Thursday , October 22 2020

Ekstension Milik Chrome “Ini” Mampu Bedakan Berita Asli Atau Hoax Lho!

Belakangan ini, istilah hoax (berita palsu) memang sedang booming. Sampai-sampai Pemerintah memutuskan akan mempidanakan siapa saja yang masih berani menyebarkan berita hoax. Tak tanggung-tanggung, ganjaran bagi penyebar hoax adalah penjara 6 tahun dan/ atau denda Rp 1 miliar karena melanggar Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang ITE.

Anehnya, walau sudah ‘ditakut-takuti’ seperti itu, agaknya fenomena ini sulit dihentikan. Penyebab tetap maraknya berita hoax tentu sangat beragam. Salah satunya adalah karena sangat mudahnya untuk berbagi link berita, gambar, atau pesan di masa kini. Bagi pengguna WA (whatsapp) misalnya, tinggal tekan lama bagian link-nya untuk disalin, lalu klik share, beres.

Faktor lainnya adalah cuek, benar-tidaknya berita itu urusan belakang, yang penting share dulu karena menarik. Di samping itu, gaptek atau tak tahu bagaimana cara mengecek keabsahan berita juga merupakan penyebab. Karena beritanya meyakinkan, bahkan disertai tanggal dan link, maka langsung main percaya saja. Padahal waktu link tersebut di-klik, eh tahunya tidak valid.

Masalahnya sekarang, hanya karena berita tersebut dimuat dalam situs resmi/ valid, tapi itu tak menjamin keabsahannya. Ya, pengisi konten ternyata juga bisa jadi korban hoax.
Untungnya, Eyeo mau peduli soal ini. Perusahaan yang mendalangi AdBlock Plus tersebut memutuskan untuk menghilangkan kebenaran abu-abu di dunia maya, yakni dengan merilis browser extension TrustedNews.

Cara Instal TrustedNews

Sayangnya hingga saat ini, Trusted News hanya tersedia untuk Chrome saja, jadi pengguna Firefox, Safari, atau browser lainnya belum dapat menikmati fasilitas ini. Untuk menginstalnya, ikuti panduan berikut:

  • Buka tab baru dan klik trusted-news.com, lalu klik Get Trusted News for Chrome
  • Setelah masuk Chrome Web Store, kamu tinggal mengklik Add to Chrome saja
  • Selesai, ekstension akan langsung on tanpa setup apapun.

Nantinya ketika mengunjungi situs tertentu, ikon ekstension di menu Chrome (sebelah kanan atas browser) akan menginformasikan apakah halaman tersebut dapat dipercaya atau tidak.

Cara Kerja Trusted News

Ekstension yang didukung MetaCert Protocol serta Snopes dan PolitiFact ini bekerja dengan cara memberikan rating – apakah sebuah konten dapat dipercaya atau tidak. Trusted News pun membedakan ratingnya menjadi beberapa jenis seperti:

  • Trustworthy (centang hijau) – untuk situs yang dapat dipercaya
  • Insufficient data (strip abu-abu) – kurangnya data mencegah TrustedNews mengevaluasi website sehingga statusnya tidak diketahui kebenarannya
  • Untrustworthy (tanda seru merah) alias tak dapat dipercaya
  • Satire (smile biru), artinya situs menayangkan konten sindiran jadi bukan berita fakta
  • Biased (timbangan berat sebelah kuning) – situs memublikasikan informasi yang menyimpang secara politis dan menonjolkan sudut pandang yang belum tentu dapat dipercaya
  • Malicious (silang merah) – situs yang menyerang komputer dengan virus, malware, atau lainnya
  • Clickbait (dart/ bullseye merah) – website yang judul kontennya hanya untuk menarik pembaca, tujuannya untuk menaikkan trafik dan penghasilan saja.
  • User-Generated Content (huruf U abu-abu)– halaman atau laman yang mengandung konten dari kontributor pihak ke-3, seperti sosial media contohnya.

Sayangnya ketika diuji coba, masih banyak situs yang minim data sehingga Trusted News kesulitan membuat penilaian.

Saat kamu mengklik ikon ekstension agar keluar lebih banyak lagi informasi mengenai ratingnya, ada bagian “Give feedback”. Ini artinya, masyarakatlah yang akan menilai bisa-tidaknya situs tersebut dipercaya. Umumnya ini terjadi pada laman yang berada di luar ‘radar’ TrustedNews. Menariknya lagi, ada reward lho bagi seseorang yang memberikan feedback. Tentunya dalam hal ini, Eyeo juga melakukan antisipasi terhadap feedback yang tak bisa dipertanggung-jawabkan.

Jadi, kalau ingin mengurangi penyebaran hoax, buruan instal Trusted News. Gampang kan?!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *