Sunday , October 25 2020

Fakta Unik Tentang Ponsel Jadul

Pembaca pasti pernah bermain ular-ularan di handphone kecil nan mungil, yang sering dipakai untuk menelepon sanak keluarga, untuk mengirim SMS ke para sahabat, yang tapi anehnya, setelah dipakai sekian lama, baterai yang terjejer di sebelah kanan atasnya masih tersisa 3, atau bahkan 4.

Kalau sekarang, handphone yang seperti itu hanya untuk keperluan urgent atau mendesak saja. Sekarang handphone jadul itu hanya digunakan untuk telepon atau SMS, karena kecepetan mereka untuk hal-hal seperti itu sudah tidak usah diragukan lagi. Tidak ada istilah lemot, atau ndat-ndutannya deh, hihi.

Lha, terus bagaimana dengan bermainnya, dengan refreshingnya? Pasti kita semua sudah tau rahasia umum ini, bahwa untuk kepentingan bersenang-senang, atau yang lebih banyak games alias aplikasinya, sekarang sedang maraknya handphone tipis dengan resolusi yang tinggi. Sebut saja aplikasi untuk berkomunikasi, yaitu Path, Twitter, ask.fm, Facebook, lalu… masih banyak lagi, deh! Untuk games nya, bisa kita sebut Clash of Clans, Zombie Plants, Angry Bird, dan sebagainya. Benar-benar menggiurkan.

Namun, setiap halnya, apapun itu, pasti selalu ada risiko. Kadang, handphone modern ini akan berjalan sangat lambat, atau bahkan lebih parahnya lagi, bisa mati total. Karena menanggung banyak sekali memori atau bytes. Beda sekali dengan yang jadul!

Banyak orang yang pro dengan handphone jadul, dan kontra dengan handphone modern. Alasannya, mahal-mahal cepat rusak, untuk apa dibeli! Adapun sebaliknya, banyak juga yang pro dengan handphone modern dan kontra dengan handphone jadul. Gak ada gunanya sama sekali!, begitu katanya. Tapi, kita perlu tahu, fakta-fakta yang ada dalam handphone jadul, yang sadar atau tidak sadar, itu memang benar adanya di kehidupan nyata!

 

1. Anti Maling

Yap, benar. Anti maling. Tentu pembaca tau yang mana yang anti maling. Tepat, handphone jadul! Selain desainnya terkesan biasa saja, handphone jadul sudah bisa dibilang benar-benar murah untuk harga pasaran. Dengan fitur seadanya, ya, pasti, handphone jadul dirancang dengan sederhana. Dengan kesederhanaan handphone jadul, anda bisa terhindar dari orang yang berlangganan mencuri handphone.

2. Tahan Banting

Entah apa yang terbuat dari casing handphone jadul, walaupun berulang kali mereka terbanting karena sesuatu hal, (atau biasanya remaja sering membantingnya untuk pelampiasan emosi atau saking membosankannya handphone jadul) mereka sukar untuk dipecah belahkan! Selain karena plastic, handphone jadul juga dibuat dengan bahan fleksibel dan bahan-bahan yang tidak sensitif. Membuat handphone jadul semakin enak dipakai!

3. Tahan Cuaca

Biasanya, kaca yang terbuat untuk melindungi handphone modern ada yang cepat pecah ketika berhadapan dengan sinar matahari yang kuat. Salah satu handphone jadul, Nokia 1600, ketika dicemplungkan ke ember berisi air, ketika mereka diangkat, mereka bahkan masih bisa menyala!

Ya, itu tadi keunggulan handphone jadul. Memang harganya murah, tapi tetap saja handphone jadul tidak senyaman handphone modern yang penuh fitur dan penuh warna pastinya, yang bisa menjebak si penggunanya berlarut-larut, terus menatap mereka.

Untuk masalah keawetan, tentu saja handphone jadul juaranya. Tapi perlu diingat, handphone modern bisa menjadi hebat karena komponen-komponen di handphone itu sendiri sangat agresif, dan dirancang dengan sangat hati-hati. Sehingga sekali saja kita salah memperlakukan handphone modern, maka akan fatal kerusakannya. Semakin modern handphone, semakin mudah rusak bahannya. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa industri teknologi dunia bisa menciptakan suatu handphone yang awet dan modern. Seluruh handphone pada intinya sama, tergantung cara kita bersikap dengan handphone tersebut. Apakah untuk kebajikan, atau kejahatan.

About Bas