Saturday , October 24 2020

Electro-optical Sensor adalah

Electro-optical Sensor (Sensor elektro-optik)

Adalah detektor elektronik yang mengubah cahaya, atau perubahan cahaya, menjadi sinyal elektronik. Digunakan dalam banyak aplikasi industri dan konsumen.

Contoh:

  • Lampu yang menyala secara otomatis sebagai respons terhadap kegelapan.
  • Sensor posisi yang aktif saat benda menyela sinar.
  • Deteksi flash, untuk menyinkronkan satu flash foto ke yang lain.
  • Sensor fotolistrik yang mendeteksi jarak, ketiadaan, atau adanya suatu benda.


Fungsi Sensor optik mengubah sinar cahaya menjadi sinyal elektronik. Ini mengukur kuantitas fisik cahaya dan kemudian menterjemahkannya menjadi bentuk yang dapat dibaca oleh instrumen.

Sensor optik umumnya merupakan bagian dari sistem yang lebih besar yang mengintegrasikan sumber cahaya, alat ukur dan sensor optik. Hal ini sering dihubungkan dengan pemicu listrik. Pemicu bereaksi terhadap perubahan sinyal di dalam sensor cahaya. Sensor optik dapat mengukur perubahan dari satu atau beberapa sinar cahaya. Bila terjadi perubahan, sensor cahaya beroperasi sebagai pemicu fotolistrik dan oleh karena itu akan meningkatkan atau menurunkan keluaran listrik.

Saklar optik memungkinkan sinyal pada serat optik atau sirkuit optik terintegrasi untuk di alihkan secara selektif dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya. Sakelar optik dapat beroperasi dengan cara mekanis atau dengan efek elektro-optik, efek magneto-optik dan juga metode lainnya. Saklar optik adalah perangkat optoelektronik yang dapat diintegrasikan dengan sirkuit mikroelektronik terpadu.

About Bas