Pernah enggak sih, kamu merasakan gatal-gatal pada kulitmu? Dimana diikuti dengan timbulnya ruam kemerahan dan terkadang kulit menjadi kering serta bersisik. Jika iya, maka kemungkinan kamu mengalami penyakit eksema atau biasa dikenal eksim.

Eksim ini merupakan kelainan pada kulit yang bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Umumnya jenis gangguan eksim yang paling sering ditemui adalah eksim atopik atau enzim kering. Kelainan ini apabila tidak diatasi dengan baik, maka bisa memicu kekambuhan. Bahkan tak sedikit orang yang menderita eksim seumur hidupnya.

Lalu apa sih yang menjadi penyebab munculnya eksim? Ada banyak faktor, diantaranya alergi makanan tertentu (misalnya seafood, susu, telur atau coklat), cuaca, efek penggunaan detergen, cuaca panas, alergi kosmetik, atau mungkin alergi bulu hewan. Biasanya eksim muncul di area-area lipatan, seperti sela-sela jari kaki serta tangan, leher, dan sebagainya.

Nah, untuk mengatasi eksim sendiri, umumnya diperlukan obat-obatan atau salep khusus gatal-gatal kulit. Namun jika pemakaian obat kamu rasa kurang menunjukkan hasil yang signifikan, kamu juga bisa mencoba pengobatan dengan bahan-bahan alami.

Berikut cara alami untuk sembuhkan eksim.

Cekidot!

1. Oleskan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya tak sekedar memberikan manfaat untuk kecantikan wajah atau kesehatan rambutmu. Tapi lidah buaya juga terbilang cukup ampuh mengatasi eksim. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung zat anti mikroba yang menghambat pertumbuhan jamur atau bakteri yang menginfeksi kulit.

Perlu kamu tahu, bahwa eksim yang diinfeksi oleh mikroorganisme akan semakin parah dan bisa menjadi penyakit kronis. Oleh karenanya, harus segera diatasi! Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat anti inflamasi yang mampu mengurangi peradangan. Serta adapula kandungan beragam vitamin yang bekerja dalam membantu proses pemulihan sel-sel kulit.

Untuk cara pakainya sangat mudah. Kamu ambil satu lembar daun lidah buaya. Pastikan untuk mencucinya hingga bersih. Lalu belah bagian tengah dan kerok gel atau lendirnya. Nah, gel lidah buaya yang berwarna bening tersebut oleskan pada area kulit yang terkena eksim. Ulangi pemakaiannya 3 kali sehari hingga ruam dan rasa gatalnya menghilang.

2. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kepala tak hanya berguna untuk melebatkan rambut saja. Faktanya, minyak kepala memiliki segudang khasiat bagi kesehatan kulit. Salah satunya untuk mengatasi penyakit gatal-gatal seperti eksim. Khasiat tersebut diperoleh berkat kandungan anti bakteri dan anti jamur. Selain itu, juga ada kandungan vitamin K dan vitamin E yang membantu menyembuhkan masalah kulit kering dan bersisik, serta mengoptimalkan proses pembentukan sel-sel baru.

Untuk cara pengaplikasiannya, cukup oleskan minyak kelapa pada kulit yang mengalami eksim. Ulangi pemakaian berkali-kali sampai eksim benar-benar mereda dan sembuh total.

3. Gunakan Madu

Jangan pernah menyepelekan khasiat madu! Cairan manis yang berasal dari nectar bunga dan dihasilkan oleh lebah ini memiliki khasiat cukup ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Seperti gatal-gatal, panu, kulit kering, dan juga eksim. Madu diketahui mengandung senyawa anti bakteri dan anti inflamasi sehingga bisa mempercepat penyembuhan ruam dan mengembalikan kelembaban kulit. Yang terpenting, pastikan kamu membeli madu murni.

Untuk cara pakainya tinggal dioles pada area eksim menggunakan cotton bud. Ulangi pemakaian sesering mungkin hingga lukanya menghilang.

Oiya, selain dioleskan, kamu juga bisa mengkonsumsi madu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jika system imun kuat, maka proses penyembuhan penyakit juga akan semakin cepat.

4. Kunyit

Selanjutnya, untuk mengatasi eksim kamu bisa menggunakan bahan dapur berupa kunyit. Rempah berwarna kuning ini telah diteliti mengandung senyawa kurkumin yang merupakan antioksidan kuat. Nah, kurkumin tersebut bisa menyembuhkan eksim dengan cara membantu pengangkatan sel kulit mati serta menghambat berbagai pertumbuhan mikroba.

Untuk cara pakainya, campurkan 1 sdm kunyit (sudah dihaluskan) dengan 1 sdm susu cair (boleh susu bubuk yang sudah dicairkan). Aduk-aduk. Lalu balurkan pada kulit yang terkena eksim menggunakan cotton bud. Ulangi pemakaian 3 kali dalam sehari. Jika kamu kesulitan mendapatkan susu, cukup gunakan bubuk kunyitnya saja.

5. Cuka Apel

Cuka apel menjadi salah satu bahan alami yang dikenal mampu menyembuhkan jerawat. Namun selain dari itu, ternyata cuka apel juga bisa mengatasi masalah kelainan eksim pada kulit, loh! Hal tersebut dikarenakan cuka apel memiliki sifat asam yang tinggi, sehingga bisa membunuh bakteri dan menyeimbangkan tingkat keasaman kulit.

Untuk cara pakainya, campurkan cuka apel dan air putih dengan perbandingan 1: 3. Tujuannya untuk mengurangi sifat asamnya agar tidak menimbulkan efek rasa terbakar atau iritasi. Oleskan larutan ini pada bagian eksim dengan menggunakan kapas atau cotton bud. Untuk mendapatkan hasil optimal, ulangi pemakaian 1 kali dalam sehari.

Oiya, jika terjadi efek samping maka segera hentikan pemakaian.

6. Teh Hijau

Teh hijau yang dikenal sebagai minuman herbal untuk membantu menurunkan berat badan, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati eksim secara tradisional. Adanya kandungan anti inflamasi dan anti oksidan yang cukup tinggi dalam teh hijau bisa mengurangi pembentukan ruam pada kulit dan mempercepat penyembuhan eksim.

Kamu cukup mengoleskan daun teh hijau yang sudah dihaluskan pada area eksim. Selain itu, sesekali konsumsi juga teh hijau untuk membantu penyembuhan dari dalam tubuh.

7. Perbanyak Konsumsi Makanan Bernutrisi

Terakhir yang perlu diperhatikan, untuk menyembuhkan segala penyakit kulit itu enggak cukup hanya dari pengobatan luar. Kamu juga perlu melakukan pengobatan dari dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan bernutrisi. Terutama yang kaya vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin E dan antioksidan seperti asam lemak omega-3.

Kandungan-kandungan tersebut bisa meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga antibody pun dapat bekerja lebih maksimal dalam melawan penyakit. Hindari juga makanan yang menjadi pantangan penderita eksim, seperti telur, produk olahan susu, gluten atau gandum, dan sebagainya.

Nah, demikianlah cara mengatasi penyakit eksim secara alami yang bisa kamu coba dirumah. Semoga bermanfaat ya!

feature image: nationaleczema.org