbisnis.

5. Tidak Disiplin

Kegagalan yang banyak dirasakan orang yang baru saja berbisnis adalah tidak disiplin, kebanyakan orang cenderung menyepelekan sesuatu. Disiplin biasanya digunakan hanya orang yang bekerja, bukan seorang pebisnis! Itu adalah kata-kata yang salah. Seorang pebisnis harus benar-benar disiplin jika ingin sukses. Dengan disiplin, maka kita akan tahu apa yang harus dilakukan, dipersiapkan, dll.

6. Kurangnya Promosi

Tidak mempromosikan produk dengan baik juga dapat menyebabkan kegagalan! Setiap bisnis memerlukan promosi yang baik. Ini kita butuhkan agar orang mengenal apa yang sedang kita lakukan atau apa yang sedang kita jual. Promosi tidak harus melalui media iklan, ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mempromosikan apa yang kita lakukan atau jual. Kita dapat menggunakan promosi dari mulut ke mulut, karena cara ini lebih efektif dibandingkan cara lainnya, walaupun sedikit lambat. Kita juga dapat menggunakan media sosial, atau media iklan untuk memprmosikan apa yang kita lakukan atau apa yang kita jual.

7. Tidak Sabar / Serakah

Sabar bukan berarti diam, namun sabar adalah usaha yang sedang kita jalankan. Segala sesuatu itu ada prosesnya, dan dalam proses tersebut kita harus berusaha, tidak tinggal diam, itu yang disebut sabar. Bisnis tidak akan langsung berhasil, kita harus berani mendapatkan kerugian, dan berani bangkit, itu termasuk sabar! Ketika mendapatkan keuntungan yang besar disitulah kita belajar untuk tidak tamak atau serakah.

8. Tidak Siap Menghadapi Kegagalan

Memulai sebuah bisnis maka kita harus siap gagal. Karena bisnis identik dengan kegagalan. Banyak orang hanya memikirkan keuntungan bukan kerugian! Memang ada beberapa penyebab bisnis menemui kegagalan, namun bangkit dari kegagalan untuk meraih kesuksesan itu yang harus kita pikirkan.

About Bas